14 November 2021

Kata Uni Lubis Selaku Dewan Juri Dalam Pahlawan IDN yang Diselenggarakan Oleh IDN Media

Apa yang terlintas pertama kali ketika mendengar tanggal 10 November? Yes. Bener banget. Pastinya dong langsung mengingat dengan hari pahlawan yang memang sejak dari dulu diperingati atas perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah. 

Awalnya sih, pelaksanaan hari pahlawan sering banget dilaksanakan dengan upacara bendera sekaligus memperingati perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita. Tetapi berhubung sekarang sudah zaman modern, maka perubahan definisi akan pahlawan juga sudah berkembang menjadi mereka yang berjuang untuk kemaslahatan bersama, bukan lagi untuk mengusir penjajah.

Nah, di tahun 2021 ini saat pandemi masih berlanjut ternyata masih banyak sekali orang di luar sana yang dengan sukarela sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki memberikan sumbangsih buat lingkungan sekitar. Mereka tetap bisa menginspirasi tanpa batas. 

Karena hal ini lah dan juga sekaligus memperingati hari pahlawan nasional tahun 2021, IDN Media untuk pertama kalinya menyelenggarakan program Pahlawan IDN. Seperti yang diketahui bah, IDN Media selalu menghadirkan kebutuhan akan informasi buat para kaum milenial dan generasi Z. Maka dari itu acara Pahlawan IDN ini juga sebagai bentuk apresiasi kaum milenial yang menginspirasi. 

Mengangkat tagline, "Satu Negeri Beragam Inspirasi, Pahlawan IDN" ini hadir dengan berbagai kejutan. Bukan hanya memilih satu sosok inspiratif, tetapi langsung memilih 5 sosok di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi, teknologi, proyek kreatif dan komunitas. Selain itu pula, pengumuman apresiasi terhadap 5 sosok inspiratif ini dilakukan melalui platform Titok IDN Media.


Para Peraih Sosok Inspiratif Pahlawan IDN.

Meskipun baru dilaksanakan pertama kali tetapi sosok yang dipilih benar-benar mewakili karakter generasi milenial zaman now. Pemilihan sosoknya pun harus memenuhi kriteria standar tertentu, seperti originalitas ide, tujuan dan manfaat kegiatan, hasil dan dampak pada lingkungan sekitar hingga keberlanjutan program untuk jangka panjang.

Pahlawan IDN


Setelah melalui tahapan yang ketat dengan berbagai aspek tersebut, akhirnya terpilih 5 finalis inspiratif hasil penilaian dewan juri yang terdiri atas Winston Utomo selaku CEO IDN Media, Zefanya Deby selaku Head of Communication IDN Media, Uni Lubis selaku Editor-in-chief IDN Times, Najelaa Shihab selaku Pendidik dan Pendiri Semua Murid Semua Guru dan William Hendradjaja selaku Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP).


Dengan berbagai pertimbangan dan hasil evaluasi para juri, akhirnya terpilihlah 5 pemenang utama dari kaum milenial yaitu:

  1. Riliv sebagai aplikasi kesehatan mental yang diwakili oleh Audrey Maximilian Herli.
  2. Plana (plastic for nature) sebagai gerakan revolusi sosial untuk lingkungan dalam hal proses recycle sampah plastiik yang diwakili oleh Joshua Christopher Chandra.
  3. Mataharikecil Indonesia sebagai wadah generasi muda untuk berbagi sekaligus berkontribusi di bidang pendidikan yang diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful.
  4. BecomeMore Indonesia sebagai komunitas bagi siswa SMP dan SMA untuk membantu para siswa dalam pengembangan diri yang diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa.
  5. Literasi Anak Banua sebagai komunitas yang fokusnya untuk peningkatan literasi di daerah 3T yang diwakili oleh Alvian Wardhana.

Kata Uni Lubis Buat Para Pahlawan IDN.

Sebagai salah satu dari dewan juri tentunya Uni Lubis sangat jeli memilih para sosok inspiratif yang bakal dipilih untuk menjadi pahlawan IDN. Dengan berbagai aspek dan kriteria para finalis sudah cukup mewakili berbagai bidang yang ada. 

Dalam penyampaiannya, Uni Lubis pun mengucapkan selamat kepada 5 penerima anugerah pahlawan IDN yang tahun ini adalah penyelenggaraan yang pertama.

Uni Lubis



Melalui 5 penerima anugerah Pahlawan IDN ini pastinya bakal bisa memberikan inspirasi buat para milenial lainnya. Apapun yang dimiliki dengan berbagai tantangan yang ada, pastinya bisa memberikan kebermanfaatan buat masyarakat. Selamat hari pahlawan.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search