MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Menjaga Kesehatan untuk Para Pria Kantoran Masa Kini

Tips Menjaga Kesehatan untuk Para Pria Kantoran Masa Kini
Add Comments
30 March 2023

Macet, jam 8 ke 5, meeting dadakan, deadline numpuk hingga cuaca tidak menentu, pastinya adalah hal wajar kan ya buat pekerja kantoran. Apalagi ditambah dengan aktivitas lembur yang sering.

Tetapi, namanya juga pekerja yang butuh penghasilan, hal tersebut sudah menjadi rutinitas harian. Makanya penting banget untuk menjaga kesehatan. Karena kata orang, “kesehatan itu adalah awal dari segalanya”.

Bener juga sih. Kebayang banget kan ya, jika tidak sehat dan sakit-sakitan. Mau kerja, tidak bisa. Semua aktivitas pun bakal terhenti. Belum lagi teror tekanan dari kantor ketika sakit, yang ditanyain biasanya malah, “kapan sembuh” atau “kapan masuk kerja lagi”.

Jujur, sebagai pria yang kerja di kantor, jatuh sakit menjadi salah satu mimpi buruk. Makanya penting banget untuk menjaga kesehatan diri agar tidak gampang sakit.

6 Tips Menjaga Kesehatan Pria Kantoran

Nah, mau tahu seperti apa tips menjaga kesehatan untuk pria kantoran ala saya? Berikut penjelasannya.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Sedari zaman SD dulu, pastinya sudah pada tahu dong ya kalau energi yang kita gunakan untuk beraktivitas berasal dari makanan yang dikonsumsi. Makanya penting banget untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Perlu diingat juga, kalau makanan bergizi itu berbeda dengan makanan mewah.

Makanan bergizi merupakan makanan yang dikonsumsi dan mengandung nilai gizi seimbang lengkap dengan kandungan esensial yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral, lemak, kalsium, serat dan vitamin.

Kalau saya sih biasanya selalu makan nasi, telur, ikan atau daging, sayur, buah dan air putih. Terus, jangan sampai lupa untuk sarapan. Karena bukan hanya untuk menghasilkan energi di pagi hari tetapi juga membiasakan diri makan teratur. Dengan begitu, asam lambung bisa dikontrol.

Konsumsi Makanan Bergizi

2. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak yang tidak sadar akan manfaat air putih buat tubuh. Padahal banyak banget loh pakar yang menyarankan untuk konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

Air putih memiliki manfaat dalam membantu melancarkan pencernaan, menjaga tekanan darah, melembabkan kulit, membantu menghindari penumpukan lemak dan masih banyak manfaat lainnya.

Perbanyak Minum Air Putih

Makanya penting banget untuk membiasakan diri konsumsi air putih. Apalagi jika sudah memiliki tanda-tanda dehidrasi seperti air kencing berwarna kuning pekat atau bibir terasa kering. Jangan sampai hal ini terjadi. Ingat, selalu penuhi kebutuhan air putihnya.

3. Cukupi Waktu Tidur

Berbicara tentang waktu tidur, saya selalu teringat dengan lirik lagu Rhoma Irama, “Begadang jangan begadang. Kalau tak ada gunanya”. Nah, sering banget nih kita terlena dengan gadget yang dimiliki untuk menikmati entertain di malam hari hingga harus mengorbankan waktu tidur.

Bagi pria pekerja kantor seperti saya, sebaiknya tidur malam sekitar 7-9 jam per hari. Dan perlu diingat, tidurnya sebaiknya maksimal pukul 10 malam agar sistem organ tubuh bisa istirahat dan bekerja sesuai fungsinya.

4. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Saya terkadang sering bingung nih buat para pria kantoran yang suka merokok. Padahal jelas-jelas tertulis di kemasannya, “merokok dapat menyebabkan kanker , serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”. Tetapi tetap saja dilakukan.

Kalau saya sendiri, baik rokok dan minuman alkohol sangat anti. Kan sudah jelas ya, dua jenis barang tersebut efek ke tubuh jauh lebih berbahaya dibanding dengan manfaatnya. Makanya penting dan kudu harus ditinggalkan sih.

5. Rutin Berolahraga

Para pria kantoran pastinya sudah terbiasa dengan duduk lama di depan laptop atau komputer sehingga mengurangi pergerakan tubuh. Itulah mengapa saya sendiri terbiasa dan rutin melakukan olahraga. Nggak muluk-muluk kok, cukup dengan jogging seminggu 3 kali sebelum berangkat kerja sudah sangat membantu dalam menjaga kesehatan.

Rutin Berolahraga
Tetapi, ada juga rekan kerja yang melakukan workout atau renang setelah jam pulang kantor. Ini juga bagus. Intinya sih dengan olahraga bisa menjaga kesehatan jantung dan mengurangi stress.

6. Penuhi Kebutuhan Mikronutrien Esensial

Berbicara tentang mikronutrien esensial umumnya berasal dari makanan harian kita. Tetapi terkadang nih ya, asupan tersebut belum cukup terpenuhi. Makanya penting banget untuk memastikan dan memenuhi akan mikronutrien esensial. Salah satunya dengan mengkonsumsi Redoxon.

Sedari dulu kehadiran Redoxon sangat membantu dalam memenuhi mikronutrien esensial tubuh. Bahkan Redoxon hadir sejak tahun 1934. Makanya keahlian Redoxon sebagai salah satu produk vitamin C benar-benar tidak diragukan lagi.

Redoxon

Salah satu produk Redoxon yang beredar saat ini adalah Redoxon Triple Action dengan kandungan vitamin C, vitamin D dan Zinc. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa manfaat zinc buat tubuh itu banyak banget mulai dari memperkuat sistem imun, meredakan diare, membantu regenerasi kulit, meningkatkan kekuatan tulang hingga penyeimbang hormon testosteron buat para pria. Menariknya lagi, produk Redoxon ini bisa banget dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga untuk membantu memenuhi kebutuhan mikronutrien esensial. Agar tetap sehat dalam segala aktivitas.

Nah, buat kalian para pria pekerja kantoran. Jangan lupa untuk menerapkan tips kesehatan tersebut, agar kerja tetap lancar dan tubuh juga terjaga kesehatannya. Percaya deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.