MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tiktok Shop Tutup, Begini Cara Agar Tetap Bisa Jualan di Tiktok

Tiktok Shop Tutup, Begini Cara Agar Tetap Bisa Jualan di Tiktok
Add Comments
8 October 2023

Kehadiran Tiktok Shop di Indonesia, bukan hanya sebagai bagian dari media sosial biasa tetapi juga membantu banyak UMKM dalam melakukan penjualan produk mereka secara langsung. Bahkan sangat membantu untuk tetap bisa produksi ketika pandemi kemarin.

tiktop shop tutup

Tetapi, pasca kontroversi dan tuntutan berbagai pihak atas Tiktok Shop ini, dimana banyak pedagang offline merasa sepi pembeli. Mereka mempermasalahkan hadirnya Tiktok Shop sebagai salah satu penyebabnya. Makanya pemerintah langsung merespon dengan keputusan regulasi tiktok shop dalam peraturan menteri perdagangan terbaru.

Keputusan menteri ini sebagai batasan atas transaksi yang terjadi pada marketplace dan sosial media. Batasan ini lah yang akhirnya mau nggak mau harus ditaati oleh Tiktok.

Regulasi yang Membuat Tiktok Shop Harus Tutup

Indikasi perdagangan tidak sehat pada platform Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) seperti tiktok shop menjadi salah satu alasan direvisinya Permendag No 50 tahun 2020 menjadi Permendag No 31 tahun 2023.

Pasal yang membuat tiktok shop harus tutup adalah pasal 21 ayat 2 dan 3. Adapun bunyi pasalnya sebagai berikut:

Ayat 2

PPMSE dengan model bisnis lokapasar (marketplace) dan atau social-commerce dilarang bertindak sebagai produsen sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang distribusi barang.

Ayat 3

PPMSE dengan model bisnis Social-Commerce dilarang memfasilitasi transaksi pembayaran pada sistem elektroniknya

Nah, dengan hadirnya 2 pasal tersebut maka mau nggak mau, Tiktok Shop pun harus tutup. Makanya jangan heran lagi jika dalam minggu ini ketika membuka aplikasi tiktok, keranjang kuning sudah tidak ada lagi.

Cara Jualan di Tiktok Pasca Penutupan Tiktok Shop

Setelah penutupan tiktok shop yang berlaku mulai tanggal 4 Oktober 2023, para Tiktokers yang terbiasa melakukan Live untuk jualan perlahan-lahan harus menyesuaikan diri. Dengan ditutupnya Tiktok Shop bukan berarti semua jalur rezeki juga ditutup.

Berikut cara yang bisa digunakan agar tetap bisa jualan dengan memanfaatkan Tiktok

1. Via Live Tiktok

Live tiktok memang didesain untuk aktivitas pemilik akun kepada para pengguna Tiktok secara langsung. Nah, aktivitas Live ini pasca penutupan Tiktok Shop maka tidak bisa dilakukan pembelian barang secara langsung.

Tetapi tenang saja, aktivitas Live tetap bisa dilakukan kok terhadap barang atau item yang ingin dijual sedangkan untuk proses checkout atau pun pembayarannya bisa menggunakan tambahan informasi seperti menyematkan link pembelian pada bio.

Live Tiktok


Penyematan link pada bio ini agar tetap sesuai regulasi sebaiknya diarahkan ke marketplace kesayangan seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan marketplace lainnya. Sehingga semua proses transaksi pembayaran hanya ada di platform Marketplace tersebut.

2. Via Postingan Tiktok

Sama halnya dengan Live Tiktok, Postingan Tiktok juga bisa digunakan sebagai salah satu media untuk promosi barang yang ingin dijual. Postingan-postingan terkait informasi barang tersebut tinggal dibuat secara mendetail termasuk motif, jenis, manfaat serta keunggulan barang yang dipromosikan.

Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan pesan pada postingan terkait proses pembelian barang tersebut via link pada bio dengan tetap mengarahkan pembeli ke marketplace yang dituju.

Oh iya, perlu diketahui juga bahwa saat ini penyematan link pada bio Tiktok hanya bisa menggunakan satu link saja. Jadi jangan lupa untuk memanfaatkan platform tambahan lainnya seperti Linktree agar bisa tetap customized banyak link penjualan meskipun cuma menuliskan satu url link di bio Tiktok. 

Salah satu kelebihan platform Linktree untuk dijadikan link pada bio adalah para pengguna diberikan banyak kebebasan untuk memasukkan bermacam-macam link sesuai keinginan. Bahkan, bukan hanya digunakan untuk proses penambahan link menuju marketplace yang diinginkan tetapi juga bisa sebagai media promosi. Entah itu promosi media sosial yang dimiliki atau malah barang baru yang akan segera dijual. Semuanya bisa kok. Selama masih memiliki tautan untuk disematkan pada Linktree.

Jadi, buat para penjual yang selama ini live dan memanfaatkan Tiktok Shop jangan bersedih. Tetap semangat untuk promosi barang via Live Tiktok dan Postingan Tiktok. Selain itu jangan lupa untuk semua proses transaksinya menggunakan marketplace terpercaya yang linknya bisa disematkan pada halaman profil Tiktok. Jualan bisa lancar, regulasinya juga ditaati.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.