MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

5 Aplikasi yang Membantu Menjaga Kesehatan Agar Tetap Fit Selama Puasa Ramadhan

5 Aplikasi yang Membantu Menjaga Kesehatan Agar Tetap Fit Selama Puasa Ramadhan
Add Comments
29 March 2023

Alhamdulillah, tahun ini kembali dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan. Pastinya dong, banyak aktivitas yang dilakukan untuk menunjang kemuliaan bulan puasa. Selain rutinitas kerja juga dibutuhkan aktivitas keagamaan lainnya. Makanya penting banget memanfaatkan kemajuan teknologi dalam beribadah. Termasuk didalamnya menjaga kesehatan agar tetap fit.

Tetap fit selama puasa
Makanya tidak heran jika bermunculan aplikasi yang menunjang sekaligus memantau kesehatan tubuh, meskipun bulan puasa. Tetapi perlu diingat ya, aplikasi yang membantu kesehatan tubuh ini juga harus didukung dengan hadirnya internet yang stabil. Agar pada saat digunakan bisa lancar dan mulus. 

5 Aplikasi Agar Tetap Fit Selama Bulan Puasa

Nah, penasaran aplikasi apa saja yang dibutuhkan agar tetap fit selama bulan puasa. Berikut ulasannya.

1. Strava

Aplikasi ini dikenal luas oleh kalangan pecinta olahraga lari. Bukan hanya untuk merecord aktivitas olahraga tetapi, kita juga bisa berbagi secara langsung  pencapain olahraga secara day to day. Dengan begitu, orang lain bisa memberikan apresiasi, komentar atau malah motivasi.

Aplikasi Strava

Nah, meskipun bulan ramadhan olahraga berat tidak disarankan, tetapi aplikasi ini bisa banget digunakan untuk olahraga dengan intensitas ringan. Tujuannya jelas, agar tubuh tetap fit meskipun puasa. Beberapa aktivitas yang disarankan oleh strava ketika bulan puasa agar tetap sehat adalah berjalan, jogging, pilates, yoga dan bersepeda dengan jarak pendek.

2. Google Fit

Kata orang, bulan puasa itu adalah bulan penuh berkah sekaligus waktunya untuk kembali bugar. Terutama buat yang ingin mendapatkan berat badan ideal pasca overweight. Jika seperti itu, maka aplikasi Google Fit sangat cocok untuk digunakan.

Aplikasi Google Fit

Aplikasi yang menghadirkan motion tracker ini benar-benar sangat membantu dalam beraktivitas. Kerennya lagi, Google fit bisa menampilkan jumlah gerakan, langkah, kalori dan kilometer yang sudah dicapai setiap penggunanya. Bukan hanya itu saja loh, aplikasi ini juga bisa memantau denyut jantung, perubahan grafik berat berat badan, dan tambahan aktivitas lainnya. Makanya cocok banget digunakan selama bulan puasa untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menggapai berat badan ideal.

3. Filter Cahaya Biru: Mode Malam

Buat para milenial, pastinya dong sudah terbiasa baca situs teknologi termasuk pengetahuan tentang cahaya biru.

Blue light merupakan sinar yang dipancarkan oleh berbagai gadget yang dimiliki seperti handphone, laptop, komputer dan lain-lain. Jika terlalu lama terpapar dengan sinar ini maka efeknya akan merusak mata.

Itu lah mengapa, penting banget untuk punya aplikasi filter cahaya biru agar ketika menggunakan  gadget dalam waktu, mata kita tidak cepat lelah dan terhindar dari pengaruh buruk cahaya biru. Jika mata nyaman, pastinya dong juga bakal menjaga kesehatan tubuh selama bulan ramadhan.

Filter Cahaya Biru

4. BodyFast: Intermittent Fasting

Percaya atau tidak, bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh adalah makanan. Dengan mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi pastinya bakal memberikan efek baik buat tubuh. Apalagi ketika berpuasa seperti saat ini.

Bodyfast

Hadirnya aplikasi Bodyfast dengan fitur, fasting, coach dan resep makanan bakal membantu tubuh tetap bugar selama bulan puasa. Termasuk didalamnya mencatat jumlah air putih yang diminum sesuai target umur dan berat badan. Jadi, kita bisa tetap memenuhi kebutuhan air putih dengan membagi jumlah yang dibutuhkan untuk diminum sepanjang waktu berbuka, makan malam dan sahur.

5. Halodoc: Dokter & Obat

Pengen punya dokter pribadi dalam genggaman? Pastinya aplikasi Halodoc jawabannya. Meskipun bulan puasa, aplikasi Halodoc juga penting banget untuk diinstall. Disana bisa konsultasi terkait masalah kesehatan yang kita miliki dan efeknya seperti apa ketika berpuasa. Ini semua bisa dilakukan tanpa harus ke rumah sakit.

Begitupun juga terkait konsultasi gizi selama bulan ramadhan. Bisa banget memanfaatkan aplikasi Halodoc ini.

Aplikasi Halodoc


Pastinya nih, semua aplikasi tersebut harus didukung dengan internet yang cepat dan stabil. Agar ketika digunakan tidak lelet alias lemot.

Saya sendiri nih ya merekomendasikan IndiHome dari Telkom Indonesia. Selain karena sudah tersebar di seluruh Indonesia, jaringan IndiHome juga sangat stabil. Ditambah lagi dengan biaya berlangganan yang terjangkau. Cocok banget buat keluarga Indonesia.

Hadirnya Provider Internet IndiHome bukan hanya sekadar menyediakan layanan internet saja tetapi jauh lebih dari itu. Dengan adanya internet berkualitas, maka kita bisa juga menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa dengan memanfaatkan berbagai aplikasi penunjang. Cobain deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.