MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Program Affiliate: Keuntungan dan Cara Mendapatkan Passive Income

Program Affiliate: Keuntungan dan Cara Mendapatkan Passive Income
Add Comments
18 March 2023

Pernah nggak sih terpikirkan cara mendapatkan passive income? Apalagi di era digital saat ini. Tetapi ternyata, ada juga loh cara populer untuk memperoleh passive income yaitu melalui program affiliate.

Mendapatkan passive income

Sebelum melangkah lebih jauh. Buat yang belum tahu nih, apa itu program affiliate. Jadi, program affiliate merupakan aktivitas jualan online tanpa memiliki produk sendiri, yang memungkinkan kita untuk mempromosikan produk atau layanan milik orang lain atau brand, dan menerima komisi dari hasil penjualan melalui tautan afiliasi yang kita bagikan.

Mendapatkan passive income melalui program affiliate dipilih karena kemudahan yang ditawarkan dan tidak membutuhkan produksi atau pengiriman produk. Simpelnya lagi, affiliate ini dapat dilakukan melalui akun media sosial atau aplikasi chat seperti TikTok, WhatsApp, Telegram, dan e-commerce.

Keuntungan Program Affiliate

Manfaat menjadi affiliate antara lain adalah dapat memilih jenis produk atau layanan yang sesuai dengan niche atau target pasar yang kita miliki. Sebagai contoh, apabila kita memiliki blog atau kanal YouTube tentang teknologi, maka dapat mempromosikan produk-produk gadget seperti smartphone, headset, earphone wireless, dan aksesoris lainnya yang berhubungan dengan gadget tersebut.

Selain itu, program afiliasi juga dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan passive income atau pendapatan pasif. Dengan cara ini, kita dapat terus menerima komisi penjualan dari setiap pembelian yang dilakukan melalui tautan afiliasi yang kita bagikan, tanpa harus melakukan pekerjaan tambahan.

Mendapatkan Passive Income

Apabila dilakukan secara sungguh-sungguh, memasarkan afiliasi dapat menghasilkan pendapatan hingga jutaan rupiah atau bahkan lebih. Hal ini dibuktikan oleh tiga affiliator Indonesia terkenal di Asia, yaitu Anne Ahira, Habibie Afsyah, dan Berto Saksono Jati. Mereka berhasil melihat peluang bisnis dari program afiliasi dan mengoptimalkannya sebagai strategi pemasaran yang efektif dan tepat guna.

Untuk mendapatkan pendapatan dari program affiliate, dibutuhkan strategi yang tepat dan efisien agar hasil yang didapatkan juga menjadi optimal. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain memilih produk untuk target pasar yang relevan dengan niche, menggunakan platform yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan, memberikan informasi yang akurat tentang produk atau layanan yang dipromosikan, menggunakan tautan afiliasi dengan strategis dan terlihat alami (tidak hard sell), dan menganalisis performa tautan afiliasi secara rutin.

Mendapatkan Passive Income dari Affiliate

Dengan menjalankan strategi yang tepat, program affiliate dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti keandalan perusahaan, tingkat komisi, dan metode pembayaran yang ditawarkan. Beberapa program affiliate yang cukup populer di Indonesia antara lain adalah Amazon Associates, Lazada Affiliate, Bukalapak Affiliate, Tokopedia Affiliate, dan Shopee Affiliate.

Affiliate

Namun, sebelum memulai program affiliate, pastikan bahwa produk atau layanan yang dipilih berkualitas dan bermanfaat bagi target pasar. Promosikan produk atau layanan tersebut secara jujur dan akurat, dan hindari melakukan tindakan spamming atau penipuan.

Dengan mempromosikan produk atau layanan yang tepat, kita dapat membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan audiens, sehingga mereka akan lebih mungkin untuk membeli melalui tautan afiliasi kita.

Penting untuk diingat bahwa affiliate marketing bukanlah cara cepat untuk menjadi sukses. Seperti disebutkan oleh situs perbandingan harga Pricebook, dibutuhkan waktu dan upaya untuk membangun reputasi dan mendorong penjualan melalui tautan afiliasi. Namun, dengan konsistensi dan kerja keras, program affiliate dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan di era digital saat ini.

Dalam menjalankan program affiliate, hal paling penting yang perlu diingat adalah keberhasilan memerlukan strategi yang tepat dan konsistensi dalam mempromosikan produk atau layanan yang dipilih. Modalnya pun minim, dan hanya membutuhkan perangkat smartphone. Affiliate dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan jaringan internet yang stabil, seperti fiber optik yang dimiliki oleh IndiHome dari Telkom Indonesia yang sudah terpercaya di mata masyarakat Indonesia.

Dengan kerja keras dan kesabaran, program affiliate dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan pasif yang signifikan.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.