MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Fungsi Email Profesional dan Manfaat Penggunaannya dalam Bisnis Online

Fungsi Email Profesional dan Manfaat Penggunaannya dalam Bisnis Online
Add Comments
8 June 2023

Dalam sebuah bisnis, strategi pemasaran menjadi salah satu proses yang harus terus diusahakan. Beberapa platform marketing seperti website, media sosial, hingga email menjadi media yang terbukti bisa diandalkan untuk menginformasikan berbagai macam update produk kepada para pelanggan. Walau begitu, efektif atau tidaknya tentu tergantung pada cara pengelolaan platform-platform tersebut.

Fungsi Email Profesional

Penggunaan email, misalnya. Jenis email yang dipakai juga perlu disesuaikan dengan kebutuhannya. Sehingga jika konteksnya untuk keperluan bisnis, email profesional jelas lebih sesuai untuk digunakan. Salah satunya dengan memanfaatkan email hosting Domainesia yang dapat dibuat pada layanan hosting untuk website bisnis.

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai fungsi dan cara kerjanya, sebaiknya pahami terlebih dulu mengenai apa itu email profesional yang biasa digunakan pada sebuah bisnis.

Email Profesional: Pengertian dan Fungsinya

Email, sebagai salah satu piranti komunikasi, adalah sebuah platform surat-menyurat berbentuk digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai perantaranya. Pengiriman email bisa dilakukan melalui perangkat digital seperti komputer, laptop, maupun smartphone. Data yang dapat dikirimkan pun tidak terbatas pada teks saja, tetapi juga bisa berupa gambar dan video.

Pada sebuah bisnis online, email biasa digunakan sebagai media yang membantu para pelanggan untuk menyampaikan pertanyaan maupun terkait produk yang mereka beli. Maka penting bagi sebuah bisnis untuk menggunakan email profesional yang disesuaikan dengan nama brand. 

Email profesional

Penggunaan email profesional akan membantu dalam peningkatan branding sebuah bisnis. Jika alamatnya sama dengan nama domain website bisnis, maka email yang digunakan akan mudah dihafal oleh para pelanggan. Pahami juga apa itu website

Manfaat Email Profesional untuk Bisnis Online

Untuk mereka yang baru saja merintis bisnis, email biasa lumrah digunakan sebagai media komunikasi dengan calon pelanggan. Namun seiring perkembangan bisnis, ada baiknya untuk mempertimbangkan penggunaan email profesional.

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, email profesional dapat membantu meningkatkan brand awareness sebuah bisnis online. Ada juga beberapa manfaat lain dari penggunaan email profesional dalam bisnis. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

  1. Sarana publikasi produk terbaru

Secara fungsi, email bisa menjadi media untuk membantu publikasi informasi yang lebih lengkap dan personal. Begitu juga email profesional yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan update dalam bentuk newsletter yang pengirimannya dapat di-setting secara berkala. 

Melalui newsletter, para pemilik bisnis bisa menginfokan produk-produk terbaru, diskon atau campaign promo yang sedang berlangsung, maupun informasi-informasi penting lain yang harus diketahui oleh para pelanggannya. Dari sini, newsletter yang dikirim menggunakan email profesional pun dapat digunakan untuk membantu meningkatkan konversi penjualan.

  1. Membantu memperkenalkan brand

Branding adalah salah satu langkah krusial, yang tidak hanya dilakukan di awal pembuatan bisnis, tapi juga harus diusahakan secara berkala oleh para pebisnis. Upaya branding ini bisa dieksekusi dengan mengirimkan email perkenalan brand melalui email profesional untuk para pelanggan yang baru pertama kali membeli produk atau subscribe newsletter.

Memperkenalkan produk

Di dalam email perkenalan tersebut, Anda bisa jelaskan cerita di balik pembuatan bisnis dan solusi apa yang ingin diberikan melalui bisnis tersebut. Anda pun bisa menambahkan produk-produk apa saja yang banyak diminati para pelanggan dan yang Anda rekomendasikan kepada calon pelanggan.

  1. Lebih kredibel dan terpercaya

Berbeda dengan email biasa, email profesional dapat membuat calon pelanggan memberikan kepercayaan lebih kepada bisnis Anda. Kesan profesional juga tidak bisa dengan mudah didapatkan apabila menggunakan email biasa yang terlihat spammy apabila digunakan untuk kebutuhan pengiriman newsletter. Sehingga untuk kebutuhan promosi, sebaiknya gunakan email profesional yang terbukti lebih kredibel di mata pelanggan.

  1. Memudahkan kolaborasi antar brand

Dalam pengembangan sebuah bisnis, terbuka lebar kemungkinan untuk menjalani kolaborasi dengan brand-brand lain yang bisa membantu meningkatkan jumlah pelanggan dan pembelian. Penggunaan email profesional tentu akan memudahkan jalan menuju kolaborasi tersebut karena kredibilitas email yang sudah terbukti dari brand awareness yang sudah dibangun.

  1. Backup data pelanggan lebih efektif

Selain kredibilitas, email profesional yang berbayar biasanya dilengkapi dengan fitur backup data dari layanan email hosting yang digunakan. Fitur ini tentu dapat secara efektif membantu para pemilik bisnis untuk menyimpan data apapun terkait pelanggan. Data yang dibackup pada email pun dapat sewaktu-waktu dimanfaatkan untuk kebutuhan promosi atau kolaborasi.

Backup data

Kesimpulan

Email profesional merupakan sarana komunikasi yang efektif untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis. Selain untuk keperluan komunikasi, email profesional pun dapat digunakan sebagai media promosi yang efektif melalui newsletter yang dikirim secara berkala. Gunakan email profesional dan memanfaatkan layanan email hosting DomaiNesia untuk membuat email sesuai kebutuhan bisnis Anda.


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Betul sih. Email profesional juga sangat penting bagi perusahaan. Sering dulu ditawari lowongan kerja tapi email yang dipakai gak.profesional jadi kurang percaya aja gitu

    ReplyDelete
  2. Memang saya banyak baca, untuk kebutuhan bisnis, lebih bagus menggunakan email profesional ya, Mas. Karena pastinya mempunyai banyak kelebihan dibandingkan email biasa.

    ReplyDelete
  3. Berkali2 ditawarin untuk bikin email bisnis kek gini sih tapi belum juga aku accept tawarannya, kayaknya memang butuh sih yaa apalagi kalo udah kek gini bloggernya

    ReplyDelete
  4. Memunculkan alamat e-mail profesional bagi bisnis yang dijalani kepada publik memang mampu menaikkan tingkat kepercayaan calon pelanggan sih ya, dibanding masih menggunakan e-mail yang cukup umum digunakan.

    ReplyDelete
  5. Di dunia bisnis, penggunaan email profesional memang penting sekali. Konsumen akan lebih percaya profesionalitas dengan perusahaan yang menggunakan email profesional karena memberikan kesan sungguh-sungguh dalam menjalankan usahanya

    ReplyDelete
  6. Kalau email-nya aja gereget, ada nama brandnya gitu, jadinya memang lebih profesional dan terpercaya semisal ingin melakukan kolabs dengan berbagai brand lain

    ReplyDelete
  7. Pernah mikir mau bikin email profesional biar terlihat lebih profesional dalam menjalankan bisnis. Segera cari layanan yang bisa bikin email profesional deh

    ReplyDelete
  8. Betul sekali bagi pemilik usaha harus memiliki email khusus bisnis karena supaya investor atau pembeli yakin dengan perusahaan tersebut (gusti yeni)

    ReplyDelete
  9. sehingga pembuatan alamat email itu harus benar-benar yang bagus dan jelas dan pastinya merefresentasikan bisnis kita jangan yang alay-alay alamatnya karena ini bentuk profesional juga ya

    ReplyDelete
  10. Dgn pake email profesional, klien akan menganggap cara kerja kita jg profesional ya kak. Bgs buat klien. Bgs jg buat kita selaku pebisnis hingga konten kreator.

    ReplyDelete
  11. Pelaku bisnis di level up sering pakai email profesional ini. Menarik ya karena lebih runut dan kredibel tentunya

    ReplyDelete
  12. Aku kagum banget sama yang punya usaha dengan Email profesional. Karena sangat detail dalam memberikan pelayanan dan pastinya akan berefek ke kinerja bisnis yang ditawarkan. Biar gak sulit, kudu mencoba di DomaiNesia aja..

    ReplyDelete
  13. Saya sendiri senang jika ada email profesional supaya email tersebut fokus dengan pekerjaan. Kalau ada info pribadi dan lainnya bisa menggunakan email privasi.

    ReplyDelete
  14. emang bisa ningkatin brand itu sendiri ya kak. dan yang tak kalah penting emnag wajib ada back up sih

    ReplyDelete
  15. Email profesional pastinya menambah rasa percaya diri pemiliknya, kalau usaha pastinya membantu menpeekuat brand dari perusahaan

    ReplyDelete
  16. Cara membuatnya yg email khusus gitu berbayar gk ya kak? Caranya gimana ya untuk buat email bisnisnya kak?

    ReplyDelete
  17. Thanks sharingnya kak. Untuk yg punya bisnis perlu sekali punya email profesional ya kak ini menunjukkan keprofesionalan dalam berbisnis apalagi utk yang berbayar banyak kelebihannya bisa back up data

    ReplyDelete
  18. Sekarang lumayan banyak juga penipu yang make email pribadi buat nipu, jadi dengan adanya email profesional bikin kita ngerasa lebih aman berniaga di bisnis online, mau di kacamata penjual atau pembeli

    ReplyDelete
  19. Email profesional dibutuhkan dalam bisnis. Benar banget pelanggan bakalan lebih percaya kalau ada perusahaan yang pakai email profesional. Tandanya perusahaannya juga profesional

    ReplyDelete
  20. email udah jadi kebutuhan wajib untuk pekerjaan sih, terutama untuk freelancer. yang aku pakai emang masih yang umum digunakan, belum beralih ke email profesional. kerasa banget sih dengan yang aku pakai ini terbatas. jadi harus punya beberapa akun email sebagai back up

    ReplyDelete
  21. Emang bener kalo urusan bisnis, saya lebih percaya dengan perusahaan yang pakai email profesional daripada email gratisan. Makasih penjelasannya mas.

    ReplyDelete