MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Memilih HP Android Untuk Kebutuhan Content Creator

Tips Memilih HP Android Untuk Kebutuhan Content Creator
Add Comments
6 December 2022

Semenjak pandemi, banyak banget loh bermunculan content creator. Hal ini dikarenakan perubahan aktivitas yang awalnya kerja di kantor menjadi kerja dari rumah alias work from home (WFH). Nah, buat kalian yang ingin menjadi content creator pastinya dong pada penasaran dalam memilih HP android.

Tips memilih HP Android

Jujur sih, sekarang memang lagi happening content creator yang bermodalkan HP dan kuota saja. Nggak butuh peralatan canggih lainnya. Apalagi jika baru awal menjadi content creator. Agar benar dalam memilih smartphone, tidak ada salahnya loh untuk mengetahui tips dalam memilih HP Android.

Mau tahu, apa saja itu? Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih HP Android yang bakal menunjang para content creator pemula.

1. Pilih Dapur Pacu dengan RAM dan ROM yang Mumpuni

Mungkin masih banyak yang bingung disini, terkait perbedaan antara RAM dan ROM. Nah, jika dilihat dari definisinya, RAM (Random Access Memory) merupakan memori penyimpan data pada smartphone yang dapat diakses secara acak alias random dan bisa dihapus berkali-kali. Sedangkan ROM (Read Only Memory) merupakan memori penyimpan data pada handphone yang sifatnya tetap. Pastinya kapasitas RAM di HP selalu lebih kecil dibanding ROM.

Nah, jika ingin memulai pekerjaan sebagai content creator maka pilihlah HP android dengan RAM minimal 4 GB dan ROM minimal 128 GB. Semakin tinggi kapasitas RAM dan ROM yang dimiliki maka kemampuan dalam menyimpan data dan kinerja handphone juga semakin bagus.

2. Pastikan Memiliki Fitur Kamera yang Canggih

Content creator itu adalah pembuat content secara visual dan grafis kemudian dibagikan ke pengikut media sosial yang dimiliki. Makanya kenapa memilih smartphone juga harus mempertimbangkan kamera yang dibenamkan di perangkat tersebut. Agar nggak nanggung nih dalam memilih smartphone yang sesuai maka pastikan HP tersebut memiliki fitur kamera minimal 48 MP yang juga dilengkapi dengan kamera bokeh dan ultrawide.

Sedangkan untuk kamera depan, jangan lupa juga masuk dalam pertimbangan. Apalagi jika ke depan bakal sering live. Saran saya sih, pilihlah smartphone yang kamera depannya minimal 8 MP.

3. Perhatikan Kapasita Baterai yang Dimiliki

Meskipun banyak yang menyepelekan urusan baterai tetapi jika ingin menjadi content creator bermodalkan HP android, maka baterai harus menjadi perhatian juga. Tidak mau kan ya, ketika sibuk buat content, baru tengah jalan. Eh, baterainya lowbat. Otomatis buat contentnya di pending dulu.

Kapasitas Baterai Smartphone
Agar hal tersebut tidak terjadi, pilih smartphone dengan kapasitas baterai minimal 4000 mAh yang juga dilengkapi dengan fitur fast charging. Jadi jika benar-benar lowbat, maka proses pengisian dayanya bisa cepat.

4. Cermati Baik-Baik Media Transfer dan Konektivitas HP

Tahu kan ya, kalau sekarang zamannya sudah teknologi digital. Dimana konektivitas dan transfer data bisa langsung dilakukan tanpa kabel alias wireless. Berhubung hampir semua smartphone sudah mendukung hal ini tetapi tidak semua smartphone punya NFC (Near Field Communication). Padahal fitur NFC sangat membantu loh para content creator untuk melakukan aktivitas transaksi elektronik. Bahkan fitur ini, bisa langsung digunakan untuk pengisian e-money loh.

So, jangan lupa untuk memperhatikan fitur NFC pada smartphone sebelum memutuskan untuk membeli ya.

5. Sesuaikan Dengan Harga

Kata orang, “ada rupa ada harga”. Makanya memilih smartphone pun juga harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Apalagi jika ingin jadi content creator. Pastinya budget handphone juga menjadi pertimbangan. Tetapi tenang saja. Sekarang sudah banyak kok smartphone yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan harga 2 jutaan.

Infinix Hot 10T
Infinix Hot 10 T
Sebut saja HP Infinix Terbaik dengan spesifikasi mumpuni dan harga terjangkau pula. Dengan budget 2 jutaan, sudah bisa loh memiliki smartphone Infinix dengan RAM 4GB dan ROM 128 GB, namanya HP Infinix Hot 10 T. Untuk kamera juga sudah oke banget dengan kemampuan kamera belakang 48 MP dan kamera depan 8 MP. Cocok lah buat para content creator pemula dengan budget terbatas.

Oh iya, untuk update informasi dan rekomendasi yang bakal mendukung aktivitas content creator nggak ada salahnya loh untuk mampir ke ceklist.id. Pastinya bakal memberikan banyak ide dan insight dalam membuat content juga loh. Cobain deh dan jangan lupa tetap jadi content creator dengan content bermanfaat ya.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.