MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Dapatkan 5 Keunggulan Investasi Properti Di Perumahan

Dapatkan 5 Keunggulan Investasi Properti Di Perumahan
Add Comments
12 December 2020

Rumah selalu menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang yang paling menguntungkan dari tahun ke tahun, tidak seperti kendaraan atau obligasi.

Perumahan memiliki kelebihan sebagai bentuk investasi, salah satunya karena fisik dari rumah yang tetap pada satu lokasi dan tidak dapat berpindah-pindah. Perumahan juga telah terbukti menjadi produk investasi yang nilainya terus naik secara konsisten dari tahun ke tahun.

keunggulan-investasi-properti

Hal tersebut akan menjadi lebih menguntungkan, apabila letaknya berada di lokasi strategis seperti pusat kota atau area komersil yang banyak diminati oleh orang-orang. Dengan demikian Wajar saja kalau masyarakat tidak segan untuk mengalokasikan dana mereka kedalam bentuk investasi di sektor properti ini.


5 Keunggulan Investasi Perumahan Di Tangerang

Tangerang kini menjadi salah satu area dengan peminat perumahan paling tinggi setelah Depok. Pasalnya di Tangerang menjadi salah satu kota satelit yang perkembangannya cukup pesat. Ditambah banyaknya fasilitas publik seperti bandara, menjadi salah satu opsi orang rela merogoh kocek untuk memiliki perumahan di sini.

Namun ada kelebihan atau keunggulan lain terkait investasi perumahan di Tangerang, yang saya pikir perlu anda tahu.


Minim akan risiko kerugian dan terkena relokasi

Karena lokasinya yang menjadi satelit, kecil kemungkinan kita mendapatkan risiko di sektor properti untuk relokasi atau pindah tempat, terutama di daerah Tangerang.

Walau dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi dibidang properti cukup besar, tetapi hal tersebut setara dengan keuntungannya, bayangkan saja, rumah di tempat ini akan mudah di lirik oleh banyak orang.

Selain itu, investasi properti juga memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan investasi saham. Hal ini disebabkan pergerakan nilai properti yang stabil, terutama di daerah yang terus berkembang dari tahun ke tahun seperti Tangerang.


Luas Yang Tidak Berubah Seiring Waktu

Ditinjau dari bentuk investasi, ada yang terlihat secara fisik dan abstrak. Contoh investasi abstrak adalah Deposito dan saham, karena kita tidak bisa membayangkan bentuknya. Hanya bisa memperkirakan nilainya akan terus bertambah atau berkurang seiring pergerakan perekonomian.

Hal ini berbeda dengan investasi properti, karena kita bisa melihatnya secara fisik, bahkan luasnya tanahnya tetap. Sehingga calon pembeli pun mampu menilai langsung properti yang hendak mereka beli atau sewa dengan harga yang relevan.


Baca juga: Menata meja kerja


Nilai tambah jika berada di lokasi strategis

Semakin strategis sebuah properti, akan meningkatkan nilai jualnya. Itu hukum mutlak yang diterapkan dalam investasi perumahan di Tangerang.

Katakan rumah anda berada di lokasi yang bisa diakses oleh transportasi publik secara mudah, atau dekat dengan fasilitas mall, taman rekreasi, dan bangunan penting seperti sekolah, rumah sakit, dan sebagainya. Ini akan lebih menjual kepada calon pembeli, karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang lebih jika harus menuju lokasi-lokasi seperti itu.

Di Tangerang sendiri kita sudah tahu, terdapat banyak fasilitas-fasilitas umum yang memiliki daya tarik, kawasan industri, hingga ke tempat wisata keluarga yang ramah anak.


Bisa Dipakai sebagai Agunan

Untuk mereka yang berprofesi sebagai investor, aset properti yang mereka miliki bisa dimanfaatkan sebagai agunan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Pasalnya bank akan mematok harga yang cukup tinggi untuk jaminan berupa properti, karena properti merupakan salah satu jenis aset yang paling mudah dan cepat diterima di lembaga penjamin atau kreditur.

Namun, Kita harus cermat dan teliti dalam memilih bank. Kemudian menghitung dengan cermat beban angsuran yang harus ditebus setiap masa jatuh temponya.


Bisa menjadi sumber penghasilan

Jika anda memiliki rumah di lokasi strategis yang dekat dengan kampus, anda bisa menjadikan rumah tersebut sebagai tempat kost atau kontrakan yang diperuntukan bagi mahasiswa.

Tangerang sendiri memiliki banyak kampus yang cukup terkenal dengan jumlah mahasiswa yang tiap tahun terus meningkat untuk belajar di sana.

Dengan begitu, anda bisa memiliki passive income setiap bulannya. Anda cukup mengeluarkan biaya perawatan secara bulanan atau tahunan, mengingat semua biaya listrik dan air bisa anda bebankan kepada penyewa.

Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.

  1. Pengembangan kota Tangerang memang lumayan menarik para investor. Lokasinya juga cocok untuk investasi hunian karena tidak terlalu jauh dari Ibukota. Sementara saya juga naksir, cuma suami belum ridlo jadi warga Tangerang. Hehe.

    ReplyDelete