MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Fantastic Eight ASUS ROG Phone 8: Bukan Hanya Sekadar HP Gaming

Fantastic Eight ASUS ROG Phone 8: Bukan Hanya Sekadar HP Gaming
Add Comments
20 March 2024

 Mau jadi apa kamu nantinya, kalau cuma main games doang? Emang dari games bisa kasih makan? Enggak. Makanya belajar sana, jangan main games terus

ROG Phone 8

Itu lah yang sering teringat, kala bermain games ketika waktu kecil dahulu. Para orang tua pastinya tidak akan membiarkan anaknya terjerumus dengan dunia games. Orang tua selalu memandang bahwa bermain games itu tidak ada gunanya.

Tetapi itu dulu, zaman sudah berubah. Sejak kemajuan teknologi begitu marak. Dunia entertainment pun ikut mendapatkan imbasnya, termasuk dunia para gamers. Dampak positif bermain games pun mulai terkuak. Berbagai penelitian bermunculan mengulas tentang dampak terhadap anak atas permainan games online. Mulai dari meningkatkan daya ingat, melatih kesabaran, meningkatkan kreativitas hingga memberikan efek kerja sama yang solid buat para pemainnya.

Makanya tidak heran, orang tua zaman sekarang bukan lagi melarang untuk bermain games. Adanya malah banyak mendukung anak untuk menjadi atlet esport sebagai salah satu profesi yang muncul dan menjanjikan dari dunia games. Ditambah lagi dalam 5 tahun terakhir, prestasi demi prestasi atlet esport Indonesia sangat mentereng. Mulai dari juara SEA GAMES hingga Asian Games.

Prestasi seperti inilah yang membuat orang tua tidak segan dalam mendukung anak. Salah satu bentuk dukungan orang tua terhadap anak yang mencintai dunia games atau bahkan mendukung anak menjadi atlet esport adalah penyediaan sarana dan prasarana pendukung seperti penyediaan gadget yang mumpuni.

Ada fakta unik loh. Ternyata banyak atlet esport menggunakan ROG Phone sebagai gadget flagship yang mendukung mereka menjadi atlet profesional.

Sekadar informasi bahwa Rog Phone merupakan smartphone gaming android dari ASUS yang diumumkan pertama kali pada tanggal 8 Juni 2018 di event Computex. Kehadiran Rog Phone kala itu ibarat angin segar buat para gamers mania. Desain compact dengan prosesor Qualcomm Snapdragon dan desain metalik berwarna hitam menjadi daya Tarik tersendiri.

Menariknya, di tahun 2024. Setelah 6 tahun berlalu, transformasi Rog Phone pun menunjukkan tajinya sebagai smartphone gamers terbaik. Makanya tidak heran, jika kemunculan Rog Phone 8 sebagai generasi teranyar dari Rog Phone Series adalah hal yang dinanti.

Bukan hanya menyajikan smartphone gamers tetapi juga menjawab kebiasaan harian akan penggunaan berbagai fitur dari smartphone. Itu lah mengapa, Rog Phone 8 ini saya sebut sebagai Fantastic Eight.

Fantastic One: Light Design

Jujur, saya sendiri memiliki spesifikasi khusus saat memilih HP gaming. Bukan hanya mengandalkan performa tetapi juga memiliki desain ciamik. Kata orang , “kesan pertama begitu menggoda”. Itu lah yang terjadi kala pertama kali melihat ROG Phone 8.

Display ROG Phone 8
Desain stylish dan lebih tipis
Bukan tanpa sebab. Ini dikarenakan, desain ROG Phone 8 lebih tipis 15 % dari generasi sebelumnya dengan performa luar biasa. Kebayang banget kan, performa oke dan desain lebih ramping serta lebih ringan . Wah, ini mah sudah paduan sempurna. 
Makanya, banyak juga yang mengatakan bahwa ROG Phone 8 ini bukan hanya sekadar HP gaming saja tetapi juga smartphone untuk mereka para streamer, content creator dan profesi lain yang membutuhkan gadget terbaik. Fantastic deh pokoknya dan bukan hanya sekadar gadget permainan, tetapi lebih dari itu.

Fantastic Two: Excellence Performa

Bukan HP gaming namanya jika tidak memiliki performa tangguh, dan kali ini tidak tanggung-tanggung. Semua seri dari ROG Phone 8 memiliki inti Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh. Selain itu juga sudah didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja yang tak tertandingi. Keren banget bukan.

Snapdragon CPU
Rog Phone 8 dengan Snapdragon 8 Gen 3

Tidak heran, jika para atlet esport Indonesia yang mendapatkan medali emas di kancah internasional memilih ROG phone series sebagai HP gaming untuk latihan maupun pada saat tanding. Ini semua karena performa yang dimiliki benar-benar excellence. Melampaui dari harapan pengguna games online.

Fantastic Three: Rapid Cooling

Bermain games online terkadang tidak mengenal waktu dan lama bermain. Apalagi jika bermain bersama tim alias mabar. Pernah nggak sih, lagi serius-seriusnya main PUBG terus ngejar chicken dinner tiba-tiba gadget panas. Nah, kalau sudah kayak gini pastinya bete dan nggak nyaman kan.

Aero Active Cooler
Teknologi Aero Actve Cooler

Untungnya ROG Phone 8 series menjawab masalah seperti itu. Desain Rapid-Cooling Conductor Revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8 akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang. 

Nah, panas yang dihasilkan ini akan didinginkan menggunakan teknologi pendingin clip-on AeroActive Cooler X yang ukurannya 29% lebih kecil tetapi efisiensi termalnya 1,2X lebih tinggi. Efek yang dihasilkan, pastinya mampu mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. Jadi nggak akan khawatir lagi untuk urusan bermain lama dan HP panas. Gimana? Fantastic banget kan.

Fantastic Four: Ultra Bright Display

Ada yang pernah merasakan ketika melihat layar di bawah sinar matahari, hasil layarnya jadi buram dan tidak jelas? Kalau itu sering terjadi, maka memang sudah saatnya untuk berganti ke ROG Phone 8 seri.

Hadir dengan panel AMOLED fleksibel 6,78 inci berbasis teknologi LTPO dimana tingkat kecerahan tertinggi hingga 2500 nits

Oh iya, teknologi ini menghasilkan  visual luar biasa yang merupakan kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik di dunia. Keren banget kan.

ROG Phone 8 Display
Ultra bright display
Tidak hanya sampai disitu saja. Kehadiran LTPO menciptakan sistem kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz. Selain itu, saat bermain games para pengguna bisa memilih kecepatan refresh 165 Hz dan kecepatan sampling sentuh 720 Hz.

Fantastic Five: Kamera Berkualitas Pro Lengkap dengan Stabilizer

Saya pernah melihat sebuah broadcast akan kebutuhan content creator dengan syarat ‘hasil foto tidak blur dengan kualitas video minimal HD’. Nah, kebayang nggak sih jika smartphone yang dimiliki itu bukan hanya sekadar memenuhi hasrat bermain games tetapi juga bisa memenuhi parameter kualitas content creator, foto tajam dan video tidak goyang? Itu lah yang ditawarkan ROG Phone 8.

Hadir dengan tri-camera system, dimana kamera utama menggunakan sensor gambar Sony 50 MP yang sudah terkenal ahli dalam dunia fotografi untuk menghasilkan gambar jernih. Ditambah lagi lensa ultra wide 13MP dan pertama kalinya menyertakan lensa 32 MP telephoto 3X optical zoom untuk kebutuhan pengambilan gambar objek jauh. Selain itu juga, ada kamera swafoto ultra wide 32 MP dengan field of view (FoV) yang telah ditingkatkan dari 73o menjadi 90o yang memberikan pengalaman swafoto terbaik saat berkelompok.

Lensa ROG Phone 8
Lensa kamera ROG Phone 8

Untuk kualitas videografi yang jernih dan stabil, ROG Phone 8 sudah dilengkapi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0. Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritma perangkat lunak EIS untuk memastikan video tetap stabil.

Hasil jepretan ROG Phone 8
Hasil Foto Normal
Foto Zoom
Hasil foto Zoom

Fantastic Six: Sudah Bersertifikasi IP68

Kalau HP nya kena hujan, jangan lupa untuk dimasukkan ke dry box yang dilengkapi dengan silika gel atau jika tidak punya, masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras”. Begitu lah kira-kira, nasihat dari teman ketika smartphone terkena hujan.

IP rating 68

Nah, khusus ROG Phone 8, nasehat seperti ini tidak akan pernah lagi didengar karena ROG Phone 8 adalah smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68.

Standar IP (Ingress Protection) 68 itu artinya smartphone tersebut tahan terhadap debu dan air. Jadi nggak bakalan khawatir lagi untuk bermain games di luar ruangan, meskipun terkena debu atau malah terjatuh di kolam renang. Masih aman kok.

Fantastic Seven: Dilengkapi dengan fitur yang disempurnakan AI

Saat ini kehadiran AI (Artificial Intelligence) benar-benar merambah semua bidang. Tidak terkecuali dunia gadget. Pada ROG Phone 8 seri sendiri setidaknya dilengkapi dengan 4 fitur AI untuk memberikan pengalaman luar biasa saat bermain game. Berikut 4 fitur AI:

  1. X Capture: berfungsi momen penting pada background saat bermain game
  2. AI Grabber: berfungsi untuk menangkap teks secara langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition.
  3. X sense: berfungsi untuk memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan ketika bermain games dengan teknologi AI Pattern Recognition.
  4. Background Mode: berfungsi untuk mengalihkan game ke latar belakang.

Selain 4 AI tersebut, pada ROG Phone 8 juga sudah dilengkapi dengan Semantic search, AI Wallpaper dan AI noise-cancellation yang bertujuan untuk meredam kebisingan. Pastinya sih, semua AI ini berfungsi untuk memberikan pengalaman terbaik saat bermain games.

Nigh Foto
Night mode dengan sentuhan AI

Fantastic Eight: Anime Vision

Anime Vision merupakan fantastic 8 dari seri ROG Phone 8 berupa layar mini-LED anime vision dengan 341 elemen. Anime vision bisa menampilkan animasi yang diatur sebelumnya sebagai bentuk ekspresi kreativitas para pengguna ROG.

Menariknya lagi, bagi para sesame pengguna ROG Phone 8 pro/ Pro edition ternyata bisa saling membuka kunci animasi rahasia dengan cara menempelkan punggung kedua ponsel secara berdekatan. Benar-benar ekspresif. Makanya tidak heran jika ROG Phone 8 menjadi smartphone gaming terbaik saat ini untuk mendukung para gamers, content creator dan profesi lainnya berkreasi secara maksimal. 

Anime Vision
Tampilan Anime Vision Rog Phone 8 pro/ pro edition

Spesifikasi ROG Phone 8 Seri

Hadirnya ROG Phone 8 seri ini benar-benar menyita perhatian. Kini hadir bukan hanya untuk mendukung para gamers saja tetapi memang menyesuaikan lifestyle semua orang. Termasuk mempertimbangakn kondisi cuaca di Indonesia.

Berikut spesifikasi lengkap dari ROG Phone:

Spesifikasi ROG Phone 8

Informasi Harga dan Promo

Kehadiran ROG Phone 8 yang diluncurkan pada 20 Maret 2024 dengan berbagai keunggulan yang saya sebut sebagai fantastic 8 ini sudah bisa dipinang loh.

Harga & ketersediaan ROG Phone 8

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

Sedangkan untuk promo yang tersedia saat ini bisa banget manfaatin first sale promo dan consumer launch sales promo.

First Sale Promo

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. 

Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online. 

Online : Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan Asus Online Store

Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Promo ROG Phone 8
First Sale Promo

Consumer Launch Sales Promo

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.


Promo ROG Phone 8
Consumer Launch Sales Promo

Kata orang, penyesalan itu datang di akhir”. Nah, daripada nyesal mending siap-siap untuk manfaatin promonya. Kapan lagi kan, dapat ROG Phone 8 dengan berbagai tambahan keuntungan lainnya. Yuk beli.

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien
Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.