MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Memilih Printer dan Tinta yang Bakal Mendukung Produktivitas Kerja di Kantor

Tips Memilih Printer dan Tinta yang Bakal Mendukung Produktivitas Kerja di Kantor
Add Comments
30 January 2022

Buat para pekerja kantoran, urusan print nge print pastinya menjadi aktivitas rutin ya. Mulai dari ngeprint laporan kinerja, portofolio hingga dokumen tender. Tetapi pernah tidak merasakan kalau printer yang digunakan itu lemot banget atau malah hasil print nya tidak merata?

Pusing sudah pasti. Buang tenaga dan waktu juga bakal terjadi secara otomatis. Apalagi jika sudah dikejar deadline meeting.

Beberapa teman kantor saya di perusahaan lain juga sering banget nih mengeluhkan masalah ngeprint ini. Apalagi buat mereka para admin.

Pernah suatu saat, rekan kerja harus pulang lembur hingga pukul 10 malam hanya untuk mengurus dokumen tender yang akan di submit keesokan paginya.

Usut punya usut ternyata dokumen tendernya itu sebanyak 250 lembar yang perlu di print hitam dan juga printer yang digunakan tidak mumpuni alias lambat. Kebayang kan ya, untuk urusan ngeprint doang sudah makan waktu lama belum lagi nyusun dokumennya. Jadi wajar saja sih kalau hal ini terjadi.

Makanya buat para pekerja kantoran ada baiknya mengetahui terlebih dahulu, tips dalam memilih printer dan tinta yang mendukung produktivitas kerja. Mulai dari efisiensi biaya, mengurangi waktu lembur dan pastinya bakal mengurangi stress.

Tips memilih printer


1. Pilih Printer dengan Merk Berkualitas

Pernah nggak sih dengar merk printer yang tidak diketahui asal usulnya dan tiba-tiba ada di kantor kita? Nah terkadang kejadian seperti itu kan. Merk printer pastinya menunjukkan kualitas dari printer itu sendiri.

Sangat penting untuk diketahui bahwa dengan membeli printer merk terkenal kita tidak perlu lagi khawatir akan kualitas printer. Apalagi ditunjang dengan berbagai pilihan official store. Jadi tidak akan ragu lagi. Seperti untuk pembelian printer merk HP, maka bisa banget loh belinya di Meora Prima Solusindo.

 

2. Tipe Printer  Sangat Penting

Percaya nggak sih kalau salah memilih tipe printer pastinya bakal mengganggu aktivitas kerja? Nah seperti rekan saya yang ternyata sering lembur ketika harus mempersiapkan dokumen tender dengan jumlah lumayan, sekitar 250 halaman. Padahal dokumen tersebut hanya butuh tinta hitam saja.

Jika sudah seperti ini, maka sebaiknya menggunakan printer jenis Laserjet. Salah satu rekomendasi produknya adalah Printer HP LaserJet Pro M404dn.

Beberapa keunggulan dari printer HP LaserJet Pro M404dn adalah:

a) Kecepatan ngeprint yang luar biasa

Namanya saja LaserJet jadi pastinya memiliki kecepatan ngeprint yang luar biasa. Untuk ukuran kertas Letter kecepatan ngeprintnya sebesar 6,1 detik dan ukuran A4 kecepatan ngeprintnya sebesar 6,3 detik.

Jadi, jika ingin ngeprint sebanyak 250 lembar ukuran kertas Letter jadinya nggak bakalan lembur lagi karena hanya membutuhkan waktu sekitar 26 menit atau kurang dari setengah jam.

 

b) Volume cetak bulanan yang luar biasa banyak.

Selain kecepatan printer yang luar biasa, printer HP LaserJet Pro M404dn juga memiliki volume cetak hingga maksimal 80.000 selama 1 bulan. Keren banget kan ya.

Jika dihitung untuk 21 hari kerja maka sehari bisa mencetak dokumen sekitar 3.800 halaman kertas ukuran A4.

Nggak perlu lagi khawatir kalau kantor tempat kerjanya bakal ngeprint ribuan kertas setiap hari. Cukup pakai printer HP LaserJet Pro M404dn ini. Efisien dan pastinya bakal lebih menunjang produktivitas.

 

Printer HP LaserJet
Printer HP LaserJet Pro M404dn (sumber website HP.com)

c) Dilengkapi dengan direct print support.

Terkadang kan ya kalau lintas divisi di kantor itu letak printernya hanya ada di ruangan atau lantai tertentu yang terkoneksi dengan salah satu PC admin. Terus bingung mau ngeprint tanpa harus via PC. Tetapi itu dulu.

Jika menggunakan printer HP LaserJet Pro M404dn maka sudah tersedia direct print support menggunakan external port USB. Jadi tinggal bawa saja USB yang berisi dokumen kita terus diprint deh.

 

d) Kapasitas kertas yang banyak

Kehadiran printer HP LaserJet Pro M404dn memang benar-benar diciptakan untuk mendukung efektivitas dan produktivitas kerja secara maksimal. Kebayang kan dengan dilengkapi dengan 3 tray penyimpanan kertas yang mampu menampung hingga 900 lembar kertas. Jadinya nggak perlu lagi bolak-balik loading untuk isi kertas ke dalam tray.

 

3. Pemilihan Tinta yang Berkualitas.

Jika kebutuhan kantor selama ini tidak sebanyak jika menggunakan printer tipe LaserJet maka yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tinta. 

Tinta yang baik adalah tinta yang memiliki kualitas tidak pudar jika disimpan lama. Salah satu rekomendasi tinta terbaik adalah HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET.

Beberapa keunggulan yang didapatkan jika menggunakan tinta HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET adalah:

a) Kualitas tahan pudar

Dengan menggunakan tinta HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET pastinya bakal menghasilkan print yang tahan pudar seumur hidup. Jadi tidak akan ada lagi masalah memori yang terprint di kertas bakal pudar karena hasilnya dijamin tahan pudar.

 

b) Ramah lingkungan

Meskipun hanya sekadar tinta tetapi bukan berarti materialnya tidak peduli akan polusi terhadap lingkungan. Material HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET sudah diproduksi menggunakan material daur ulang menggunakan sistem closed loop recycling (CLR). Hampir 80 % materialnya menggunakan CLR ini yang pastinya menjadi bagian dalam peduli terhadap lingkungan.

 

Tinta printer HP
Tinta HP 678 Original Ink Advantage Cartridge Set (sumber website HP.com)

c) Harga terjangkau

Dengan menggunakan tinta HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET bakal menghasilkan jumlah halaman lebih banyak dibandingkan tinta sejenis. Apalagi harganya terjangkau sebesar 245 ribu.

 

4. Layanan Service yang Mumpuni

Memilih printer, juga harus memperhatikan after sales-nya. Pilihlah printer yang mudah dalam proses maintenance dan tersedia layanan service. Ini penting karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau error pada printer yang dimiliki, tinggal menggunakan layanan service printer tersebut.

Seperti printer HP yang menyediakan layanan service di tempat dan atau diantar ke service center HP terdekat.

Jadi, jika semua hal tersebut terpenuhi maka otomatis produktivitas kerja di kantor juga meningkat. Tidak ada lagi lembur berjam-jam karena urusan ngepring ratusan halaman atau kualitas tinta yang mudah pudar karena semuanya bisa didukung oleh produk dari HP. Kerja efektif, stress pun berkurang.

Dan perlu diingat juga untuk selalu membeli produk asli HP di official partner store kayak Meora Prima Solusindo. Tujuannya jelas agar bisa mendapatkan produk HP yang berkualitas dengan layanan terbaik. Cobain deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.