MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Jangan Salah Kaprah, Ini Loh Perbedaan Mini Soccer dan Futsal

Jangan Salah Kaprah, Ini Loh Perbedaan Mini Soccer dan Futsal
Add Comments
20 February 2022

Sudah pada tahu kan ya kalau sepakbola adalah salah satu olahraga favorit di Indonesia. Mulai dari level amatir di kampung, perkotaan hingga level atlet semuanya ada loh. Bahkan saking digemari, lapangan sepakbola selalu ada disetiap daerah. 

perbedaan mini soccer dan futsal
Nah, dibalik famous nya sepakbola, maka bermunculan lah cabang olahraga sejenis, sebut saja Futsal dan Mini Soccer.

Jika sepakbola umumnya dimainkan di luar area alias outdoor, nah khusus Mini Soccer dan Futsal itu ternyata bisa dimainkan baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor). 

Meskipun terlihat tampak sama, tetapi ternyata mini soccer dan futsal memiliki banyak perbedaan.

Mau tahu, apa saja perbedaan antara mini soccer dan futsal? Let’s go. Lanjut baca saja artikel ini.


1. Ukuran dan jenis lapangan

Tampak sama tetapi belum tentu persis loh. Makanya harus tahu nih ya, biar nggak salah lagi kalau ukuran dan jenis lapangan futsal itu berbeda dengan mini soccer.

Namanya saja mini soccer, jadi lapangan nya pun mengadopsi dari jenis lapangan sepakbola yang menggunakan rumput asli atau rumput sintetis. Berbeda dengan jenis lapangan futsal yang lebih banyak ditemukan dengan jenis lapangan berbahan dasar vinyl, parquet, karpet plastik dan beberapa rumput sintetis.

Ukuran lapangan mini soccer
Jenis lapangan mini soccer (sumber: Pixabay)

Dari segi ukuran lapangan, mini soccer memiliki ukuran standar internasional yaitu lebar 30 meter dengan panjang 50 meter. Terus futsal sendiri memiliki ukuran lebar sekitar 15-25 meter dengan panjang sekitar 25-42 meter. Jadi jelas kan ya, perbedaan ukuran dan jenis lapangan antara mini soccer dan futsal.

Bagi yang ingin membuat lapangan mini soccer jangan lupa untuk memilih kontraktor mini soccer yang terpercaya agar kualitas dan hasilnya juga oke.

 

2. Jumlah pemain

Buat penggemar futsal, pastinya sudah tahu kan ya kalau jumlah pemain setiap tim itu adalah 5 orang. Jadi untuk formasi bermain bisa menggunakan 2-1-1 atau 1-2-1. Hal ini berbeda dengan mini soccer yang jumlah pemainnya memang tidak sama dengan pemain bola ataupun futsal.

Jumlah pemain dalam satu tim pada mini soccer itu sebanyak 7 orang dan umumnya ada 3 orang yang mengisi bangku cadangan. Untuk formasi juga ada banyak. Formasi favorit mini soccer adalah 2-3-1, tetapi ada juga yang menggunakan formasi merapat 2-1-2-1, formasi tombak 1-1-3-1 dan formasi pohon 3-2-1.

 

3. Jenis bola yang digunakan

Meskipun hampir tidak terlihat dengan detail, tetapi ternyata jenis dan ukuran bola antara mini soccer dan futsal itu berbeda.

Untuk mini soccer biasanya menggunakan ukuran bola nomor 5 dengan berat sekitar 410-450 gram. Sedangkan futsal, ukuran bola yang digunakan adalah nomor 4 dengan berat sekitar 400-440 gram.

jenis bola mini soccer
Jenis bola (sumber: Pixabay)


Perbedaan jenis bola ini pastinya karena dipengaruhi oleh jenis lapangan yang digunakan dan otomatis akan mempengaruhi daya pantul bola.

 

4. Cara Bermain

Seperti yang diketahui bahwa jumlah pemain antara futsal dan mini soccer berbeda. Otomatis bakal mempengaruhi cara bermain. Tetapi baik futsal maupun mini soccer tidak memiliki aturan offside.

Untuk durasi bermain, hampir sama baik futsal maupun mini soccer yaitu 2 x 20 menit. Sedangkan pergantian pemain tidak terbatas jumlahnya yang penting diketahui oleh wasit. Perbedaan mencolok ada pada ketika bola keluar lapangan.

Nah, jika pada futsal, ketika bola keluar lapangan maka untuk memulai pertandingan maka bola wajib ditendang. Sedangkan untuk mini soccer, sama seperti sepakbola pada umumnya ketika bola keluar lapangan maka untuk memulai permainan maka bola harus dilempar masuk.

 

Dengan penjelasan diatas, makanya jangan sampai salah kaprah lagi ya antara futsal dan mini soccer. Simpelnya sih gini jika sepakbola itu adalah ukuran dan jumlah pemain paling banyak dan futsal adalah ukuran dan pemain paling sedikit maka mini soccer berada di tengah-tengah antara sepakbola dan futsal.

Setelah tahu perbedaanya, pastinya dong memiliki lapangan mini soccer bisa jadi ladang bisnis. Apalagi jika saat ini punya lahan kosong yang sesuai. Ditambah lagi olahraga ini sudah dijadikan lifestyle kaum urban selain joggng dan sepedaan.

Untuk memulainya pastikan memilih kontraktor lapangan mini soccer yang kredibel dan berpengalaman agar hasilnya sesuai dengan standar dan pengguna pun bakal puas. Cuan dapat, kualitas oke dan pelanggan jadi betah. Yuk, dimulai.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.