MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Medical Tourism untuk Penderita Saraf Kejepit Kini Hadir di RS Premier Bintaro

Medical Tourism untuk Penderita Saraf Kejepit Kini Hadir di RS Premier Bintaro
Add Comments
11 August 2022

 “Bro, minggu depan saya dan keluarga berangkat ke Penang-Malaysia dulu ya. Ada keluarga nih yang ingin check up syaraf disana. Sekalian wisata gitu”

RS Premier Bintaro

Dulunya sih, sering banget ya dapat info dari kawan-kawan kalau negara tetangga itu memiliki fasilitas lengkap untuk urusan medis. Entah itu di Penang, Malaysia atau di Singapura. Rata-rata sih memang menjual sistem perawatan medis sekaligus liburan. Nama bekennya, Medical Tourism.

Medical tourism adalah perjalanan kesehatan untuk mencari pusat pengobatan yang hanya ada di daerah tertentu dengan mengandalkan fasilitas layanan kesehatan selain wisata reguler lainnya”.

Nah, terus bagaimana dengan di Indonesia terkait Medical Tourism. Ada nggak sih, rumah sakit atau pelayanan kesehatan yang sudah menjalankan konsep seperti ini? Ternyata oh ternyata, jawabannya ada loh. Dan saya sendiri sempat mengikuti rangkaian hospital tour dalam rangka memahami konsep Medical Tourism. Nama rumah sakitnya adalah Rumah Sakit Premier Bintaro.

Pengalaman pertama ke rumah sakit ini, saya merasa berada di rumah sakit modern dengan pelayanan prima, ramah dan pastinya mengandalkan teknologi terkini. Mengapa, saya bilang seperti itu? Jadi gini loh, pas pertama kali masuk area lobby, nuansa teknologi dan ramahnya sudah terlihat loh. Para staf nya dengan senang hati menyapa, membantu dan mengarahkan sesuai tujuan yang diinginkan.

Untuk pemanfaatan teknologi, juga sudah terlihat loh dengan hadirnya Robot Derby di area lobby. Robot ini bakal membantu setiap orang yang ingin mendapatkan informasi terkait pelayanan Rumah Sakit Premier Bintaro. Keren banget kan. Sudah ramah, penuh inovasi pula.

Oke, kembali lagi ke Medical Tourism. Jadi, pada saat hospital tour di Rumah Sakit Premier Bintaro dapat lah informasi Medical Tourism ini. Bukan tanpa sebab loh ternyata, itu semua karena fasilitas yang dimiliki oleh RS Premier Bintaro dalam mendukung health tourism di Indonesia.

Mau tahu nggak, apa saja fasilitas keren yang dimiliki oleh RSP Bintaro yang bakal menjalankan konsep Medical Tourism? Berikut bocorannya ya.

Penyedia Layanan MCU untuk Pembuatan VISA keluar Negeri

Buat yang ingin keluar negeri khususnya ke negara Selandia Baru, Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Kanada dalam jangka waktu lama, entah itu untuk bekerja atau sekolah di negara tersebut ternyata butuh loh namanya MCU alias medical check up sebagai syarat pembuatan VISA nya.

Kerennya lagi, cuma Rumah Sakit Premier Bintaro saja saat ini yang bekerjasama dengan Kedutaan negara Selandia Baru, Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Kanada untuk pelaksanaan MCU. Nanti setelah selesai MCU, dokumennya bakal dilampirkan untuk pengurusan VISA.

Oh iya, agar tidak salah kaprah terlebih dahulu. Jadi yang membutuhkan MCU sebagai syarat VISA untuk negara tersebut adalah mereka-mereka yang bakal tinggal lama untuk tujuan bisnis maupun pendidikan. 

Layanan Radiology dengan Teknologi Tercanggih dan Termutakhir

Nggak harus ke luar negeri loh jika hanya ingin melakukan MRI dengan teknologi terkini saat ini. Tinggal datang saja ke RSP Bintaro yang mulai menjalankan Health Tourism. Apalagi jika berkunjung ke Jakarta sekaligus check up kesehatan, nah RSP Bintaro bisa banget menjadi pilihan. Di rumah sakit ini sudah menyediakan MRI teknologi terkini loh.


Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan alat kesehatan yang mengandalkan teknologi magnet dan gelombang radio untuk pemeriksaan organ tubuh.


Dengan hadirnya MRI 3.0 Tesla di RSP Bintaro, ternyata menjadi salah satu fasilitas unggulan apalagi alat ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan MRI teknologi sebelumnya. Keunggulan tersebut berupa, lebar bore atau diameter alatnya sebesar 70 cm. Jadi, buat para pasien yang memiliki bahu lebih lebar diatas rata-rata tidak perlu lagi khawatir. Semuanya bisa dilakukan pemeriksaan menggunakan MRI 3.0 Tesla ini.

MRI 3.0 Tesla
MRI 3.0 Tesla


Skin & Laser Clinic: Untuk Perawatan dan Pengobatan Masalah Kulit

Ada nggak yang pernah membuat tato di badan, terus menyesal telah melakukannya? Entah itu tato nama pacar dan tiba-tiba putus, atau karena tato lambang tertentu tetapi baru sadar kalau itu tidak nyaman terlihat di tubuh.

Jika sudah merasa bahwa tato tersebut meresahkan atau bakal membuat nuansa hati tidak nyaman, maka skin & laser clinic RSP Bintaro jawabannya. Di klinik ini bisa kok menghilangkan bekas tato dengan menggunakan teknologi bernama Fotona Laser. Bahkan nih ya, bukan cuma tato doang yang bisa dihilangkan, tanda lahir juga bisa kok.

Fotona Laser RS Premier Bintaro
Fotona Laser


Tidak sampai disitu, di klinik ini urusan perawatan kulit dan dan penyembuhan bekas jerawat membandel bisa dilakukan. Lumayan banget kan, rasa malu akibat bekas jerawat membandel bisa dihilangkan. Otomatis rasa percaya diri semakin meningkat. Benar nggak? Bener dong pastinya.

Spine Center: Pusat layanan Pengobatan dan Rehabilitasi Tulang Belakang

Salah satu keunggulan dari RSP Bintaro ternyata adalah Spine Center yang sudah ada sejak awal tahun 2005. Makanya urusan tulang belakang, baik untuk penyembuhan dan rehabilitasi bakal bisa dilakukan di spine center ini.

Buat yang memiliki masalah ortopedi dan spine, sebaiknya sih dilakukan pemeriksaan dan treatment di klinik ini. Bahkan untuk rehabilitasi medik juga tersedia. Jadi tidak perlu lagi khawatir bakal pindah-pindah rumah sakit, karena paket, fasilitas dan layanan nya sudah all in one.

Spine Center RS Premier Bintaro
Spine Center RS Premier Bintaro


Belum lagi ditambah dengan dukungan dari dokter yang ahli di bidangnya dan berkolaborasi dalam penanganan pasien dengan permasalahan tulang belakang.para dokter ahli, bahkan sering banget loh berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait ilmu kedokteran. Seperti acara Health Talk yang diselenggarakan oleh RSP Bintaro dengan narasumber dr Omar Luthfi, Sp. OTK (K-SPine) dengan tema “Mitos dan Fakta Saraf Kejepit”.

Tema ini menarik banget loh. Ternyata selama ini banyak yang sulit membedakan antara mitos dan fakta bagi orang yang mengalami Saraf terjepit. Untungnya pas ngikutin materi health talk ini jadi tahu beberapa gejala saraf terjepit yaitu:

1. Nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah.

2. Kesemutan dan mati rasa (baal).

3. Kelemahan gerakan tungkai.

4. Gangguan rangsang BAB dan BAK.

Health Talk


Perlu untuk diketahui bahwa, tidak semua penderita saraf terjepit butuh dilakukan operasi. Ingat baik-baik ya. Jadi tidak semua loh. Tetapi jika mulai merasakan gejala saraf terjepit maka sebaiknya lakukan penanganan awal meliputi:

1. Lakukan istirahat total selama 2 hari.

2. Gunakan analgetik.

3. Bisa menggunakan alat bantu berupa korset.

4. Lakukan program rehab medik oleh spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

5. Atur gaya hidup sehat.

Terus, kapan sih penderita saraf terjepit harus segera dilakukan tindakan operasi? Nah, ini nih. Ternyata untuk proses operasi saraf terjepit bisa dilakukan jika terjadinya gagal terapi konservatif yang menyebabkan nyeri terus terasa lebih dari 6 minggu. Selain itu, jika terjadinya kelemahan anggota gerak atau gangguan bentuk tulang belakang. Apalagi jika berpotensi menyebabkan kelumpuhan, maka perlu segera dilakukan operasi.

Semua treatment ini, mulai dari deteksi, pengobatan hingga rehabilitasi bisa banget dilakukan di Spine center.

Sports Clinics: Untuk Para Olahragawan yang Membutuhkan Pemulihan

Buat para penggemar olahraga, pasti sudah pada tahu dong ya kalau cedera ketika berolahraga itu sulit dihindari. Layaknya resiko yang selalu menyertai prestasi. Resiko cedera bakal menjadi mimpi buruk buat para olahragawan, bukan hanya di level atlet tetapi juga level amatiran. Jika itu terjadi, RSP Bintaro bisa menjadi salah satu tempat medical tourism untuk penyembuhan cedera.

Oh iya, di Sports Clinics ini bukan hanya klinik olahraga buat yang cedera loh. Tetapi juga buat mereka yang membutuhkan pemulihan psikis pasca cedera. Jadi, tidak hanya faktor fisik saja yang dipulihkan tetapi juga masalah mental.

Untuk urusan nutrisi dan gizi di klinik ini juga bisa dilakukan. Baik untuk konsultasi maupun untuk treatment kebutuhan gizi olahragawan. Pokoknya, semuanya ada deh. Dan pastinya itu semua untuk memenuhi kebutuhan penyembuhan dan pemulihan cedera akibat olahraga.

So, buat kalian yang ingin melakukan medical tourism kini tidak perlu lagi ke luar negeri. Tinggal datang saja ke Bintaro dan memilih layanan terbaik untuk proses penyembuhan penyakit yang dimiliki. Bisa banget merasakan treatmen menggunakan alat super canggih dan pelayanan ramah, sesuai dengan tagline dari RS Premier Bintaro, “People Caring for People”.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.