MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tertarik dengan Obligasi? Simak Dulu Potensi Profit dan Risikonya!

Tertarik dengan Obligasi? Simak Dulu Potensi Profit dan Risikonya!
Add Comments
2 March 2023

Obligasi Pemerintah atau yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat menjadi investasi tepat untuk mengatur finansial yang dimiliki. Obligasi merupakan investasi yang memiliki risiko lebih kecil daripada investasi saham. 

obligasi
Jenis investasi tersebut juga memberikan imbal hasil yang dapat diprediksi sehingga tepat untuk Anda jadikan pilihan dalam berinvestasi. Sebelum itu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Obligasi yang akan dibahas setelah ini.

Definisi Obligasi yang Perlu Anda Ketahui

Setiap instrumen investasi memiliki karakteristik tersendiri seperti risiko yang besar. Namun, biasanya hal tersebut sebanding dengan keuntungan yang bisa didapatkan.

Memahami obligasi dapat dimulai dengan mengetahui definisinya. Beberapa ahli mengemukakan pengertian dari obligasi yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Jonathan B. Berk, Professor Finansial di Stanford Graduate School of Business

Obligasi merupakan sebuah surat berharga dari pemerintah atau dikeluarkan oleh suatu pihak agar mendapatkan investasi dari investor dengan membayarkan bunga sesuai dengan perjanjian awal.

Rahardjo, Financial Motivator dan Penulis Buku Panduan Investasi Obligasi

Obligasi merupakan bentuk pengembangan surat utang jangka panjang sebagai produk investasi.

Drs. Bambang Riyanto, Dosen Akuntansi UGM

Obligasi merupakan sebuah bentuk pengakuan utang serta diterbitkan oleh lembaga, perusahaan, ataupun pemerintah sebagai pihak yang memiliki utang. Utang tersebut memiliki nilai tertentu dan akan dibayarkan pada investor secara periodik beserta bunga yang dikenakan.

Eduardus Tandelilin, Guru Besar Ilmu Ekonomi UGM

Obligasi adalah investasi yang akan dibayarkan secara tetap dalam jadwal atau perjanjian yang sudah ditetapkan.

Frank J. Fabozzi, Economist dari Amerika Serikat, Pengajar, Penulis, Investor, Professor di Johns Hopkins University Carey Business School, dan Anggita Edhec Risk Institute

Obligasi merupakan surat utang yang akan dibayar secara lunas ketika jatuh tempo. Keuntungan dari investasi diperoleh melalui bunga yang dibayar oleh penerbit obligasi.

Itulah pengertian obligasi secara umum yang perlu Anda ketahui. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa Obligasi merupakan suatu surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau pihak terkait pada pemegang obligasi. Dimana utang beserta sejumlah bunga yang dikenakan akan dibayar dalam periode atau jangka waktu yang ditentukan.

Sementara itu, Obligasi Pemerintah merupakan surat utang yang dikeluarkan negara. Jenis obligasi ini memiliki keunggulan dan risiko yang minim sehingga banyak digemari investor.

Setelah mengetahui definisinya, kini saatnya Anda mengetahui tentang profit serta risiko yang ada. Mari simak penjelasan berikut agar investasi yang Anda lakukan berjalan lancar dan aman.

Profit dan Risiko dari Investasi Obligasi

Setiap instrumen investasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan, tidak terkecuali Obligasi. Agar investasi yang Anda lakukan dapat memberikan keuntungan yang tinggi dan lancar, mari simak profit dan risikonya berikut ini:

Dapat Dijadikan Jaminan 

Obligasi dapat Anda jadikan jaminan ketika mengajukan pinjaman pada bank tertentu. Selain itu, Obligasi juga bisa Anda jadikan jaminan ketika membeli saham.

Investasi Obligasi

Menawarkan Keuntungan Lebih Tinggi dari Deposito

Banyak orang lebih memilih deposito karena kepraktisannya. Namun, Obligasi ternyata memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi daripada deposito. Jenis investasi ini juga sangat cocok Anda jadikan sarana passive income karena keuntungannya yang stabil.

Memiliki Risiko, Salah Satunya yaitu Gagal Bayar

Gagal bayar terjadi jika pihak yang memiliki utang tidak dapat membayar pokok Obligasi beserta bunganya. Risiko seperti ini memang jarang, tetapi ada baiknya selalu memantau investasi yang dilakukan.

Perubahan Suku Bunga dan Inflasi

Obligasi juga dipengaruhi oleh suku bunga serta perubahan inflasi. Harga Obligasi akan turun jika inflasi serta suku bunga naik. Begitupun sebaliknya, kedua hal tersebut perlu Anda perhatikan terutama jika Anda berinvestasi untuk diperjualbelikan.

Memiliki Risiko Likuiditas

Jika Anda menjual Obligasi pada pihak lain, terdapat kemungkinan bahwa tidak ada yang membelinya atau Anda akan menerima harga yang cukup rendah. Hal tersebut merupakan risiko likuiditas.

Itulah keuntungan dan kekurangan dari investasi Obligasi. Setiap jenis investasi memiliki keunggulan dan kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan. Namun, investasi Obligasi memang memiliki profit yang menguntungkan, tetap, serta aman.

Investasi Obligasi Bersama DBS Treasures 

Perlu Anda ketahui, investasi Obligasi memiliki keamanan yang baik dan telah dijamin undang-undang No. 24 tahun 2002. Setiap orang yang berinvestasi telah terjamin keamanannya.

Ketika memutuskan akan berinvestasi Obligasi, Anda bisa memilih mitra investasi seperti perbankan prioritas DBS Treasures.  Adapun keunggulan dari investasi Obligasi DBS Treasures yaitu:

  1. Kupon regular yang dibayarkan selama periode oleh pihak yang menerbitkan obligasi
  2. Memiliki potensi capital gain
  3. Tingkat kupon yang cukup kompetitif di atas rata-rata bunga deposito berjangka
  4. Tidak dikenakan biaya tambahan
  5. Transaksi dapat dengan mudah dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS
  6. Mendapatkan insight terkurasi sesuai analisis data pasar dan profil risiko Anda, agar Anda dapat yakin berinvestasi di saat tepat

Itulah penjelasan mengenai Obligasi yang dapat Anda ketahui. Mari ketahui karakteristik dari setiap instrumen investasi untuk mengetahui manakah yang paling cocok untuk Anda. Namun investasi Obligasi, terutama Obligasi Pemerintah memang perlu dipertimbangkan mengingat risiko yang lebih kecil. Tunggu apalagi? Mari dapatkan pendapatan yang stabil dengan investasi Obligasi.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Obligasi, Anda dapat mengunjungi tautan yang tertera berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds.


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.