MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Mengulik Tentang Jenis Usaha Laundry secara Mendalam

Mengulik Tentang Jenis Usaha Laundry secara Mendalam
Add Comments
16 August 2022

Laundry merupakan jenis usaha yang diminati karena menguntungkan meskipun diawali dengan modal sedikit, operasional bisnis ini juga terbilang sederhana. Namun, bukan berarti bisnis ini tidak mengalami pasang surut dalam proses menjalankannya.  

Usaha laundry
Selama anda mengetahui hal-hal mendasar seputar binatu serta menyusun strategi bisnis dengan sematang mungkin, anda dapat menghindari masalah-masalah yang kerap terjadi dalam bisnis ini. Salah satunya adalah dengan mengetahui perbedaan antara jenis usaha binatu.

Pastikan sebelum memulai bisnis ini, anda mengetahui dengan pasti apa saja perbedaan antara jenis laundry satu dengan jenis lainnya, karena jenis yang anda pilih akan menentukan target pelanggan pengguna jasa binatu anda.

Berikut Ini Beberapa Jenis Usaha Laundry yang Perlu Anda Ketahui

  1. Laundry Self Service

Laundry Self Service

Self service laundry umum ditemukan di luar negeri, dimana proses mencuci ini dilakukan sendiri oleh pelanggan. Pihak outlet akan menyiapkan beberapa mesin cuci 1 tabung, yang kemudian proses mencuci akan dilakukan sendiri oleh pelanggan.

Umumnya sistem ini berjalan menggunakan koin, pihak binatu juga akan memberikan deterjen dan pewangi. Tersedia tempat duduk untuk menunggu cucian pelanggan hingga selesai tanpa adanya proses menyetrika.

Kelebihan dari jenis ini adalah menjadi solusi bagi pelanggan yang tidak punya mesin cuci, serta harganya lebih terjangkau dari binatu kiloan. Namun kekurangannya adalah karena seluruh proses dilakukan sendiri serta memakan waktu untuk penyelesaian cucian.
  1. Laundry Kiloan

Jenis ini sangat umum digunakan dan ditemukan, karena harga yang terjangkau dan mudah digunakan. Itu dia mengapa kita tidak sulit menemukan jenis laundry ini dimanapun. Selain murah, penanganan dari proses mencucinya terbilang cepat.

Namun terdapat beberapa kelemahan dari jenis binatu ini, yaitu pakaian umumnya akan langsung dicampur tanpa memilah pakaian sebelumnya. Selain itu, laundry kiloan hanya menyajikan proses melipat pakaian, sehingga baju yang harus digantung akan dihitung secara terpisah (satuan).

  1. Laundry Antar – Jemput

Laundry antar jemput atau dapat dikatakan juga sebagai on-demand merupakan jenis usaha yang berinovasi serta memberikan pelayanan lebih terhadap pelanggan, dimana prosesnya memanfaatkan aplikasi sebagai pendukung layanan agar mampu beroperasi.

Saku Laundry menjadi salah satu aplikasi laundry antar jemput yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis lebih mudah. Terdapat 2 akun pendukung yaitu akun driver dan akun customer yang akan saling terhubung untuk menjalankan proses mencuci meski pelanggan berada di rumah.

Kelebihan jenis ini adalah dapat membantu pelanggan yang memiliki kesibukan dan tidak ada waktu untuk datang langsung ke outlet. Nantinya driver akan melayani langsung pelanggan dengan menjalankan transaksi baik sistem pembayaran tunai maupun cashless, mengambil pakaian dan mengantarnya kembali.

Kelemahannya adalah pelanggan perlu merogoh kocek yang sedikit lebih mahal untuk biaya penjemputan serta pengantaran cucian, namun untuk wilayah terdekat umumnya pihak outlet akan membebaskan dari biaya pengiriman.

  1. Dry Cleaning

Dry cleaning

Dry clean merupakan metode mencuci tanpa menggunakan air sama sekali, melainkan proses memanfaatkan cairan khusus solvent berupa perkloroetilena (PCE). Umumnya jenis laundry ini digunakan merawat pakaian tertentu seperti jas, gaun, dan lain sebagainya. Kelebihannya adalah akan membuat pakaian lebih awet karena tidak menggunakan air. 

Selain itu, karena tidak menggunakan air dan deterjen maka prosesnya tidak mencemari lingkungan sehingga lebih eco friendly. Akan tetapi kelemahannya terletak pada harganya yang lebih mahal jika dibanding dengan jenis mencuci lainnya.
Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.