MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Agar Rambut Tebal dan Tidak Rontok Buat Para Workaholic

Tips Agar Rambut Tebal dan Tidak Rontok Buat Para Workaholic
Add Comments
8 December 2023

Eh, kok rambut loe tipis? Pasti kebanyakan kerjaan. Stress kali bro. Jangan sampai pekerjaan membuat penampilan loe jadi tidak maksimal. Begitu lah celoteh saya kala bertemu dengan teman pasca 2 tahun tidak meet up.

Bagi sebagian orang, urusan menjaga penampilan itu memang penting termasuk dalam menjaga kualitas rambut. Tidak pengen kan, kualitas rambut yang semakin menipis mengganggu penampilan. Kemana-mana haru pakai topi agar tidak kelihatan. Makanya jika punya masalah rambut tipis, penting banget cari cara menebalkan rambut.

Jujur, masing-masing orang pasti memiliki genetika yang berbeda. Itu lah mengapa ada orang yang memang genetic rambutnya tipis. Tetapi perlu diketahui juga bahwa, urusan menambah volume rambut itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Bukan hanya dari luar tubuh tetapi juga dari dalam tubuh. Makanya penting banget menebalkan rambut agar bisa mendukung penampilan secara maksimal

Tips Cara Membuat Agar Rambut Bisa Tebal

Kata orang tidak ada sesuatu yang instan, “lah mie instan saja untuk dinikmati masih butuh proses penyajiannya” apalagi untuk urusan menebalkan rambut. Berikut tips membuat agar rambut bisa tebal

1.  Nutrisi dari dalam tubuh

Urusan menebalkan rambut itu bukan hanya sekadar perawatan rambut dari luar tetapi juga dibutuhkan perawatan dari dalam tubuh. Termasuk dengan cara konsumsi makanan bergizi untuk mendapatkan nutrisi yang tepat.

Beberapa makanan yang disarankan seperti ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dan daging merah yang mengandung zat besi bisa membantu dalam menyuburkan rambut. Selain itu sayur dan buah-buahan juga penting karena kandungan berupa vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin D, kandungan seng dan asam amino sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang lebat.

Nutrisi dari makanan ini lah akan membantu pertumbuhan rambut secara bertahap agar bisa didapatkan kualitas rambut yang lebat.

2.  Gunakan minyak zaitun

Mungkin masih banyak yang belum tahu jika minyak zaitun bisa digunakan sebagai salah satu minyak penambah ketebalan rambut. Jika ikan bisa menutrisi rambut dari dalam tubuh, maka minyak zaitun bisa membantu menutrisi rambut dari luar. Kandungan minyak zaitun berupa lemak sehat seperti asam oleat dan omega 3 dibutuhkan untuk perawatan rambut.

Minyak Zaitun

Caranya simple sih, oleskan minyak zaitun pada telapak tangan secukupnya terus lakukan pemijatan pada rambut dan kepala dari ujung rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 3- hingga 60 menit baru deh dibilas dengan air atau shampoo. Lakukan perawatan seperti ini, 2 kali dalam seminggu.

3.  Manfaatkan ekstrak lidah buaya

Sudah pada tahu kan ya, kalua lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tanaman yang bisa menjaga dan memperbaiki kualitas rambut. Bahkan banyak perawatan rambut menggunakan kandungan dari lidah buaya pada salah satu komposisinya.

Usut punya usut, ini karena lidah buaya memiliki kandungan berupa vitamin A, vitamin C, Vitamin E, Vitamin B12 dan kolin yang bisa membantu mengatasi masalah rambut rontok, kering dan membantu menjaga kesuburan rambut.

Cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut pun simple kok. Tinggal lakukan ekstrak lidah buaya dengan membuang kulitnya terlebih dahulu terus tambahkan madu dan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut. Pijat dengan halus dan tunggu hingga 30-60 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

4.  Rutin memotong rambut

Salah satu hal sepele tetapi terkadang luput untuk dilakukan adalah gunting rambut. Nah dengan melakukan gunting rambut maka bisa meminimalkan risiko kerusakan rambut, mencegah rambut kusut dan menghilangkan rambut bercabang serta menstimulasi pertumbuhan rambut sehat agar bisa tampak lebat.

Itulah mengapa pentingnya untuk selalu melakukan pemotongan rambut secara rutin. Jangan sampai ke skip lagi. 

5.  Kelola stres dengan bijak

Ini kok bisa ya, stress berhubungan dengan rambut lebat? Awalnya pun saya belum menyadari hal ini, hingga menemukan berbagai informasi dari para ahli. Ternyata nih ya, stress itu memang bisa mempengaruhi kualitas rambut.

Ketika orang stress maka akan mengaktifkan alopecia areata atau telogen effluvium sebagai penyebab rambut rontok. Kebayang banget kan, kalau hal ini terjadi terus-menerus maka lama kelamaan rambut rontok semakin parah.

Makanya penting banget untuk mengelola stress, agar rambut bisa tetap lebat dan tidak rontok. Kelola stress bisa dilakukan dengan cara kerja sewajarnya, melakukan hal menyenangkan dan me time pastinya.

Nah, buat yang ingin rambut lebat dan tidak rontok. Jangan lupa untuk tetap menutrisi rambut baik dari dalam maupun dari luar. Selain mengelola stress pastinya dan bisa diimbangi dengan olahraga rutin. Kerjaan lancar, rambut juga tetap sehat.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.