MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Review GajiHub Sebagai Aplikasi Absensi Mobile Gratis dan Terintegrasi

Review GajiHub Sebagai Aplikasi Absensi Mobile Gratis dan Terintegrasi
Add Comments
9 December 2022

Buat para pekerja pastinya tidak asing dengan yang namanya absensi kehadiran. Biasanya absensi ini bertujuan untuk melihat ketepatan waktu karyawan dan juga melihat produktivitas karyawan untuk kelancaran program kerja yang sudah dicanangkan.

Aplikasi Absensi
Nah, berbicara terkait absensi. Saya masih ingat dengan baik, kala kerja di salah satu pabrik daerah Jababeka. Dimana untuk proses absensinya menggunakan sistem check clock. Yaitu proses absen menggunakan mesin analog. Prinsip kerjanya sederhana. Ketika sebuah kertas dimasukkan ke dalam mesin tersebut maka akan tercetak waktu kehadiran.Kertas ini lah yang digunakan terus menerus dalam kurung waktu satu bulan.

Nantinya, akan ada tim admin atau HR yang bertugas khusus untuk mengumpulkan data kehadiran tersebut. Proses pengolahan data absensi menggunakan check clock ini benar-benar manual. Mulai dari menghitung jumlah kehadiran hingga memverifikasi status karyawan yang sakit atau cuti. Semuanya serba manual dan rawan error. Padahal absensi nantinya berhubungan dengan gaji karyawan.

Makanya saat ini terbantu sekali dengan berkembangnya teknologi digital termasuk didalamnya perkembangan aplikasi absensi karyawan. Apalagi sudah ada yang berbasis software atau aplikasi. Jadi, prosesnya sudah by sistem, namanya GajiHub.

Sebagai aplikasi absensi, pastinya GajiHub memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Terutama buat divisi HR. Mudah dalam aplikasi dan pastinya juga mudah dalam proses rekap absen.

Berikut review keuntungan menggunakan GajiHub sebagai software absensi untuk karyawan.

Akurasi Lokasi Absensi Berbasis GPS

Pernah nggak dapat kabar dari karyawan ketika ditanya, “posisi dimana?” dan jawabannya “sudah di kantor, sebentar lagi ke meja kerja”. Padahal aktualnya, karyawan tersebut belum berada di area kantor.

Nah dengan hadirnya GajiHub sebagai sistem absensi berbasis GPS maka hal tersebut bakal terdeteksi. Karena absensi karyawan bisa dilihat secara realtime dan akurasi lokasi pun bisa diketahui secara tepat.

Presensi berbasis GPS

Pastinya dengan menggunakan aplikasi absensi ini, data absensi akan terpantau secara akurat. Sesuai dengan penetapan lokasi absensi dan dukungan GPS serta foto selfie kehadiran.

Sudah Dilengkapi dengan Abuse Detection

Urusan absensi kerja terkadang memang memunculkan ide dan kreativitas dari karyawan untuk mencari celah. Apalagi jika memang karyawan tersebut sering telat dengan berbagai alasan. Celah yang bisa digunakan karyawan jika kantornya menggunakan absensi digital adalah fake absensi dengan menggunakan sistem fake GPS.

Abuse detection

Untungnya nih ya hal tersebut tidak akan terjadi jika menggunakan aplikasi presensi dari GajiHub karena memang sudah dilengkapi dengan software abuse detection. Cara kerja software ini dengan melacak GPS, IP address dan face recognition yang sudah dibenamkan pada sistem. Sehingga ketika menggunak fake GPS atau Fake IP Address maka sistem presensi akan menolak kehadiran karyawan tersebut. Ditambah lagi jika, face recognition nya berbeda.

Makanya aplikasi ini sangat sesuai untuk diterapkan dan mengantisipasi karyawan nakal terhadap sistem kehadiran.

Proses Approval Absensi Sudah Secara Online

Jika dulu, proses pengajuan cuti dilakukan dengan menggunakan form cuti yang dikirim manual ke HR dan untuk mengetahui apakah cutinya sudah di approve atau belum, harus rajin-rajin ngecek. Tapi itu dulu sih. Sekarang dengan adanya software absensi GajiHub semuanya bisa dilakukan secara online.

Approval presensi
Buat karyawan yang ingin cuti, pengajuannya bisa dilakukan secara online dari handphone yang sudah terinstall GajiHub. Begitupun dengan pemilik bisnis yang ingin melakukan approval, tinggal klik dan semua secara online. Rekapan data cuti, izin dan presensi bakal terekap dengan detail secara menyeluruh.

Mudahnya Melihat dan Mengatur Jadwal Kerja

Karyawan di pabrik pastinya familiar dengan sistem kerja shift dan rotasinya. Bahkan biasanya dalam satu shift rotasi terdiri atas 4 tim (masing-masing waktu kerja 8 jam) dengan pembagian, 1 tim kerja pagi, 1 tim kerja siang, 1 tim kerja malam dan 1 tim status off (libur). Dengan sistem kerja shifting seperti ini pastinya butuh pengaturan jadwal agar semua berjalan dengan baik dan lancar.

Mengatur jadwal shift
Melalui aplikasi kehadiran karyawan ini, pengaturan jadwal pun sangat gampang dilakukan. Tinggal atur dan setting jadwalnya sesuai jumlah tim dan jam kerjanya maka otomatis nanti akan tersinkron dengan jadwal yang muncul di handphone karyawan. Simpel banget pokoknya. Karyawan pun tinggal lihat jadwal masuk shiftnya di HP.

Sinkronisasi Jadwal Lembur dan Kunjungan External ke Klien

Biasanya kan kalau kita melakukan kunjungan ke klien di luar atau melakukan perjalanan dinas, otomatis kita tidak bisa melakukan presensi kehadiran di kantor. Begitupun ketika dibutuhkan kerja lembur. Di aplikasi GajiHub, hal seperti ini sudah otomatis terekap secara langsung menggunakan sistem approval.

jadwal lembur
Dimana karyawan yang melakukan kunjungan atau lembur, akan ada proses approval terlebih dahulu sebelum waktu lembur tersebut atau perjalanan dinas dilakukan. Sehingga semuanya bakal tercatat di sistem secara otomatis.

Dilengkapi dengan Fitur yang Terintegrasi Payroll

Presensi karyawan pastinya berhubungan langsung dengan sistem payroll. Karena memang jumlah hadir bakal menentukan besaran gaji yang akan dibayarkan untuk setiap bulan berjalan. Jika dulunya perhitungan absen masih manual baru kemudian dikonversi ke payroll sehingga membutuhkan waktu yang lama maka hal tersebut sudah nggak akan terjadi lagi.

Sinkronisasi Payroll
Dengan aplikasi GajiHub, urusan penghitungan gaji jauh lebih mudah dan cepat karena sudah terintegrasi langsung dengan presensi karyawan. Termasuk didalamnya perhitungan cuti, lembur, izin dan lain-lain. Semuanya dilakukan secara otomatis tanpa perlu manual lagi.

Kesimpulan Review GajiHub sebagai Aplikasi Kehadiran Karyawan

Hadirnya aplikasi GajiHub untuk proses absensi karyawan sangat membantu dan memudahkan para pemilik bisnis atau HR untuk mengontrol dan menghitung payroll berdasarkan waktu kehadiran.

Apalagi ditambah dengan fitur teknologi abuse detection dan pengaturan jadwal tim yang semuanya bakal mempermudah pengaturan kerja dan menghindari kesalahan data absensi. Kini semua kontrol presensi bisa berjalan cepat dan akurat dengan aplikasi mobile gratis dan terintegrasi dari GajiHub.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.