MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Untuk Mendukung Penampilan

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Untuk Mendukung Penampilan
Add Comments
24 August 2023

Kata orang, “pertemuan pertama itu pasti akan memberikan kesan. Entah positif atau negatif”. Tetapi saya sih percaya bahwa, semua orang saat bertemu pertama kali pasti ingin memberikan kesan positif.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Nah, berbicara dengan kesan pertama jangan lupa untuk memperhatikan penampilan, termasuk kesehatan gigi. Karena kalau gigi sehat pastinya ketika senyum akan memberikan impresi positif. Makanya nggak heran jika banyak orang yang mencari cara memutihkan gigi dalam waktu 1 hari. Bener nggak?

Nah, agar semuanya bisa berjalan sesuai keinginan. Maka, nggak ada salahnya loh untuk mulai memperhatikan kesehatan gigi. Apalagi buat para jomblo. Kebersihan gigi akan mempengaruhi penampilan.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Agar Penampilan Tetap optimal

Bagi yang ingin tampil prima pada saat bertemu dengan orang lain, maka sebaiknya bisa menerapkan cara berikut untuk menjaga kesehatan gigi.

1. Rajin Sikat Gigi

Jujur, sedari kecil kan kita sudah diajari cara menggosok gigi. Itu adalah salah satu cara menjaga agar gigi tetap bersih. Umumnya sih, orang melakukan sikat gigi 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari menggunakan pasta gigi yang disesuaikan dengan kebutuhan gigi. Saya sendiri menyarankan menggunakan pasta gigi Pepsodent dengan berbagai formula yang bisa dipilih. Apalagi Pepsodent sudah terpercaya sedari zaman saya kecil.

Sikat gigi

Dengan menggosok gigi secara rutin pastinya bakal membuat gigi tetap terawat dan tampak bersih sepanjang hari. Manfaat menggosok gigi juga membantu nafas tetap segar loh. Makanya jangan sampai ketinggalan gosok gigi ya, apalagi pada malam hari ketika sebelum tidur.

2. Manfaatkan Obat Kumur

Bukan hanya menggosok gigi yang bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi tetapi juga bisa menggunakan obat kumur. Salah satu manfaat menggunakan obat kumur adalah membantu penyempurnaan proses pembersihan gigi pada area-area yang sulit dijangkau.

Selain itu, dengan menggunakan obat kumur juga bisa membantu nafas tetap segar dan terhindar dari bau mulut. Pastinya nih, nafas segar ketika bertemu akan memberikan kesan positif dan memperlancar komunikasi.

3. Hindari Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Kotor

Tahu nggak bahwa kebiasaan buruk yang terkadang dianggap sepele, itu bisa loh menyebabkan gigi kotor dan sulit untuk dibersihkan. Contohnya adalah kebiasaan merokok. 

Hasil pembakaran nikotin dan tar yang terkandung dalam rokok, kemudian dihisap dengan mulut, lama kelamaan akan memberikan plak dan karang pada gigi. Plak ini lah bakal memberikan warna kuning hingga coklat pada gigi. Sedangkan karang gigi akan memberikan efek gigi menebal akibat akumulasi plak.

Kalau sudah seperti ini, bakal sulit untuk dibersihkan dengan hanya menggosok gigi saja. Butuh treatment khusus berupa pembersihan plak dan karang gigi.

Kebayang kan, kalau lagi ngobrol terus gigi tampak banyak plak, maka akan menjatuhkan impresi positif loh. Apalagi bagi yang baru ingin pedekate alias pendekatan. Maka dari itu penting banget untuk menghindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gigi kotor alias plak seperti merokok ini.

4. Lakukan Pemeriksaan Gigi Secara Rutin

Bagi kebanyakan orang, pemeriksaan gigi itu adalah hal yang jarang dilakukan. Padahal sebaiknya, pemeriksaan gigi rutin itu harus dijadwalkan minimal 6 bulan sekali. Tujuannya agar melihat kondisi kesehatan gigi dari waktu ke waktu.

Dokter Gigi

Jujur saya sendiri pernah kecelakaan dan diperlukan treatment tambal gigi. Dengan kondisi seperti ini, pemeriksaan gigi secara rutin adalah suatu keharusan. Jangan sampai nanti ketika sudah merasakan sakit gigi baru deh ke dokter untuk pemeriksaan. Padahal kala sakit gigi, dokter biasanya memberikan obat pereda sakit dan antibiotik untuk membantu penyembuhan. So, penting banget untuk melakukan pemeriksaan gigi sedini mungkin.

Jika semua tips tersebut dijalankan. Saya sih yakin, ketika bertemu nanti atau ngobrol santai dengan orang lain pastinya nggak akan risih lagi terkait gigi. Tinggal ngobrol biasa dan sesekali senyum. Gigi yang putih dan terawat pastinya meningkatkan kepercayaan diri. Percaya deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.