MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Belajar Coding Untuk Anak SMA

Tips Belajar Coding Untuk Anak SMA
Add Comments
29 April 2023

Di zaman yang sudah serba canggih ini belajar coding merupakan kegiatan yang sudah sangat lumrah untuk dilakukan. Ini terbukti dengan semakin maraknya tempat kursus yang menyediakan kelas untuk program coding.

Belajar Coding
Pengikut dari kelas ini pun cukup beragam, ada dari kalangan mahasiswa, orang-orang yang sudah bekerja, bahkan ada juga pemula dari pelajar maupun lulusan SMA yang tertarik untuk mempelajari coding.

Apa Itu Coding?

Jadi, istilah coding dapat diartikan sebagai kegiatan memasukkan bahasa komputer yang supaya bisa terjadi komunikasi antara manusia dan juga komputer. Bahasa komputer ini bisa juga dikenal sebagai kode atau code. Maka kegiatan memasukkan bahasa sistem oleh programmer ini disebut dengan coding.

Tips Belajar Coding

Tips Mempelajari Coding

Saat ini pasti di antara kalian yang sedang sangat penasaran ingin belajar coding lebih jauh. Bagi Anda pemula yang tertarik mempelajari coding, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

Pahami Konsep 

Sebelum Anda mencari tahu lebih dalam mengenai coding, Anda wajib tahu 5 konsep dasar yang ada dalam coding. Diantaranya ada Variabel, Control Structure, Struktur Data, Syntax, serta Tools. 

Tentukan Bahasa Pemrograman

Perlu Anda ketahui bahwa bahasa pemrograman yang digunakan saat Anda melakukan coding tersedia dalam berbagai macam. Dan setiap bahasa pemrograman memiliki kegunaannya masing-masing. 

Seperti contohnya bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah game akan berbeda dengan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah website. Namun, secara umum konsep dasar dari masing-masing bahasa pemrograman memiliki dasar yang sama. 

Pelajari Bahasa Pemrograman

Karena saat ini tersedia berbagai macam bahasa pemrograman, maka ada baiknya jika Anda pelajari bahasa pemrograman satu demi satu dan jika Anda ingin beralih ke bahasa pemrograman lainnya, pastikan Anda sudah mahir dengan bahasa pemrograman yang sebelumnya.

Hal ini perlu dilakukan supaya Anda tidak bingung atau bahkan tertukar terkait cara penggunaan bahasa pemrograman satu dengan yang lainnya. Selain itu antara satu bahasa pemrograman dengan yang lainnya juga bisa saja memiliki cara operasi yang berbeda, atau sistem penggunaan yang beda. Jika Anda mempelajari hal tersebut secara bersamaan tentu Anda akan kewalahan. 

Membaca Buku

Saat ini buku yang khusus mempelajari tentang coding sudah banyak beredar di pasaran. Jika Anda tipe orang yang akan mudah paham tentang hal baru dengan membaca, maka tentu cara belajar seperti ini akan sangat cocok untuk Anda. 

Tips Belajar Coding untuk Anak SMA
Pilihlah buku yang menyediakan contoh dari setiap pelajaran coding agar Anda lebih mudah memahami isi pelajaran dari setiap materinya. 

Mengikuti Kelas Kursus

Supaya Anda bisa mempelajari coding lebih dalam, Anda bisa ikuti kelas kursus coding untuk pemula Dengan mengikuti kelas khusus tersebut tentu akan membuat Anda semakin mudah mempelajari berbagai hal mengenai coding. Bahkan ada juga kursus coding yang memberlakukan sistem pembelajaran secara online.

Selain itu, dengan mengikuti kursus Anda jadi memilik mentor serta rekan kursus yang bisa Anda jadikan sebagai tempat bertanya dan juga diskusi. Anda juga bisa mendapatkan sertifikat coding yang nantinya bisa Anda jadikan bukti bahwa Anda sudah pernah mengikuti kelas coding dan sudah berhasil menguasai semua materinya. 

Itulah tadi pembahasan seputar 5 tips yang bisa Anda jalankan jika ingin mempelajari coding dari nol. Pastikan Anda bisa belajar coding dengan sungguh-sungguh dan tidak mudah putus asa supaya bisa segera menjadi programmer yang mahir di bidang coding. 

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.