MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Cara Sederhana Menyembuhkan Asam Lambung

Cara Sederhana Menyembuhkan Asam Lambung
Add Comments
15 March 2023

 Bro. Kemarin kenapa nggak masuk kerja. Sakit lagi kah?”. “Iya nih. Kemarin asam lambung gue kambuh lagi. Rasanya nggak enak banget pokoknya. Sampai terasa dadanya terbakar”.

Menyembuhkan Asam Lambung

Begitulah percakapan kami di kantor, kala rekan kerja yang baru muncul setelah sakit karena asam lambung naik. Berawal dari kebiasaan ketika kuliah dulu katanya. Sering banget lembur ngerjain tugas dan laporan praktikum.

Belum lagi ditambah kebiasaan PMDK alias Program Makan Dua Kali sehari. Sarapan pagi sekaligus makan siang dan makan malam. Alhasil, seiring berjalannya waktu dan selepas lulus kuliah, malah kena asam lambung naik.

Pola hidup seperti ini sih memang sering terjadi kala mahasiswa. Emang sih, lembur untuk kuliah itu penting tetapi sebaiknya tetap menjaga pola makan. Jangan sampai malah jadi sakit.

Menyadari punya asam lambung mulai antisipasi dan berusaha menyembuhkan asam lambung yang selama ini diderita. Biasanya yang bersangkutan sudah selalu stand by madu di rumah. Jika asam lambung menyerang, madu bisa menjadi salah satu solusinya.

Tetapi jika sudah parah banget, teman saya malah bingung dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Mau nggak mau harus ke dokter lagi untuk menyembuhkan asam lambung nya. Kasihan banget kan. Bahkan karena penyakit ini, kerjaan pun bisa terganggu. Karena sering izin sakit. Makanya penting banget untuk mengetahui penyakit ini dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengenal Penyakit Asam Lambung

Kata orang tak kenal maka tak tahu. Makanya, kita juga harus tahu dulu apa itu penyakit asam lambung. Jangan sampai kita sendiri atau keluarga malah menderita karena penyakit ini.

Jadi, penyakit asam lambung biasa juga dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease (GERD). Para penderitanya akan mengalami naiknya asam lambung ke kerongkongan disertai rasa nyeri dan efek terbakar pada dada bagian bawah dan perut. 

Jika sudah mengidap GERD, maka biasanya sering sekali gejalanya muncul. Entah itu gejala ringan atau malah langsung gejala berat. Parahnya lagi, GERD ini nggak pandang usia dan jenis kelamin. Semua berpeluang mengidap penyakit asam lambung ini.

Saya sih yakin, setiap penderita GERD pastinya tidak ingin penyakit ini mengganggu aktivitas. Makanya penting banget untuk mulai melakukan perubahan gaya hidup sebagai langkah awal menyembuhkan asam lambung.

Cara Menyembuhkan Asam Lambung

Berbicara terkait proses penyembuhan asam lambung, itu artinya harus melibatkan kemaun diri sendiri agar bisa sembuh dengan mengatur pola hidup yang dikombinasikan dengan treatmen makanan hingga obat-obatan jika diperlukan.

Tidak ada yang bisa memastikan berapa lama asam lambung sembuh. Karena itu semua tergantung dengan tingkat keparahan penyakit serta perubahan pola hidup yang dilakukan. Semuanya saling berhubungan. Tetapi, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan asam lambung antara lain:

1. Memperbaiki teknik tidur

Banyak yang berpikiran bahwa teknik tidur tidak mempengaruhi proses menyembuhkan asam lambung dengan baik. Padahal faktanya, teknik tidur juga membantu loh untuk mengurangi gejala awal dari asam lambung ini.

Salah satu teknik tidur yang disarankan adalah tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi agar posisi kepala lebih terangkat. Teknik ini bisa membantu mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

2. Mengatur pola makan dan gaya hidup

Pola makan dan gaya hidup menjadi salah satu faktor yang perlu dikontrol jika ingin menyembuhkan asam lambung kronis. Jika dulu, makannya hanya dua kali sehari, sebaiknya mulai diubah. Bagi para penderita GERD, makan sebaiknya dilakukan dengan porsi kecil tetapi sering. Tujuannya agar mengontrol asam lambung tetap stabil. Selain itu bagi para perokok aktif sebaiknya dihentikan. Merokok bisa memicu naiknya asam lambung.

Olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang juga membantu untuk proses penyembuhan asam lambung. Apalagi bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

3. Hindari makanan tertentu

Pemicu asam lambung naik pastinya dipengaruhi dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Jika sudah sadar dan tahu karena memiliki penyakit GERD maka sebaiknya hindari makanan berlemak dan pedas seperti jeroan dan cabai rawit. Selain jenis makanan ini, perlu juga untuk menghindari makanan berbahan coklat dan tomat.

Makanan Pedas

4. Mulai mengkonsumsi Nutriflakes

Mungkin belum banyak yang kenal apa itu Nutriflakes. Apalagi jika digunakan sebagai terapi menyembuhkan asam lambung.

“Nutriflakes adalah produk makanan sehat berbentuk bubur sereal dengan kandungan bahan aktif utama pati umbi garut, daun kelor dan psylium husk”.

Selain kandungan tersebut, sereal umbi garut Nutriflakes juga mengandung bahan tambahan lainnya berupa gula aren, susu kambing etawa, madu, krimer dan perisa sintetik vanila.

Menyembuhkan Asam Lambung dengan Nutriflakes
Semua kandungan ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan asam lambung, antivirus, antidepresan, meningkatkan antibody, anti inflamasi dan juga mengontrol kadar gula darah. Selain itu, beberapa manfaat Nutriflakes untuk kesehatan tubuh:

a) Mengatasi asam lambung atau GERD

b) Memperkuat organ pencernaan

c) Meringankan gejala maag kronis

d) Mencegah obesitas serta menurunkan kolesterol

e) Meredakan nyeri sendi dan sesak napas

f) Sebagai pengganti menu makanan harian dalam program diet

Dengan berbagai manfaat tersebut, pastinya produk Nutriflakes sudah terdaftar di BPOM dengan nomor MD 869011005864 sehingga sangat aman dikonsumsi dan kualitasnya juga terjamin. Ditambah lagi proses penyajian Nutriflakes yang simpel dan cepat.

Cara Penyajian Nutriflakes

Nah, buat yang memiliki gejala asam lambung. Coba deh lakukan cara-cara diatas dengan mulai mengatur pola makan dan gaya hidup serta menjadikan Nutriflakes sebagai bagian dari proses menyembuhkan asam lambung. Insya Allah pasti memberikan hasil.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.