MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Telkom Indibiz Care, Layanan Purna Jual Untuk Mereka yang Butuh Respon Cepat

Telkom Indibiz Care, Layanan Purna Jual Untuk Mereka yang Butuh Respon Cepat
Add Comments
18 August 2025

Bro, tahu nggak sih kalau WiFi yang digunakan saat ini, sinyalnya itu putus nyambung. Terkadang ada, tapi lebih banyak hilangnya. Terus, pas hubungi call center responnya lama banget”. Begitulah celoteh teman, saat menggunakan layanan WiFi di bisnisnya. Padahal sebenarnya bagi para penyedia layanan internet, after sales juga harus diperhatikan. Bukan hanya menjual produk di awal saja.

Telkom Indibiz Care

Dalam menjalankan dunia jasa dan service bukan hanya memikirkan bagaimana para customer puas saat pembelian tetapi juga puas setelah pembelian. Hal ini lah menjadi salah satu acuan utama dari Telkom Indonesia dalam menghadirkan layanan Telkom Indibiz Care.

Percaya atau tidak, kehadiran Telkom Indibiz Care adalah angin segar bagi para pelaku bisnis yang sudah menjalankan usahanya secara digital. Itulah mengapa, jangan sampai salah pilih penyedia layanan internet. Selalu memilih yang sesuai kebutuhan dan solusi digital terbaik.

Pentingnya Kehadiran Layanan Purna Jual

After sales service alias layanan purna jual sudah menjadi salah satu yang wajib ada jika menjalankan bisnis di bidang jasa dan service. Saya pernah beralih dari satu merk ke merk lainnya hanya karena lambat dalam penanganan.

Makanya kehadiran layanan purna jual bukan hanya sekadar ada atau tidak tetapi juga sebagai representative perusahaan. Berikut beberapa alasan mengapa pentingnya kehadiran layanan purna jual.

1.      Menjalin hubungan dengan customer.

Layanan purna jual pastinya berhubungan langsung dengan item yang dibeli. Saat customer membutuhkan layanan ini itu artinya, customer membutuhkan solusi cepat dan tepat. Semakin baik penyelesaian yang diberikan maka akan menciptakan hubungan erat antara perusahaan dengan customer.

2.      Meningkatkan kepercayaan atas suatu merek.

Menjaga kepercayaan customer agar tidak berpaling ke merek lain menjadi salah satu alasan kehadiran layanan purna jual. Bayangin saja coba, jika pelayanan mengecewakan maka ke depan customer tidak akan Kembali menggunakan merek yang sama.

3.      Bisa jadi sebagai sumber penghasilan tambahan perusahaan.

Meskipun bukan menjadi tujuan utama, tetapi kehadiran layanan purna jual bisa banget loh menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan. Entah itu terhadap jasa service atau add on suatu produk.

Layanan Telkom Indibiz Care

Sebagai bagian dari layanan pelanggan B2B yang butuh cepat dalam penanganan, maka hadirlah layanan Telkom Indibiz Care. Layanan ini mengedepankan kecepatan dan kepuasan pengguna.

Teknisi yang handal

Dengan prinsip simplify to amplify dalam proses customer journey yang akan membantu para customer dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pasca pembelian produk solusi digital. Menariknya lagi, layanan Telkom Indibiz Care ini hadir pada berbagai kanal informasi. Jadi tinggal disesuaikan saja, mau melapor via apa. Senyaman mungkin dan seefisien mungkin.

Media pelaporan yang bisa digunakan dalam layanan ini antara lain via email, media sosial, personal message dan email.

“Berikut adalah kanal komunikasi Telkom Indibiz Care yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan.  Call Center: 0800-1-835566 / 1500250. Email: indibizID.care@telkom.co.id / tenesa@telkom.co.id. WhatsApp: 0812-8323-5566. Facebook: Tenesa Telkom. X (Twitter): @tenesa_telkom. Telegram: Tenesa_Telkom_Bot. Instagram: @indibizcare & @indibiz.id dan Virtual Plasa: www.indibiz.co.id"

Saat laporan terkait kendala yang ada, maka para teknisi dari Indibiz akan merespon dengan baik dan cepat. Respon yang diberikan pun tidak lebih dari 2 jam dan langsung ditangani oleh teknisi yang kompeten di bidangnya sehingga penyelesaian tepat sasaran dan cepat teratasi.

Sistem seperti inilah yang membuat nyaman customer. Bukan hanya menghadirkan produk berkualitas dengan berbagai solusi digital di dalamnya tetapi juga layanan after sales yang efektif.

Pastinya, dengan layanan pelanggan yang selalu sigap kapan saja tersebut bakal mempercepat  proses transformasi digital yang Telkom hadirkan untuk market B2B di Indonesia. Semakin banyak pelaku bisnis go digital itu artinya semakin banyak yang peduli dan percaya akan proses efisiensi dan efektifitas dalam menjalankan bisnis. Lama kelamaan, bisnis pun bisa naik daun.

Perubahan dari metode konvensional ke metode digital ini bakal berdampak signifikan. Saya sih yakin bahwa pelaku bisnis yang go digital, ujung-ujungnya meningkatkan profit para pelaku bisnis. Percaya deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.