20 July 2021

Saatnya Menjadi Smart Finansial Bersama Ekosistem Digital blu

 

“Sesekali saya melihat saldo tabungan. Ternyata hasilnya mencengangkan. Tabungan yang diperuntukan untuk biaya hidup sehar-hari dan budget travelling juga ikut terkuras”

 

Benar banget. Pandemi membuat biaya hidup sulit terkontrol. Meskipun sudah membiasakan diri melakukan gaya hidup hemat. Entah mengapa, selalu saja jeblos. Rekening yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan sekaligus budget traveling semakin hari semakin berkurang. Entah lah. Kalau seperti ini terus, harapan untuk traveling setelah pandemi bakal tidak terealisasi.


Usut punya usut, ada satu kelemahan utama dari penggunaan rekening yang menyatukan antara rekening kebutuhan sehari-hari dengan tabungan untuk jalan-jalan. Apalagi kalua bukan saling menguras karena tidak bisa dibedakan mana yang buat kebutuhan dan mana untuk budget jalan-jalan.


ekosistem digital blu


Menyadari hal ini, saya mencoba untuk mencari beberapa solusi. Awalnya sih mikir untuk buka tabungan baru lagi. Tapi kok, rasanya mubazir juga ya. Punya dua tabungan pastinya bakal ada pemotongan dua kali biaya admin tiap bulannya. Tujuannya buat misahin, malah nambah biaya. Untungnya ketemu deh dengan Ekosistem digital blu berbasis aplikasi dari bank BCA.

 

Mengenal Aplikasi blu by BCA Digital

Dunia digital, memang merambah dunia perbankan. Sama seperti dengan kehadiran aplikasi blu by BCA Digital yang merupakan rekening digital berbasis aplikasi yang ditujukan buat ekosistem digital blu yang energik, milenial, tanpa batas dan penuh semangat menggapai masa depan.


Baca juga: investasi mulai dari 100 ribu


Jika dilihat lebih mendalam lagi, blu ini adalah aplikasi mobile banking milik BCA Digital. BCA Digital ini, berbeda loh dengan bank BCA konvensional yang sering kita lihat banknya ada dimana-mana. Kalau BCA Digital itu beroperasi tanpa adanya cabang (branchless). Terus, BCA Digital ini merupakan anak perusahaan BCA yang merupakan bagian dari BCA Group. Jadi, jelas kan ya induknya dan asal muasal dari aplikasi blu ini yang memang terpisah dari BCA konvensional.


Dalam menciptakan Ekosistem Digital blu, aplikasi ini benar-benar hadir dan  sangat membantu, apalagi ketika pandemi seperti saat ini. Dimana semua urusan sebisa mungkin dikerjakan secara online dan blu menjawab hal ini. Mulai dari pembuatan rekening secara online hingga semua transaksi berjalan secara online. Jadi benar-benar sesuai dengan karakter milenial zaman now.  Semua ada dalam genggaman karena #blubuatbaik dan tidak terbatas ruang dan waktu.

 

Ekosistem Digital blu

Sebagai aplikasi digital, blu by BCA Digital hadir sebagai platform perbankan generasi selanjutnya (next-generation) yang menciptakan ekosistem digital masa depan yang menggaet para milenial. Ekosistem digital blu adalah mereka yang melek akan kemudahan transaksi keuangan tanpa batas gerak dan tanpa batas waktu. 


Kemudahan bertransaksi tanpa perlu kontak fisik adalah hal yang utama dalam mendukung terciptanya ekosistem digital blu ini. Berbagai partner, merchant, mesin dan people akan terlibat didalamnya. Semuanya akan berintegrasi dan terhubung melalui aplikasi blu ini. Sebagai contoh; jika ingin melakukan tarik tunai tanpa atm, maka aplikasi blu sudah terintegrasi dengan jaringan atm BCA. Tidak perlu lagi menggunakan kartu ATM, cukup aplikasi blu maka tarik tunai bisa digunakan.


Begitupun juga dengan pembayaran merchant lainnya, tanpa harus menggunakan pembayaran tunai, cukup pakai fitur QRIS yang ada diaplikasi maka pembayaran bisa dilakukan. SImpel, mudah dan efisien. Begitulah ekosistem digital blu yang terbentuk berdasarkan kemudahan transaksi keuangan digital yang ada dalam genggaman.


It's blu Day

Tanggal 22 Juli 2021, saat aplikasi blu pertama kali diperkenalkan ke khalayak ramai ternyata memang memberikan kesan yang luar biasa akan manfaat dan fungsi dari aplikasi ini. Mengusung tema, "Mulai Langkahmu" peluncuran aplikasi blu yang dilaksanakan secara online benar-benar menyita perhatian. Ada tiga karakter yang mewakili blu, Benni (Berani Investasi), Lea (Lebih Kaya) dan Utta (Utamakan Tabungan). Tiga karakter ini pastinya mewakili karakter smart finansial yang melek digital saat ini.


#blubuatbaik


Selain itu juga, ada banyak hal dan informasi yang diberikan selama hari peluncuran, termasuk diantaranya kehadiran marketplace Blibli sebagai salah satu partner blu yang sekaligus menjadi bagian dalam ekosistem digital blu. Keuntungan menjadi pengguna blu di Blibli sangat memanjakan para pengguna, apalagi kalau bukan pemberian hadiah spesial buat para blu people yaitu:


1. Cashback belanja 100% buat para people yang membuka rekening digital blu di Blibli. Adapun maksimal cashback sebesar 150 ribu.


2. Diskon 50% jika para pengguna melakukan belanja dengan minimal 100 ribu menggunakan aplikasi blu di Blibli. Maksimal total diskon yang didapatkan sebesar 100 ribu rupiah. Jadi jika ingin memaksimalkan diskon 50% nya maka sebaiknya belanja sebesar 200ribu. Lumayan kan bisa dapat diskon 100 ribunya.


Semua keuntungan tersebut bisa dinikmati mulai dari tanggal 22-31 Juli 2021. Jadi, pastikan transaksinya berada pada tanggal tersebut ya, biar maksimal.


Selain memperkenalkan Blibli sebagai partner dalam ekosistem digital blu, acara It's blu Day juga menghadirkan program #blubuatbaik yang mengajak para masyarakat untuk ikut aktif dalam menjaga lingkungan dari ancaman sampah plastik.


Berdasarkan data yang ditampilkan di It's blu Day, secara nasional ternyata Indonesia menghasilkan  67,8 juta ton sampah plastik setiap tahun. Angka ini hampir setara dengan berat 5 tugu Monas. Luar biasa kan ya. 


blu melihat ini adalah ancaman dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menangani permasalahan sampah plastik ini dalam #blubuatbaik yang merupakan gerakan peduli lingkungan untuk jadi bagian dari solusi masalah lingkungan. Gerakan ini merupakan kolaborasi antara blu dengan Kitabisa.com dan Greeneration Foundation. 


Aplikasi blu by BCA Digital


Ada banyak cara untuk ikut berpartisipasi aktif, mulai dari tetap menjalankan kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan seperti membawa kantong belanja sendiri, tidak menggunakan sedotan berbahan plastik dan membawa gelas minum ketika membeli minuman. Selain itu pastinya dengan membuka rekening digital blu. Karena setiap satu rekening yang dibuka tahun 2021 akan didonasikan sebesar seribu rupiah.


Review Aplikasi blu

Sebagai rekening digital, aplikasi blu by BCA Digital hadir benar-benar membantu permasalahan yang saya alami. Awalnya sih, rada-rada aneh ya. Buka rekening tanpa perlu ke Bank. Tapi pas menjalani prosesnya, sangat surprise. Beneran, baru kali ini buka rekening kurang dari 10 menit. Simpel banget.


Jadi, ketika selesai mendownload aplikasi blu by BCA Digital ini, maka kita hanya perlu mempersiapkan E-KTP, Swafoto dan NPWP (bagi yang punya). Setelah semua persyaratan ini terpenuhi dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan maka akan ada proses verifikasi via video Call.


Verifikasinya pun tidak lama, hanya memastikan data yang kita input sudah sesuai dengan data yang ada di DUKCAPIL. Setelah itu, dalam kurun waktu kurang dari 2 x 24 jam, maka rekening digital kita akan aktif.


Review jujur aplikasi blu sendiri sih benar-benar memuaskan, meskipun tertulis 2 x 24 jam tetapi faktanya malah kurang dari 1 jam. Surprise banget. Ternyata benar-benar simpel untuk memiliki rekening digital.


Pas sudah punya rekening digital, akhirnya masalah saya terjawab dan teratasi dengan aplikasi blu ini. Memang sih #blubuatbaik untuk saya karena semudah menyediakan sistem yang membantu dalam pengeluaran hari-hari dan juga membuatkan simpanan alias tabungan secara terpisah.


Berikut beberapa keuntungan menggunakan aplikasi blu berdasarkan pengalaman pribadi:

1. Tarik tunai tanpa ATM. Jadi kita bisa melakukan tarik tunai hanya dengan menggunakan aplikasi blu diseluruh ATM BCA. Tidak perlu lagi membawa kartu ATM.

2. Gratis transfer ke Bank lain. Menggunakan aplikasi blu, bisa banget loh dapat fasilitas gratis transfer ke bank lain sebanyak 20 kali selama 2 bulan sejak rekening digital blu aktif.

3. Mudah dalam investasi. Biasanya aplikasi lain hanya mengandalkan tabungan saja, tetapi di blu para penggunanya bisa sekalian investasi dengan imbal hasil 4 % p.a.

4. Membuka banyak tabungan dalam satu nomor rekening. Cukup dengan satu nomor rekening digital blu, kita bisa loh buka 10 jenis tabungan yang disesuaikan dengan kebutuhan.


Fitur dalam Aplikasi blu

Sebagai aplikasi digital untuk menciptakan eksosistem digitul blu yang penuh dengan solusi dan inovatif, maka aplikasi blu dibekali dengan berbagai fitur. Apa saja itu?


Fitur Tracker.

Fitur ini mudah sekali ditemui dalam dashboard halaman aplikasi. Terletak dibagian pojok kiri atas. Fitur tracker ini berfungsi untuk menginformasikan cash flow bulanan. Jadi dari sini, tercatat dengan baik semua transaksi yang terjadi.


Baca juga: Menjadi Writerpreneur


Fitur ini juga benar-benar membantu dalam memperlihatkan pemasukan dan pengeluaran. Jadi benar-benar bakal membantu buata meingatkan para penghuni ekosistem digital blu untuk memperbesar pemasukan dibandingkan pengeluaran.

 

Fitur bluAccount

bluAccount ini adalah rekening digital utama yang kita miliki. Terletak langsung pada halaman home dan berisi informasi terkait nomor rekening digital dan saldo yang ada saat ini. Semua transaksi pengeluaran hanya bisa dilakukan dari saldo yang ada di bluAccount.


review aplikasi blu


Jika ingin belanja, transfer, beli pulsa, bayar tagihan pasca bayar, top up e-money atau pun sekadar tarik tunai semuanya bisa memanfaatkan dari saldo yang ada di bluAccount. Termasuk jika ingin menabung ke bluSaving, maka saldonya berasal dari bluAccount.

 

Fitur bluSaving

Permasalahan saya terkait sulitnya mengontrol antara tabungan untuk traveling dengan keperluan sehari-hari terjawab dengan kehadiran fitur bluSaving. Review jujur aplikasi blu setelah menggunakan fitur bluSaving benar-benar membantu. Saya bisa memisahkan tabungan khusus untuk travelling dengan kebutuhan sehari-hari. Ga bakal lagi deh, bakal terikut untuk digunakan karena sudah terpisahkan.

 

“Untuk kebutuhan harian, cukup pakai bluAccount dan untuk kebutuhan nabung, tinggal pakai bluSaving.”

 

Kerennya lagi, bluSaving ini bisa kita buka sesuai tujuan dan rencana ke depan. Contohnya nih ya, jika kita ingin mempersiapkan dana DP Rumah dalam kurun waktu 1 tahun ke depan, tinggal buka saja bluSaving dan tulis keterangan “DP Rumah “ atau sekreatif yang kita inginkan. Nanti bakal diminta untuk mengisikan target tercapai dan pastinya bakal ada gambaran seharusnya per bulan bisa nabung berapa jika mengaktifkan autodebet dari bluAccount.

 

review jujur aplikasi blu

Fitur bluGether

Pernah ga sih, ikut nabung share cost untuk liburan yang sudah direncanakan jauh hari? Atau ikut arisan yang setiap bulan ada pemenangnya? Nah, pas banget nih dengan fitur bluGether. Dalam menciptakan Ekosistem Digital blu, fitur bluGether adalah salah satu solusi untuk sama-sama mengontrol pemasukan dan pengeluaran keuangan secara bersama-sama dengan teman yang lain.


Fitur ini sangat bermanfaat buat yang sering nabung bersama untuk tujuan tertentu. Kayak tadi nih, untuk share cost liburan atau arisan. Setiap ada transaksi, maka semua orang yang terdaftar di bluGether bakal mendapatkan notifikasi. Jelas lebih transparan kan ya. Cocok banget dengan para milenial saat ini yang butuh akan transparansi tanpa ribet. Cukup langsung dari aplikasi.

 

Fitur bluDeposit

Ingin sekaligus investasi dalam satu aplikasi? Bisa banget loh. Tinggal aktifkan fitur bluDeposit yang kemudian akan membuka deposito berjangka dengan suku bunga 4% p.a. Salah satu keunggulan dari bluDeposit adalah fleksibiltas dalam memilih tenor mulai dari 1-12 bulan dan sifatnya Non-ARO (Automatic Roll Over) alias diperpanjang secara otomatis. Urusan perpanjang, kita yang kendalikan.


Baca juga: Tabungan Emas


Oh iya, biasanya jika pencairan deposito sebelum jatuh tempo bakal kena penalti. Hal ini pastinya berbeda. Di bluDeposit, tidak ada penalti untuk pencairan sebelum jatuh tempo.


Dengan berbagai fitur yang dimiliki tersebut dan review aplikasi blu yang menjawab permasalahan saya sehingga saya merasa terbantu. Tidak ada lagi kesulitan dalam kontrol tabungan dan pengeluaran.


Apalagi nih ke depan, blu pastinya akan selalu inovatif dan menyesuaikan kebutuhan ekosistem digital blu agar lebih nyaman dalam penggunaan. Seperti yang disampaikan dalam acara It's blu Day bahwa ke depan, blu bisa juga digunakan untuk layanan setor tunai. Saya sih percaya, dengan pengalaman dari BCA Group yang selalu kreatif, blu ke depan juga bakal lebih inovatif.


Buat kalian yang ingin merasakan teratasi solusinya seperti saya, ga ada salahnya kok untuk langsung download aplikasi blu di Play Store atau App Store. Atau ingin jadi lebih teratur dalam mengelola keuangan, kini saat yang tepat untuk memulai dengan aplikasi blu. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, karena penyesalan selalu datang terakhir, bukan pas pertama kali. Saatnya menjadi Smart Finansial dengan perencanaan keuangan yang baik dan terarah bersama aplikasi digital blu.

36 comments:

  1. Setelah membaca postingan super duper keren ini, kok saya jadi tertarik untuk buka rekening BCA dan install aplikasi blu. Soalnya saya perlu banget menabung, tapi nggak perlu repot ke bank. Cukup lewat ponsel aja. Udah gitu, di aplikasi blu ini bisa buka banyak rekening ya? Jadi bisa untuk pos-pos arus kas masuk. Makasih infonya ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, blu bisa jadi solusinya. Apalagi kan pamdemi kayak gini. Cukup buka rekening dari rumah.

      Delete
  2. Saya meski sudah jadi nasabah BCA sejak lama, tapi tertarik juga dengan aplikasi blu ini dan saya sudah download. Keren ya inovasi BCA ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. BCA Digital semakin inovatif ya. Dan ini semuanya bisa dilakukan dari rumah.

      Delete
  3. Bener banget tuh mas, kadang mau bikin tabungan baru tuh gak tahan mikir adminnya. Jadi mending pake blu ya bisa punya banyak tabungan dengan blusaving.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas banget. Bisa sampai 10 jenis tabungan loh dalam 1 nomor rekening.

      Delete
  4. aku paling seneng sama fitur blusaving, serasa punya banyak tabungan dengan tujuan yang berbeda...
    Fitur lainnya juga kerenkeren, memudahkan banget untuk pembayaran sehari hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Saya langsung buat 3 jenis tabungan yang berbeda di bluSavings

      Delete
  5. bluSaving beneran juara sih...
    aku langsung bikin beberapa untuk financial goalsku 2 tahun ke depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Saya juga gitu. Benar2 mempermudah

      Delete
  6. Asik juga ya bisa create nama akun savingnya sesuai keinginan atau kebutuhan kita...jadi kalao mau nabung bisa pilih mau ditabung ke pos yang mana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Bener. Makanya saya suka dengan app blu ini.

      Delete
  7. Memang terasa merepotkan sih kalau semua pemasukan pengeluaran gak dikontrol apalagi dalam satu rekening yang sama, jadi ga bisa bedain mana uang untuk beli ini, uang untuk jalan-jalan. Untung ada blu by BCA ya, pastinya kita bisa menjadi smart financial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Benar2 membantu sih dalam mengontrol.

      Delete
  8. Selama ini, tabungan saya juga dijadikan satu dalam satu rekening. Dan memang kalau tabungan gak dipisah malah bikin keuangan gak sehat, ya. Semua pos pengeluaran jadi tidak terkendali hehehe
    Untung ada aplikasi blu yang bisa mengelola keuangan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Agar ga terulang, makanya langsung dimanfaatkan fiturnya.

      Delete
  9. Setuju mas, ngga ada kata terlambat.. Yuk bisa dapetin keuntungan bareng lewat blu yang memudahkan kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Intinya segera untuk dimulai sedini mungkin.

      Delete
  10. saya sudah menjadi nasabah blu kak
    paling suka dengan fitur bluSavingnya
    membantu mengatur keuangan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget dan sekarang banyak promonya lagi.

      Delete
  11. Beneran smart kalau bisa misah-misahin semua pos kebutuhan kita. Kalau kemarin-kemarin mungkin malas karena harus punya beberapa rekening. tapi sekarang enggak lagi kalau pakek blu ini karena cukup 1 akun untuk 10 tabungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, jadi lebih nyaman kan mba. Kita bebas nentuin jenis tabungannya dalam 1 rekening.

      Delete
  12. aku yang sebagai pengguna BCA sangat menghargai adanya aplikasi blu by BCA digital, akan aku sarankan untuk keluargaku untuk buka rekening lewat di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Banyak keuntungan dan promonya juga tuh.

      Delete
  13. Siap Bang, bener nggak ada kata terlambat ya. Aku baru tahu soal Blu ini loh. Selama ini pake internet banking BCA doang eh ada yg lebih keren ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo blu kan dari BCA Digital. Jadi lebih milenial gitu dan benar2 paham akan kebutuhan aplikasi finansial yang multi fungsi.

      Delete
  14. Saya sudah download blu juga. Ternyata cepat banget installnya. Aplikasinya nggak berat dan UI nya keren banget. Colorful dan ringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Pilihan tone warna dashboardnya jadi lebih fresh lihatnya.

      Delete
  15. Pembagian tabungan di Blu by BCA ini seru ya mbak. Jdi bisa nentuim sendiri UTk apa aja yaaa
    Ohh,,, trus aku jga baru tahu lagi klo di app ini ada fitur yg aku cari nihh. BLU Saving.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Makanya saya juga sangat nyaman pakai aplikasi blu ini.

      Delete
  16. Blu bca emang mantap! Bukanya praktis dan cepat. Sesuai dengan kebutuhan pula karena bisa menyimpan uang sesuai dengan kebutuhannya. Satu untuk banyak penyimpanan. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu keunggulannya memang itu sih dan juga bisa deposito.

      Delete
  17. Kalau anak perusahaannya BCA sepertinya makin yakin dengan pelayanannya. Mudah-mudahan bisa membantu di masa Pandemi seperti sekarang ini. Pengen nyobain BLU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya bakal membantu karena masalah urusan bayar dan beli cukup dengan aplikasi blu saja.

      Delete
  18. Kalau udah punya rekening bca yg lama beda lagi yaa no rek nya? Klo beda pengen buat euyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda Kak, kalau yang lama itu BCA konvensional Kalau yang ini BCA digital.

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search