“Bro, tahu nggak sih kalau WiFi yang digunakan saat ini, sinyalnya itu putus nyambung. Terkadang ada, tapi lebih banyak hilangnya. Terus, pas hubungi call center responnya lama banget”. Begitulah celoteh teman, saat menggunakan layanan WiFi di bisnisnya. Padahal sebenarnya bagi para penyedia layanan internet, after sales juga harus diperhatikan. Bukan hanya menjual produk di awal saja.
Dalam
menjalankan dunia jasa dan service bukan hanya memikirkan bagaimana para
customer puas saat pembelian tetapi juga puas setelah pembelian. Hal ini lah
menjadi salah satu acuan utama dari Telkom Indonesia dalam menghadirkan layanan
Telkom Indibiz Care.
Percaya
atau tidak, kehadiran Telkom Indibiz Care adalah angin segar bagi para pelaku
bisnis yang sudah menjalankan usahanya secara digital. Itulah mengapa, jangan
sampai salah pilih penyedia layanan internet. Selalu memilih yang sesuai
kebutuhan dan solusi digital terbaik.
Pentingnya Kehadiran Layanan Purna Jual
After
sales service alias layanan purna jual sudah menjadi salah satu yang wajib ada
jika menjalankan bisnis di bidang jasa dan service. Saya pernah beralih dari
satu merk ke merk lainnya hanya karena lambat dalam penanganan.
Makanya
kehadiran layanan purna jual bukan hanya sekadar ada atau tidak tetapi juga
sebagai representative perusahaan. Berikut beberapa alasan mengapa pentingnya
kehadiran layanan purna jual.
1. Menjalin hubungan dengan customer.
Layanan
purna jual pastinya berhubungan langsung dengan item yang dibeli. Saat customer
membutuhkan layanan ini itu artinya, customer membutuhkan solusi cepat dan
tepat. Semakin baik penyelesaian yang diberikan maka akan menciptakan hubungan
erat antara perusahaan dengan customer.
2. Meningkatkan kepercayaan atas suatu merek.
Menjaga
kepercayaan customer agar tidak berpaling ke merek lain menjadi salah satu
alasan kehadiran layanan purna jual. Bayangin saja coba, jika pelayanan
mengecewakan maka ke depan customer tidak akan Kembali menggunakan merek yang
sama.
3. Bisa jadi sebagai sumber penghasilan tambahan perusahaan.
Meskipun
bukan menjadi tujuan utama, tetapi kehadiran layanan purna jual bisa banget loh
menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan. Entah itu terhadap jasa service
atau add on suatu produk.
Layanan Telkom Indibiz Care
Sebagai
bagian dari layanan pelanggan B2B yang butuh cepat dalam penanganan, maka
hadirlah layanan Telkom Indibiz Care. Layanan ini mengedepankan kecepatan dan
kepuasan pengguna.
Dengan
prinsip simplify to amplify dalam proses customer journey yang akan
membantu para customer dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pasca pembelian
produk solusi digital. Menariknya lagi, layanan Telkom Indibiz Care ini hadir
pada berbagai kanal informasi. Jadi tinggal disesuaikan saja, mau melapor via
apa. Senyaman mungkin dan seefisien mungkin.
Media
pelaporan yang bisa digunakan dalam layanan ini antara lain via email, media
sosial, personal message dan email.
“Berikut adalah kanal komunikasi Telkom Indibiz Care yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan. Call Center: 0800-1-835566 / 1500250. Email: indibizID.care@telkom.co.id / tenesa@telkom.co.id. WhatsApp: 0812-8323-5566. Facebook: Tenesa Telkom. X (Twitter): @tenesa_telkom. Telegram: Tenesa_Telkom_Bot. Instagram: @indibizcare & @indibiz.id dan Virtual Plasa: www.indibiz.co.id"
Saat
laporan terkait kendala yang ada, maka para teknisi dari Indibiz akan merespon
dengan baik dan cepat. Respon yang diberikan pun tidak lebih dari 2 jam dan
langsung ditangani oleh teknisi yang kompeten di bidangnya sehingga
penyelesaian tepat sasaran dan cepat teratasi.
Sistem
seperti inilah yang membuat nyaman customer. Bukan hanya menghadirkan produk
berkualitas dengan berbagai solusi digital di dalamnya tetapi juga layanan
after sales yang efektif.
Pastinya,
dengan layanan pelanggan yang selalu sigap kapan saja tersebut bakal
mempercepat proses transformasi digital yang Telkom hadirkan untuk market
B2B di Indonesia. Semakin banyak pelaku bisnis go digital itu artinya semakin
banyak yang peduli dan percaya akan proses efisiensi dan efektifitas dalam
menjalankan bisnis. Lama kelamaan, bisnis pun bisa naik daun.
Perubahan
dari metode konvensional ke metode digital ini bakal berdampak signifikan. Saya
sih yakin bahwa pelaku bisnis yang go digital, ujung-ujungnya meningkatkan
profit para pelaku bisnis. Percaya deh.
comment 0 komentar
more_vert