MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Internet Putus? Bayar Tagihan WiFi Mudah dari Handphone

Internet Putus? Bayar Tagihan WiFi Mudah dari Handphone
Add Comments
3 March 2023

Orang-orang kini lebih memilih memasang WiFi untuk penggunaan jaringan internet saat di rumah. Selain proses pemasangannya yang mudah, pembayaran tagihan internet WiFi juga anti ribet. Pembayaran tagihan internet WiFi bisa dilakukan secara online melalui mobile banking. Apa itu mobile banking? Tentu sudah tidak asing lagi dan sudah banyak yang menggunakannya di era digital seperti sekarang. 

Bayar Tagihan WiFi
Mbanking adalah platform keuangan digital yang disediakan oleh perbankan untuk menyesuaikan kebutuhan transaksi di era sekarang. Salah satunya adalah layanan pembayaran tagihan internet. Beberapa perbankan telah bekerja sama dengan provider layanan internet agar penggunanya bisa melakukan pembayaran internet secara online

Dengan adanya layanan tersebut, pembayaran tagihan internet bisa Anda lakukan secara online dari mana pun dan kapan pun cukup lewat smartphone. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi apabila sewaktu-waktu internet WiFi Anda terputus. Anda bisa langsung melakukan pembayaran untuk mengaktifkannya kembali.

Tips Agar Internet WiFi di Rumah Tetap Lancar

Jaringan internet yang tidak stabil dan lemot pastinya akan membuat jengkel. Kondisi tersebut sangat mengganggu kenyamanan penggunanya. Apalagi ketika Anda sedang membutuhkan jaringan internet untuk bekerja, melakukan panggilan telepon, streaming video, hingga bermain game

Tips agar internet lancar

Jika jaringan WiFi di rumah Anda demikian, tidak usah khawatir. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membuat internet WiFi tetap lancar. 

1. Mengurangi Penggunaan Multi Perangkat

Pengguna internet kini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Bahkan satu orang saja sering menggunakan jaringan internet untuk banyak perangkat. Padahal pemakaian multi perangkat akan menyedot internet Anda dalam jumlah besar. Kondisi inilah yang kerap membuat internet Anda jadi lemot hingga tidak stabil. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi penggunaan multi perangkat jika ingin jaringan WiFi tetap lancar. Sebaiknya perangkat yang dihubungkan ke WiFi hanya perangkat yang dibutuhkan saja. Dengan begitu konsumsi internet Anda tidak berlebihan, sehingga koneksi bisa berjalan lebih cepat. 

2. Menyesuaikan Resolusi Streaming Video

Cara lain untuk membuat internet WiFi tetap lancar adalah dengan menyesuaikan resolusi streaming video, baik saat menonton YouTube atau layanan televisi digital. Pemutaran video dengan resolusi besar akan memakan daya internet sangat besar. Menonton video dengan kualitas HD atau resolusi tinggi memang lebih menyenangkan karena tampilan gambarnya lebih tajam dan jernih. 

Namun apabila hal itu membuat internet Anda lemot, lebih baik gunakan resolusi yang lebih kecil. Anda bisa memilih resolusi antara 360p -720p. Meski tampilannya tidak akan sebagus HD, namun tayangan video akan lebih lancar tanpa hambatan buffering

3. Menggunakan Perangkat Tambahan untuk Memperluas Jaringan

Tips selanjutnya untuk menjaga internet WiFi tetap lancar adalah dengan menggunakan perangkat tambahan. Anda bisa memakai perangkat seperti WiFi extender, WiFi booster, hingga WiFi repeater. Perangkat tersebut berfungsi untuk memperluas penyebaran jaringan internet. 

Perangkat tersebut sangat membantu ketika letak router cukup jauh dari jangkauan Anda. Dengan perangkat tambahan tersebut, jangkauan WiFi di rumah Anda bisa lebih luas sehingga internet akan tetap lancar. 

4. Pastikan Letak WiFi Mudah Terjangkau Sinyal

Perlu Anda tahu bahwa lokasi router WiFi akan memengaruhi kecepatan jaringan internet. Pastikan Anda tidak menaruh router di ruangan yang tertutup atau terisolasi. Posisi tersebut akan membuat WiFi sulit menangkap sinyal internet. Jadi taruhlah router di tempat yang mudah dijangkau oleh sinyal. 

5. Upgrade Paket Berlangganan Internet

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan internet WiFi adalah meng-upgrade paket langganan internet. Besaran paket WiFi menentukan kecepatan jaringan internetnya. Apabila di rumah Anda ada banyak pengguna internet, maka kebutuhan internetnya pun semakin besar. Supaya jaringan WiFi tetap lancar, Anda perlu meningkatkan paket berlangganan. 

Rekomendasi Paket WiFi untuk Internet di Rumah

Ada banyak provider penyedia layanan internet yang bisa Anda pilih untuk pemasangan WiFi di rumah. IndiHome dan Biznet menjadi dua provider yang paling banyak dipilih oleh pengguna Internet. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan dua layanan internet ini, berikut penjelasan daftar paket berlangganannya. 

1. Paket Internet IndiHome

IndiHome merupakan layanan internet yang disediakan oleh BUMN PT Telkom Indonesia. Sudah banyak orang Indonesia yang mengandalkan IndiHome untuk jaringan internet WiFi di rumah mereka. Paket internet yang ditawarkan IndiHome cukup beragam, mulai dari harga dan kecepatan internetnya. 

Berikut daftar harga dan paket internet IndiHome yang bisa menjadi pilihan Anda:.

2P Internet + Telepon (dengan Disney+ Hostar)

20 Mbps: Rp275.000 /bulan

30 Mbps: Rp315.000 /bulan

50 Mbps: Rp445.000 /bulan

100 Mbps: Rp795.000 /bulan

 

2P internet + TV (dengan Disney+ Hostar)

30 Mbps: Rp370.000 /bulan

50 Mbps: Rp595.000 /bulan

100 Mbps: Rp945.000 /bulan

 

3P (Internet + TV + Telepon) Penawaran Khusus

30 Mbps: Rp385.000 /bulan

50 Mbps: Rp615.000 /bulan

100 Mbps: Rp965.000 /bulan

2. Paket Internet Biznet

Biznet menyediakan layanan internet untuk perusahaan dan rumah. Paket internet yang ditawarkan oleh Biznet cukup bervariasi, dengan harga dan kecepatan internet yang berbeda-beda. Berikut daftar paket internet yang disediakan oleh Biznet. 

Biznet Home Internet 0C: Rp250.000 /bulan

Biznet Rumah Internet 1C: Rp375.000 /bulan

Biznet Home Internet 2C: Rp575.000 /bulan

Biznet Home Combo 1C: Rp575.000 /bulan

Biznet Home Combo 2C: Rp775.000 /bulan

Itulah pilihan provider WiFi yang recommended untuk Anda pilih. Di luar harga paket internet, Anda akan dikenakan biaya pemasangan perdana. Demi kemudahan pembayaran langganan WiFi, Anda bisa memanfaatkan mobile banking untuk melakukan transaksi secara online. Mobile banking yang menyediakan layanan pembayaran WiFi IndiHome dan Biznet adalah PermataMobile X. 

Menggunakan PermataMobile X untuk Membayar Langganan WiFi

Apa itu mobile banking PermataMobile X? Mobile banking ini merupakan platform keuangan digital yang disediakan oleh PermataBank. PermataMobile X dihadirkan untuk memudahkan penggunanya melakukan berbagai kebutuhan transaksi di era digital. Salah satunya adalah melakukan pembayaran langganan internet. 

PermataBank telah bekerja sama dengan Biznet dan IndiHome untuk menyediakan layanan pembayaran internet secara online melalui mobile banking PermataMobile X. Mobile banking ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store.

Selain layanan pembayaran langganan internet, PermataMobile X juga menyediakan ratusan fitur transaksi yang bisa Anda gunakan. Layanan yang tersedia, di antaranya transfer dana secepat kilat dengan BI-Fast, bayar tagihan (tagihan listrik, kartu kredit, dan lainnya), top up (paket data, e-wallet, voucher game, dan lainnya), cek mutasi rekening hingga 12 bulan, WhatsApp Gift, investasi Reksadana, mengelola kartu kredit (mengubah transaksi jadi cicilan dan aktivasi kartu kredit), pembayaran menggunakan QR Pay, tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash, dan Apply produk-produk PermataBank. 

Informasi lebih lengkap mengenai apa itu mobile banking PermataMobile X serta persyaratan dan cara pendaftarannya bisa Anda baca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.