MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Review Youtap: Platform yang Mempermudah UMKM dalam Digitalisasi Transaksi

Review Youtap: Platform yang Mempermudah UMKM dalam Digitalisasi Transaksi
Add Comments
28 May 2022

Dahulu, bagi para UMKM untuk proses transaksi jual beli masih mengandalkan sistem manual. Setiap ada pembeli, maka satu per satu item-nya akan dicatat di buku. Masalahnya adalah, sering sekali terjadi yang dicatat hanyalah total barang yang dibayarkan sehingga ketika ingin melihat stock item per item, maka perlu dilakukan secara manual. Kendala seperti ini lah yang membuat Youtap hadir sebagai platform untuk mempermudah transaksi secara digital.

Review Youtap
Oh iya, kata orang tak kenal maka tak sayang. Makanya perlu terlebih dahulu mengetahui apa sih sebenarnya Youtap itu.

Youtap merupakan aplikasi berbasis Android di Indonesia yang menghadirkan solusi digital untuk para pelaku bisnis dengan tujuan mempermudah melayani konsumen secara digitalisasi. Youtap diluncurkan di Indonesia pada tanggal 18 Februari 2020 dengan visi ‘hadir disetiap usaha untuk membantu dan memberdayakan pelaku usaha untuk pencapaian terbaik’.

Tampak jelas bahwa Youtap memberikan solusi atas permasalahan transaksi yang sering terjadi bagi para UMKM maupun enterprise dalam mengelola setia transaksi. Hal itu karena memang Youtap dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ada pada platformnya. Apa saja itu, berikut reviewnya. 

Youtap POS, Kasir Digital Zaman Now

Kehadiran Youtap Indonesia memang mendobrak perilaku para pemilik UMKM dalam melakukan transaksinya. Apalagi didukung dengan kehadiran Youtap POS yang bisa diinstal langsung di handphone.

Youtap POS
Youtap POS sendiri merupakan aplikasi usaha dengan POS dan pembayaran terintegrasi secara online sehingga mempermudah transaksi secara cash/cashless.

Youtap POS layaknya aplikasi kasir digital dengan berbagai fitur pendukung di dalamnya antara lain:

1. Katalog produk

Pernah kan ketika berbelanja di UMKM kuliner terus melihat daftar menu yang disediakan oleh pelayan? Nah, jika menggunakan Youtap POS, para pemilik UMKM tinggal memasukkan saja katalog produk tersebut beserta harganya. Ketika nanti ada pembeli, maka pilih saja setiap item yang ingin dibeli. Simpel banget.

Katalog produk Youtap POS
Katalog Produk

2. Pembayaran cash/cashless

Hadir dengan dua pilihan sistem pembayaran membuat fitur pembayaran menjadi lebih fleksibel. Para pembeli bisa memilih ingin melakukan pembayaran secara tunai atau cashless. Saat ini fitur pembayaran cash/cashless sudah terintegrasi dengan lebih dari 70 payment provider sehingga mempermudah proses pembayaran secara digital terjadi.

3. Laporan penjualan

Fitur ini sangat penting karena menghadirkan laporan penjualan secara real time, sehingga tidak perlu lagi dilakukan perhitungan secara manual. Para pelaku UMKM tinggal melihat saja pembukuan usaha secara lengkap yang disediakan oleh Youtap POS berbasis web sehingga bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Makanya wajar, jika lebih dari 300 ribu merchant menggunakan Youtap POS karena kehadiran fitur laporan penjualan seperti ini.

4. Penyesuaian harga dan pajak

Warga negara baik taat pajak, begitupun juga pelaku UMKM. Nah, kehadiran fitur penyesuaian harga dan pajak benar-benar membantu karena tidak perlu lagi repot menulis manual ppn atas barang yang dijual. Tinggal sesuaikan saja pada aplikasi besarnya pajak ppn dan otomatis akan muncul ketika bill payment keluar. 

Belanja Stok Youtap; Cara Mudah Berbelanja Stok Tanpa Keluar Rumah

Selain menyediakan Youtap POS, Youtap Indonesia juga menyediakan layanan Belanja Stok Youtap untuk mempermudah para pelaku UMKM dalam memenuhi kebutuhan stok barang untuk diolah dan diproduksi.

Belanja Stok Produk Youtap
Jika dahulu untuk pembelian stok barang, para pelaku UMKM harus keluar rumah, pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya untuk memilah stok yang dibutuhkan. Nah, dengan kehadiran Belanja Stok Youtap urusan tersebut tidak diperlukan lagi.

Beberapa keuntungan nih, jika para pelaku UMKM menggunakan Belanja Stok Youtap.

1. Bisa dilakukan dimana saja.

Dulu kan kalau ingin belanja kebutuhan usaha, otomatis toko bakal ditutup jika dilakukan di luar jam operasionalnya. Nah, dengan kehadiran Belanja Stok Youtap sebagai aplikasi belanja grosir online hal tersebut nggak lagi terjadi. Urusan belanja stok bisa dilakukan sembari berjualan karena cukup menggunakan handphone maka proses belanja pun bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah.

2. Kualitas terjamin

Kualitas stok adalah hal utama karena pastinya bakal mempengaruhi produk yang akan dihasilkan nantinya. Dengan menggunakan belanja stok Youtap urusan kualitas stok usaha tidak diragukan lagi karena sudah didukung dengan pemasok stok terpercaya dengan harga langsung dari pemasok. Keren banget kan.

3. Pengiriman yang fleksibel

Khawatir terkait pengiriman stok tidak bakal terjadi jika menggunakan Belanja Stok Youtap. Para pemilik UMKM ketika berbelanja stok tinggal menyesuaikan waktu pengiriman. Apakah ingin dikirim ketika jam operasional toko atau ada waktu pengiriman lainnya. Semua bisa diatur. Dan satu lagi, proses pengirimannya juga cepat.

Dengan berbagai kemudahan dan kenyamanan yang dimiliki Youtap, pastinya dong bakal membantu para pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya secara digital. Kini, sudah saatnya memulai usaha dengan nyaman bersama Youtap Indonesia. Usaha lancar, urusan stok pun terkendali. Percaya deh.


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.