MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

JPO Sudirman, dari Jembatan Penyeberangan Hingga Jadi Spot Instagramable

JPO Sudirman, dari Jembatan Penyeberangan Hingga Jadi Spot Instagramable
Add Comments
5 August 2020

Pernah lihat jembatan penyeberangan orang alias JPO? Atau malah sudah sering menggunakan JPO? Bagi para kaum urban, JPO di kota besar berfungsi sebagai sarana penyeberangan jalan dari satu sisi jalan ke sisi jalan berbeda lainnya tanpa perlu khawatir akan kemacetan lalu lintas.

 

Di Jakarta, JPO memang sangat penting sebagai sarana penyeberangan. Tetapi, ada hal yang berbeda ketika JPO disulap dan diperindah. Fungsinya yang dulu hanya sebatas jembatan penyeberangan sekarang bertambah menjadi spot intagramable Jakarta.

 

Berada di kawasan Jalan Sudirman, JPO Sudirman terdiri atas 3 JPO yaitu JPO Bundaran Senayan, JPO Gelora Bung Karno dan JPO Polda Metro Jaya. Semuanya berurutan dan saling berdekatan.

 

Bentuknya yang artistik dan tidak lazim, serta keberadaan lampu di malam hari membuat JPO ini menjadi salah satu spot instagramable baru, sekaligus menambah rasa nyaman ketika melintas.

 

Spot JPO Sudirman

Cara Menuju JPO Sudirman

Menuju JPO Sudirman sangatlah mudah, apalagi jika menggunakan layanan Transjakarta rute Blok M-Kota. Tiga JPO ini, masing-masing terhubung dengan halte Transjakarta sehingga sangat mudah untuk diakses.

 

Selain rute Blok M-Kota, JPO ini bisa juga diakses menggunakan rute koridor Transjakarta lainnya, seperti rute Manggarai-Blok M. Penting untuk diingat, jika ingin berkunjung pastikan rute yang dipilih melintasi halte Polda Metro, GBK dan Bundaran Senayan.

 

Jika menggunakan layanan jasa transportasi online, sebaiknya pilih alamat tujuan pintu 6 Gelora Bung Karno. Pintu ini tepat berada di depan JPO GBK.

Halte Transjakarta di JPO GBK
Salah satu halte Transjakarta yang terhubung dengan JPO GBK

Fakta terkait JPO Sudirman.

1. Setiap JPO memiliki akses lift disetiap sisi jalannya.

Keberadaan lift adalah salah satu nilai tambah yang dimiliki oleh JPO Sudirman. Untuk saat ini, bagi para penyandang disabilitas, para manula, ibu hamil dan orang berkebutuhan khusus memiliki prioritas dalam memnggunakan akses lift untuk berpindah dari lantai dasar ke lantai atas JPO begitupun sebaliknya. Berada di kedua sisi jalan, lift ini memiliki kapasitas 1000 kg atau sekitar 13 orang.

 

2. Material lantai bukan lagi besi atau aluminium.

Jika sebagian besar JPO memiliki material lantai terbuat dari campuran besi dan aluminium dengan tekstur mengkilap, hal ini berbeda dengan JPO Sudirman. Secara kasat mata, jika melihat lantainya maka tampak seperti pattern potongan kayu berwarna coklat yang tersusun dengan rapi. Kesan artistik lebih terasa karena tersusun atas material GRM Biowood.

 

3. Dilengkapi dengan CCTV

Faktor keamanan sebagai pengguna fasilitas umum tetap menjadi prioritas. Itu lah mengapa, JPO Sudirman juga dilengkapi dengan CCTV sebanyak 7 buah di setiap sudut JPO. Baik JPO Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno dan juga JPO Polda Metro Jaya, semua CCTV mampu merekam selama 24 jam nonstop.

 

4. Material cincin dan atap berbentuk unik

Jika JPO lain, atapnya datar atau berbentuk segitiga. Berbeda halnya dengan atap JPO Sudirman yang tersusun atas material polikarbonat transparan berwarna abu-abu. Salah satu kelebihan material polikarbonat adalah kemampuannya yang tidak menyerap sinar matahari sehingga akan tetap terasa adem ketika melintas di bawahnya.

 

Selain atap yang memiliki material khusus, juga masih dilengkapi dengan material berbentuk cincin yang menambah kesan estetik. Material cincin ini terbuat dari sandwich panels yang keberadaannya menjadi unik sekaligus penuh artistik. Jauh dari kesan JPO pada umumnya.

 

5. Dilengkapi dengan lampu LED dan RGB

Penuh warna. Itu lah kesan yang muncul ketika melintasi JPO Senayan di malam hari. Gabungan berbagai warna lampu LED dan RGB seperti warna hijau, kuning, merah dan ungu yang silih berganti adalah pengalaman tersendiri jika melintasi JPO ini.

 

Seperti yang terpasang di JPO Gelora Bung Karno terdiri atas 66,5 meter lampu LED strip 12 w, 39 titik pada ramp lampu LED Batten 40w dan 98 titik lampu RGB Midi 12w. Kesemua lampu ini lah yang membuat penuh warna dan pengalaman berbeda dari sebuah JPO.

 

6. Menjadi spot instagramable baru

Cahaya berkilau, bentuk artistik, struktur unik dan lantai berwarna coklat menjadi daya tarik tersendiri akan keberadaan JPO Senayan. Wajar saja jika para milennial menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot intagramable di Jakarta. Bahkan sepintas, ketika mengunjungi bukan hanya para milennial yang datang untuk sekadar foto dan mengabadikan setiap sudut JPO, tetapi beberapa orang tua dan komunitas pun sering mampir.

 

Spot instagramable Jakarta
Salah satu spot instagramable Jakarta


Hal yang dilarang Ketika Berkunjung

Menjaga agar setiap area tetap bersih, maka buanglah sampah pada tempatnya. Sepanjang JPO, tidak disediakan tempat pembuangan sampah kecuali pada area halte dan kawasan sekitar GBK.

 

Larangan sepanjang JPO Senayan
Papan larangan sepanjang JPO


Selain itu, perlu untuk memastikan dan menjalankan dengan baik beberapa tanda larangan yang ada. Seperti dilarang bersandar dan dilarang memanjat. Tujuan larangan ini jelas yaitu demi menjaga fungsi fasilitas tetap baik dan keamanan pengunjung.

 

Waktu Terbaik Berkunjung

Meskipun sudah diperindah menjadi lebih artistik, tetap saja fungsi utamanya adalah jembatan penyeberangan sehingga ketika siang hari hingga setelah waktu pulang kerja masih banyak aktivitas kaum urban. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah setelah pukul 9 malam.

 

Warna kontras lampunya akan tampak mempesona selain juga tidak akan mengganggu aktivitas para kaum urban dan pekerja yang bergegas untuk balik ke rumah menggunakan transportasi Transjakarta.

 

JPO Gelora Bung karno
Penampakan JPO Gelora Bung Karno


Ini lah wajah baru Jakarta. Ketika JPO disulap menjadi area nyaman dan artistik, maka sudah pasti warganya pun akan mendapatkan efek nyaman tersebut. Bagi para traveller yang mampir ke Jakarta, bisa juga memanfaatkan waktunya untuk berkunjung ke JPO Senayan sebagai salah satu spot instagramable Jakarta yang punya keunikan tersendiri. Datang dan buktikan langsung.

Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.