MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Liburan Hemat ke Singapura, Begini Loh Caranya

Liburan Hemat ke Singapura, Begini Loh Caranya
Add Comments
26 January 2024

 Liburan ke luar negeri dan dekat pastinya bakal memasukkan Singapura sebagai salah satu daftar negara yang wajib dikunjungi. Meskipun masih terletak di Asia Tenggara, Singapura memberikan pengalaman liburan yang berbeda dengan arsitektur modern dan kemudahan akses transportasi. Tetapi kendala utama ketika sudah memilih untuk liburan ke Singapura adalah total cost yang harus dikeluarkan jauh lebih tinggi dibandingkan negara ASEAN lainnya. Alih-alih bisa liburan hemat yang ada malah liburan dengan ekstra pengeluaran.

Liburan hemat ke Singapura

Makanya, banyak orang yang liburan ke Singapura hanya menjadikan sekadar negara transit saja. Cukup 1 atau 2 hari saja, habis itu pindah ke negara tetangga lainnya. Tapi kalau transit hanya beberapa jam saja, boleh banget loh cek aktivitas transit di Singapura.

Nah, bagi yang ingin liburan hemat ke Singapura harus tahu dulu tips dan triknya agar biayanya jadi lebih terjangkau.

Sebenarnya, konsep pengeluaran selama liburan itu secara garis besar sama. Ada 3 biaya yang biasa memerlukan pengeluaran bisa yaitu transportasi, penginapan dan makan. Termasuk ketika berkunjung ke Singapura.

Tips Liburan Hemat ke Singapura

Semua orang jika ada pilihan hemat, pastinya bakal memilih hemat dibandingkan pemborosan biaya liburan. Meskipun Singapura terkenal dengan biaya hidup mahal karena mata uang yang digunakan adalah dolar Singapura (1 Dollar Singapura sekitar 11 ribu rupiah) tetapi bukan berarti tidak bisa diakali agar tetap hemat.

Berikut tips liburan hemat ke Singapura antara lain:

1.      Pengaturan Tiket Pesawat

Urusan tiket pesawat ke Singapura dari Jakarta sebenarnya terjangkau. Bahkan harganya jauh lebih murah dibandingkan penerbangan lokal dengan durasi yang sama. Tetapi, tiket balik dari Singapura yang selalu mahal. Bukan lagi terkadang mahal, tetapi selalu mahal. Hal ini dikarenakan komponen Airport Tax bandara Changi yang sudah menyatu dengan harga tiket nilainya sekitar setengah juta sendiri. Itu baru komponen Airport Tax. Makanya tidak heran jika harga tiket balik dari Singapura lumayan mahal.

Salah satu cara terbaik agar tetap bisa liburan hemat dengan pengaturan tiket pesawat. Artinya gini, untuk berangkat ke Singapura bisa menggunakan titik start dari Jakarta. Tetapi untuk balik ke Jakarta, maka jangan menggunakan Singapura sebagai titik naik pesawatnya. Lah terus, lewat mana dong?

Nah, disinilah triknya menghemat biaya balik ke Jakarta dengan memilih bandara terdekat tetapi harganya terjangkau yaitu bandara Senai di Johor bahru. Dari bandara Johor Bahru ke Jakarta harga tiketnya benar-benar terjangkau loh dibandingkan jika memilih rute Singapura ke Jakarta. Untuk menuju Johor Bahru, bisa menggunakan bus atau kereta antar negara dari Singapura. Dilanjutkan naik bus dari Larkin Terminal ke Bandara Senai.

Rutenya menjadi Jakarta-Singapura untuk berangkat dan pulangnya menjadi Johor Bahru-Jakarta

2.      Pemilihan Penginapan

Jujur, salah satu yang menguras tabungan kalau lagi liburan ke Singapura itu ya penginapan. Apalagi jika memilih tidur di hotel. Harga menginap satu malam hotel di Singapura itu rata-rata sekitar 1 juta untuk yang privat room. Makanya, kalau saya sih ya, urusan menginap selalu memilih hostel dibandingkan hotel. Apalagi kalau berangkatnya cuma sendiri. Ya kali, ngeluarin duit 1 juta untuk satu malam, kalau 3 malam, 3 juta sendiri.

hostel di Singapura
Type kamar hostel dengan bunk bed di dalamnya

Nah kalau hostel, masih ada yang harga 250 ribuan dengan tipe kamar dormitory atau bunk bed. Tipe kamar seperti ini akan diisi lebih dari 4 orang dalam 1 ruangan. Ranjangnya sendiri adalah tipe ranjang Tingkat. Cocok bagi yang ingin mencari teman perjalanan. Lumayan kan, nambah kenalan ketika liburan ke Singapura. Beberapa OTA yang bisa digunakan untuk booking hostel adalah Agoda, booking.com, Traveloka, hostelworld dan lain-lain.

3.      Hindari Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Entah mengapa, makanan cepat saji di Singapura seperti McD, KFC, Subway dan lain-lain harganya lumayan menguras kantong. Bayangin saja biaya sekali makan dan minum bisa 10 dollar Singapura, itu pun menu termurah. Makanya saya tidak merekomendasikan untuk makan fast food ketika berkunjung ke Singapura.

Cafe halal di Singapura

Sebaiknya makanlah di Café-café halal seperti Ananas café yang menjual menu lokal seperti nasi lemak, mie dan laksa dengan harga terjangkau. Untuk sekali makan di Ananas mulai dari 3 dollar. Lumayan hemat dibandingkan fast food. Dan ini adalah salah satu tips liburan hemat ke Singapura loh. 

4.      Pilih Destinasi Hiburan Gratis

Sebagai salah satu destinasi favorit liburan orang Indonesia, Singapura menyajikan banyak ragam hiburan. Mulai dari nuansa alam, kecanggihan teknologi hingga arsitektur yang menakjubkan. Bagi yang memiliki budget terbatas ketika liburan ke Singapura, maka sebaiknya pilihlah destinasi yang tidak perlu bayar.

Berikut pilihan destinasi wisata hemat di Singapura yang gratis:

·         Air Terjun Jewel Changi

·         Merlion park dengan patung Singanya

·         Marina Bay Sands

·         Helix Bridge

·         Gardens by the bay light show

·         Anderson wave

·         Fort canning park

Cara hemat ke singapura

5.      Jauhi Penggunaan Taxi

Naik taxi di Singapura itu mahal banget. Jarak dekat saja, bisa 10 dollar. Jauh dikit sudah 20 dollar. Kebayang banget kan, berapa biaya yang langsung habis hanya karena mobilitas kesana kemari. Makanya, saya sarankan untuk menggunakan bus atau MRT.

Publik transportasi di Singapura termasuk salah satu yang terbaik di Asia. Saya sendiri ketika berkunjung ke Singapura selalu menggunakan MRT yang dikombinasikan dengan bus. Untuk pengeluaran transportasi harian setelah muter-muter kesana kemari Cuma 5 dollar. Ingat ini seharian loh. Jadi lumayan hemat kan. Apalagi jika bawa anak-anak under 7 tahun. Biaya naik bus dan MRT nya gratis loh. Tinggal buat kartu “child concession card”. Kemana-mana gratis pokoknya.

Nah, buat kalian yang ingin liburan hemat ke Singapura jangan lupa untuk mulai hunting tiket pesawat murahnya. Jika ada promo OTA, langsung deh book hostelnya. Lumayan banget soalnya selisih harganya. Kini liburan hemat ke Singapura bukan lagi impian, kalian juga bisa kok. Apalagi jika ingin liburan hemat ala backpacker, bisa jua. Percaya deh. Oh iya, bagi yang ingin tahu tips liburan hemat lainnya tinggal mampir di blog saya ini ya. Happy travelling

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Singapura ini memang jadi tujuan wisata ya, Mas. Tapi dihindari, karena mahal. Padahal kalau tahu tipsnya, maka jadi hemat.
    MIslanya itu, ga usah nginap di hotel, tipe hostel saja. Kan cuma buat tidur doang. Terus cari makanan yang enak tapi terjangkau. Terus mau keliling Singapura pakai MRT dan bus saja.

    ReplyDelete
  2. Jadi inget dulu pas jaman masih bujang juga nginepnya hostel yang shared room gituuu. Iya dormitory dengan 4-8 orang dan aku mikirnya uda parno. Bahaya ga ya, kan ngga kenal2 dan campur dari beberapa negara, mereka berisik ga ya. Eh tapi ngga lhoo. Kami cuma numpang tidur, dan bahkan ngga sempet ngobrol. Pokoknya had so much fun lahhhh.

    ReplyDelete
  3. Wah, menarik nih tips hematnya. Memang liburan ke Singapura selalu menggiurkan, tapi biayanya itu lho yang bikin mikir2 lagi kalau mau liburan ke Singapura, hehehe...

    ReplyDelete
  4. Dari sekian kapoan tahun aku belum pernah liburan ke luar negeri. Singapura bisa jadi rekomendasi pilihan liburan keluarga nih..

    ReplyDelete
  5. Kenapa ya kak fast foodnya lebih mahal. Brrti mending cari makanan lokalnya dong ya. Singapura emang terkenal bagus tapi biaya hidupnya mahal.

    ReplyDelete
  6. Bener banget. Apa-apa mahal di Singapura. Tapi uniknya, di sana kalau kita Muslim, penjual akan kasih tahu, makanan yg dijual non-halal. Akhirnya memang beli makanan Melayu aja. Hotel murah dapetnya di Little India, itupun kamar tanpa jendela...wkwk... Engga berani sih hostel, krn perempuan, kayak engga aman aja...

    ReplyDelete
  7. Wah bener-bener hemat budget banget nih. Ternyata ada triknya juga ya naik pesawatnya kak. Boleh dicoba nih buat jalan-jalan ke Singapura biar lebih hemat, hihi.

    ReplyDelete
  8. Semisal lagi pas transit di Singapore dengan waktu yang cukup lama bisa ya sekalian memanfaatkan halan² di sana. Cuma berarti harus kuat jalan kaki kalo jaraknya deket biar lebih hemat daripada naik Taxi yg lumayan haha

    ReplyDelete
  9. Ternyata ada strateginya ya untuk beli tiket pesawatnya jadi lebih murah. Lebih baik kalau makan fast food gitu mending di Indonesia aja ya kak, di sana bisa nyampe 10 dollar gitu, huhu.

    ReplyDelete
  10. Biaya hidup di Singapura terbilang masih cukup mahal ya, jadi tips liburan hemat ini cocok buat yg punya bujet liburan yg minim

    ReplyDelete
  11. Aku pribadi kalo lagi traveling mendingan nggak jajan fast food sih, Kak, apalagi yang di mana-mana ada. Bukan apa-apa. Kan lagi di daerah orang nih yaaa, kesempatan dong nyicipin kuliner lokal sana. Apalagi kalau ternyata lebih murah. Ujung-ujungnya nyari yang murah juga sih >.<

    ReplyDelete
  12. Catet nih siapa tau nanti ada rencana ke luar negeri juga. Oh fast food mahal ya kalau di Singapura, kirain gak beda jauh sama disini

    ReplyDelete
  13. Iya betul dulu pas ke Singapore dari Johor itu habis banyak di fastfood karena nggak tahu street food yang halal. Kalau kemana-mana memang enak naik MRT atau bus. Lebih murcee

    ReplyDelete
  14. Wah info yang menarik ini
    Ternyata liburan ke Singapura bisa hemat ya
    Kalau tahu caranya

    ReplyDelete
  15. Pingin juga nih jalan ke Si gapura some day. Benar sekali jika sedang plesir pertimbangan harga tiket, sewa kamar itu harus menjadi no 1 yg harus diperhitungkan.

    ReplyDelete
  16. Belum coba sih cara ini. Terutama yang balik lewat Senai di Johor. Kadang aku tuh liburan nggak mau ribet. Apalagi yg pas dikasih waktu liburan mepet.

    Jd ya harus cepet2 biar sat set asal bs on time perjalanannya. Tp kalo mau experience perjalanan plus pny wkt panjang liburan serta budget mepet ya cara ini bs dilakukan tuh. Kan bnyk bgt skrg komunitas backpacker yg sharing trip hemat ke berbagai negara.

    ReplyDelete
  17. Memang singapura ini jadi negara paling worth it buat liburan ya Kak. harga tiketnya lebih murah daripada ke daerah negara sendiri ya kak

    ReplyDelete
  18. Okey, tipsnya udah dapet tinggal pergi ke Singapuranya hehe. Aku kiranya beli fast food lebih murah daripada di cafe ternyata kebalikannya. Terus lebih baik gunain MRT daripada taksi oke noted banget

    ReplyDelete
  19. well noted nih kalau smodeay mau ke singapur. itu harga taxi dan hotelnya mahal banget yaaa, pantesan turis asing yang sering ke singapur kalo gak naik transpirtasi umum mending jalan kaki ke mana-mana. jalan kaki juga enak sih, selain kota nya emang bersih, rapi juga cityview nya bikin gak cape jalan kaki meski jaraknya jauh (gitu sih kata suami yang pernah kesana, hehehe)

    ReplyDelete
  20. semoga aku juga bisa bawa anak2 liburan ke singapura ya, Aamiin.. dari rulu penasaran sebagus apa Gardens by the bay

    ReplyDelete
  21. wah makasih tipsnya kak. aku belum pernah ke singapura nih dan memang katanya di sana mahal-mahal yaa tapi semoga nanti ada rezeki ke singapura

    ReplyDelete
  22. Di Singapura banyak tempat liburan gratis juga. Lha wong kalau mau jalan2 di bandaranya aja bs ngabisin waktu seharian. Yg gak kalah penting, kalau ke Singapura harus kuat jalan kaki.

    ReplyDelete
  23. Boleh juga nih tipsnya, bisa jadi bekal buat yang belum pernah ke Singapura kayak diriku biar bisa traveling ke sana dengan cara yang hemat. Semoga nanti ada rezeki. Aamiin

    ReplyDelete