MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Mudahnya Mencari Kerja dengan Dukungan Internet Cepat

Mudahnya Mencari Kerja dengan Dukungan Internet Cepat
Add Comments
4 March 2023

Saya masih ingat dengan baik, kala lulus kuliah dan bersiap mencari kerja. Semangat 45 untuk membuat CV, mengetik surat lamaran dan bolak-balik ke tempat fotocopy. Kebayang nggak sih riwehnya dan dana yang perlu dikeluarkan. Belum lagi harus ke kantor pos untuk mengirimkan surat lamaran. Bahkan nih ya, sampai rela door to door ke perusahaan-perusahaan yang diincar untuk mengirimkan surat lamaran kerja.

mencari kerja

Tapi, itu dulu. Semua sudah berubah. Kemajuan teknologi informasi benar-benar memberikan dampak positif. Masa peralihan proses melamar kerja pun saya rasakan. Dari mengirimkan surat lamaran via pos hingga berubah menjadi via email. Bahkan saat ini, hampir semua proses bisa dilakukan lebih efisien dan biaya minim.

Berikut perbandingan mudahnya mencari kerja sebelum dan sesudah zaman digital.

1. Mencari Lowongan Kerja

Dulu mencari lowongan kerja itu hanya mengandalkan pamflet yang ditempel di majalah dinding kampus. Semua informasi terkait lowongan pekerjaan dan persyaratannya tertulis disitu. Tetapi banyak yang terlambat melihat informasi itu. Alih-alih bisa bersaing yang ada malah penolakan karena telat mengirimkan berkas.

Sekarang dengan kehadiran berbagai platform dan aplikasi berbasis media teknologi semuanya jadi lebih mudah. Tinggal searching atau scroll di platform penyedia lowongan kerja, maka kita bisa memilih jenis pekerjaan sesuai kualifikasi, lokasi penempatan hingga perusahaan-perusahaan yang menjadi target tempat kita bekerja. Semuanya semudah menggerakkan telapak tangan di atas layar handphone.

2. Pengiriman Surat Lamaran Kerja

Seperti yang saya sampaikan di awal artikel. Dulunya nih ya untuk proses pengiriman surat lamaran kerja itu dilakukan secara manual. Rela lembur untuk print semua dokumen persyaratan dan segera mengirimkannya via kantor pos. Terasa banget kan ya, effortnya untuk proses mengirimkan surat lamaran ini.

Tetapi, semua sudah berubah. Hadirnya internet dan paket internet cepat seperti yang disediakan oleh IndiHome dari Telkom Indonesia benar-benar membantu para jobseeker untuk urusan pengiriman surat lamaran kerja. Tinggal mengirimkan via email dan melampirkan semua persyaratan kerja tersebut dalam bentuk softfile. Bahkan beberapa platform penyedia layanan kerja, tinggal menekan tombol “apply” maka proses pengiriman surat lamaran kerja berlangsung otomatis berdasarkan resume yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Proses Pemanggilan Tes Seleksi Kerja

Jujur, semua orang pastinya ketika melamar kerja berharap akan dipanggil secepat mungkin untuk mengikuti proses tes seleksi kerja. Nah, dulunya untuk menyampaikan hasil seleksi administrasi atas berkas yang kita kirim itu hanya mengandalkan komunikasi via telepon atau via balasan surat lamaran yang kita kirimkan ke alamat rumah.

Untungnya saat ini jauh lebih simpel. Beneran deh. Biasanya untuk proses pemanggilan tes seleksi kerja, diawali dengan surat pemanggilan tes seleksi via email atau whatsapp baru kemudian disusul via telepon jika belum ada respon dari pelamar kerja. Apalagi biasanya proses pemanggilan tes ini, tidak jauh dari tanggal deadline pengiriman berkas. Umumnya sih paling lama 2 minggu. Jadi, bisa lebih cepat prosesnya.

4. Wawancara Kerja

Jujur, tahapan ini yang paling mendebarkan. Terasa banget atmosfernya kala pertama kali dipanggil wawancara kerja di suatu perusahaan. Bingung sekaligus senang menjadi satu. Senangnya karena wawancara kerja itu termasuk tahapan penting untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang artinya kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki sesuai. Bingung karena merasa persiapan kurang. Belum lagi jika tempat wawancaranya di luar kota. Saya sendiri merasakan perjuangan wawancara kerja dengan menempuh ratusan kilometer dari tempat tinggal.

wawancara kerja
Kalau sekarang, berkat hadirnya internet semua serba online termasuk untuk urusan wawancara. Kehadiran internet cepat juga menjadi kunci sukses wawancara loh. Meskipun sekarang proses wawancara berlangsung online tetapi perlu banget memperhatikan kualitas internet yang dimiliki. Jangan sampai susah sinyal atau hang ketika wawancara berlangsung. Makanya penting banget punya layanan internet cepat ini, salah satunya jela menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia.

Nah, buat kalian yang merasa belum dipanggil-panggil untuk wawancara maka sabar saja. Kebayang kan jika kalian menjalani proses melamar pekerjaan zaman sebelum internet berkembang pesat seperti sekarang. Sambil menunggu panggilan, sebaiknya terus mengasah diri dengan berbagai kursus online agar ketika wawancara tiba sudah benar-benar siap. Tetap semangat.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.