MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Ingin Beralih ke Cloud VPS? Pahami Dulu Tips Memilih Cloud VPS Terbaik

Ingin Beralih ke Cloud VPS? Pahami Dulu Tips Memilih Cloud VPS Terbaik
Add Comments
10 June 2023

Pernah nggak sih merasa kalau website yang kita miliki tiba-tiba down karena ada lonjakan trafik yang signifikan? Atau pas contoh kemarin yang lagi ramai nge-war tiket konser, eh websitenya malah down. Nyesek banget kan.

Tips memilih cloud VPS terbaik

Nah, sekarang sudah ada teknologi yang namanya Cloud VPS alias virtual private server. Kehadiran VPS ini mampu memberikan kinerja website yang stabil dalam mengelola website tersendiri termasuk ketika adanya lonjakan trafik pengunjung. Makanya sudah banyak yang beralih ke VPS apalagi sekarang banyak banget vps murah Indonesia yang bisa dipilih.

Tetapi, perlu juga memperhatikan terkait cloud server Indonesia sebelum memutuskan memilih layanan penyedia VPS..

Berikut beberapa tips memilih cloud VPS terbaik:

1. Pastikan Sudah Memiliki Sistem Keamanan yang Baik

Sebagai bagian dari pengelolaan website, keamanan data pastinya sangat penting. Makanya perlu banget memperhatikan layanan penyedia VPS memberikan sistem keamanan data berlapis.

Mulai dari penyimpanan data secara redundan pada infrastruktur virtual private server dan memastikan sistem keamanan ekstra pada privat server tersebut.

2. Konektivitas Kuat

Urusan konektivitas menjadi salah satu faktor utama dalam memilih cloud VPS terbaik. Pastikan konektivitas jaringannya kuat agar ketika terjadi lonjakan traffic, website kita tidak akan down.

Saat ini beberapa penyedia layanan sudah menggunakan jaringan 10GBPs dengan IPv6 yang terhubung ke berbagai multiple exchange di Indonesia seperti JKT-IX, IIX, C2IX, NCIX dan OIXP. Pastinya ketika sudah terhubung ke multiple exchange, maka akan memberikan dampak kinerja jaringan yang optimal.

3. Sistem Pengelolaan yang Simpel

Pernah nggak sih merasa ribet dengan banyaknya antar muka yang tidak terintegrasi pada sistem pengelolaan website? Nah, berhubung ingin menggunakan cloud VPS, saat ini sudah banyak penyedia layanan yang menawarkan sistem pengelolaan yang simpel.

Mudahnya melakukan deploy dan mengelola server secara langsung tanpa ribet hanya dengan satu dashboard saja. Jadi lebih simpel. Makanya perlu banget memperhatikan hal ini, agar tidak membuat pusing kedepannya.

4. Kemudahan dalam Upgrade Kapasitas

Seiring berjalannya waktu, pastinya berharap website yang dimiliki juga ikut berkembang. Perkembangan website jika menggunakan cloud VPS otomatis dibutuhkan upgrade kapasitas.

Upgrade Kapasitas

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memilih cloud VPS terbaik adalah kemudahan dalam proses upgrade kapasitas virtual server. Baik upgrade secara horizontal maupun secara vertikal.

5. Harga Kompetitif

Kata orang sih, ada harga ada rupa. Tetapi jika jeli dalam memilih layanan, maka bukan sesuatu yang sulit jika nantinya menemukan penyedia layanan cloud VPS dengan harga kompetitif.

Banyak penyedia layanan yang memberikan penawaran VPS murah dengan performa yang lebih baik dengan fitur lengkap. Apalagi bisa disesuaikan dengan kebutuhan website yang kita miliki.

Contohnya nih, jika kita membutuhkan cloud VPS 4GB maka nggak ada salahnya untuk memilih penyedia layanan Nevacloud dengan nama paket Voyager 4GB seharga 300 ribu rupiah.

Cloud VPS


Nevacloud sudah menggunakan teknologi hybrid high availability sebagai teknologi hybrid yang dirancang untuk cloud vps server dengan kinerja optimal tetapi harga terjangkau. Dengan paket Voyager 4GB, user akan mendapatkan vCPU 2, RAM 4GB, Hybrid High Availability, Unlimited bandwidth, full root access dan dual stack IP address.

Pastinya sih, yang tahu kebutuhan website kita adalah kita sendiri. Tetapi jangan sampai salah dalam memilih layanan penyedia cloud VPS. Perhatikan tips diatas agar tidak terjadi lagi masalah website down jika adanya lonjakan trafik. Be a smart user.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.