MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Cara Menjaga Kesehatan Mental Ala Milenial Zaman Now

Cara Menjaga Kesehatan Mental Ala Milenial Zaman Now
Add Comments
13 February 2023

 Itu kan bro. Kena mental kan Loe. Makanya kesehatan mental kudu dijaga, jangan cuma fisik doang. Kalau mental bermasalah, fisik juga bakal ikut imbasnya loh

Menjaga Kesehatan Mental
Pernah nggak sih mendengar sindiran dari teman atau rekan kerja kayak gitu, “kena mental”. Apalagi jika yang dibahas bisa membuat pusing. Alih-alih menjadi nyaman yang ada malah kepikiran terus dan lama kelamaan bakal membuat stres.

Itulah mengapa, zaman sekarang perlu banget untuk menjaga kesehatan mental. Bukan hanya sekadar menjaga kesehatan fisik doang loh. Mental dan fisik harus dijaga barengan. Jika kesehatan fisik dijaga dengan mengatur pola makan dan olahraga, maka berbeda dengan kesehatan mental. Perlu treatment khusus.

Oh iya, sebelum membahas beberapa cara menjaga kesehatan mental. Nggak ada salahnya loh tahu terlebih dahulu, apa itu kesehatan mental.

“Kesehatan mental adalah kondisi kesehatan watak dan batin manusia yang berada dalam keadaan tenang, nyaman, tentram tanpa tekanan”.

Nah, jika kesehatan mental terjaga maka akan mempengaruhi kinerja dan pengembangan potensi yang dimiliki. Makanya penting banget untuk menjaga kesehatan mental ini.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental ala milenial zaman now.

1. Melakukan Hal yang Disenangi Kala Senggang

Kesehatan mental itu berhubungan dengan pikiran loh. Jika pikiran tenang dan nyaman maka otomatis kesehatan mental juga bakal terjaga. Salah satu cara agar pikiran bisa rileks adalah melakukan hal yang kita senangi kala waktu senggang.

Menonton film untuk menjaga kesehatan mental
Biasanya sih beberapa orang menghabiskan waktunya dengan membaca buku/novel kesayangan atau menonton film kesukaan. Intinya adalah melakukan hal yang disenangi agar pikiran dan hati jadi nyaman.

2. Menikmati Coklat

Pernah nggak sih merasa lebih bahagia ketika selesai mengkonsumsi coklat? Nah itu bukan tanpa sebab loh, tetapi karena kandungan yang dimiliki oleh coklat itu sendiri berupa senyawa kimia bernama Phenylethylamine (PEA). Senyawa ini akan menstimulasi otak menghasilkan hormon endorphin. Hormon ini lah yang akan memberikan rasa bahagia dan nyaman.

Minum coklat
Jadi, jangan sampai untuk tidak mengkonsumsi coklat ya. Entah itu dalam minuman coklat panas atau dengan menggunakan coklat batangan. Lumayan banget loh untuk menjaga mood tetap stabil.

3. Sering-Sering Traveling

Banyak yang bilang kalau traveling itu adalah bentuk healing dari penatnya aktivitas pekerjaan. Makanya sekarang terutama anak milenial, traveling itu sudah menjadi hal wajib. Nggak harus kok ke tempat yang jauh-jauh. Cukup di kota kita berada agar bisa menikmati suasana berbeda dan aktivitas mengesankan.

Traveling untuk healing

Dengan begitu, mental kita akan merespon dengan baik hal ini. Jika ini terjadi, otomatis kesehatan mental pun terjaga dengan baik.

4. Lakukan Meditasi

Semuanya pasti sudah pada tahu kan ya, kalau meditasi adalah salah satu cara ampuh dalam menjaga dan mengolah pikiran.

Meditasi adalah salah satu bentuk latihan menjaga pikiran dan memusatkannya agar terasa lebih tenang. Biasanya dilakukan dengan gerakan tertentu dan cenderung diam agar tubuh dan pikiran bisa rileks dan terhindar dari stress.

Proses meditasi bisa dilakukan dimana saja, asal suasana dan lingkungan mendukung. Seperti area rumah yang tenang atau outdoor yang jauh dari hiruk pikuk kebisingan atau kondisi yang menyebabkan pikiran terdistraksi.

Meditasi untuk menjaga kesehatan mental
Teknik meditasi juga sering menggabungkan antara olah pikiran dan pernapasan di waktu bersamaan. Perlu diingat bahwa proses meditasi terkadang perlu waktu untuk latihan agar bisa optimal. Tetapi percaya deh, jika meditasi berjalan dengan lancar dan baik maka sangat membantu dalam menjaga kesehatan mental.

Nah. Buat kalian para milenial yang sering mengalami tekanan pikiran dan stres. Mulai sekarang harus berubah. Jangan sampai loh hal tersebut mempengaruhi kesehatan mental kita. Lakukan empat hal di atas agar kesehatan mental tetap terjaga. Pekerjaan lancar, mental pun jadi tenang. Percaya deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.