MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

5 Tips Membeli Mobil yang Perlu Diperhatikan

5 Tips Membeli Mobil yang Perlu Diperhatikan
Add Comments
29 December 2021

Memiliki mobil sudah pasti salah satu impian seseorang. Entah itu karena tuntutan pekerjaan atau memang karena kebutuhan keluarga. Tetapi, sebelum memutuskan ada baiknya memperhatikan tips membeli mobil.

 

Tujuannya agar bisa lebih yakin dalam mempertimbangkan segala aspek. Karena memiliki mobil bukan hanya mempermudah urusan mobilisasi ke depan tetapi juga pastinya menambah pengeluaran bulanan.

tips membeli mobil

Oleh karena itu penting banget untuk mengetahui 5 tips membeli mobil berikut:

1. Membeli mobil karena tuntutan pekerjaan.

Terkadang memiliki mobil bukan hanya untuk memenuhi gaya hidup tetapi memang sudah menjadi tuntutan pekerjaan. Apalagi buat masyarakat urban yang tinggalnya jauh dari tempat kerja. Mobil bisa jadi salah satu solusi yang tepat untuk memangkas waktu tempuh hingga menghemat pengeluaran.

 

Memangkas waktu tempuh artinya jika kita berangkat kerja yang awalnya menggunakan 2-3 moda transportasi yang harus pindah-pindah, maka dengan menggunakan mobil cukup sekali jalan langsung navigasinya ke tempat kerja.


2. Memiliki mobil harus sesuai dengan penghasilan.

Penting untuk diketahui bahwa, punya mobil itu pastinya bakal menambah pengeluaran bulanan. Nah, sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli sebuah mobil pastikan dihitung dengan baik dan seksama.

 

Memiliki mobil, bukan hanya memperhitungkan biaya bensin saja tetapi masih ada komponen lainnya mulai dari biaya service, toll, parkir hingga cuci mobil. Semuanya harus dimasukkan dalam perhitungan. Sebaiknya jika mampu membeli mobil secara tunai maka pilihlah secara tunai karena tidak lagi terbebani dengan biaya cicilan ke depan.

 

Tetapi jika dirasa, uang yang ada saat ini sebaiknya dikelola untuk hal lain maka jika ingin membeli mobil, pastikan biaya cicilan mobil maksimal 20-25 % dari total penghasilan bulanan. Jika lebih dari itu, maka siap-siaplah bakal mengambil alokasi lainnya dan ini tidak baik buat kondisi finansial kedepan.

 

3. Memilih mobil yang sesuai dengan aktivitas harian.

Aktivitas harian yang membutuhkan mobil bahkan hanya untuk tujuan kerja saja tetapi perlu juga mempertimbangkan aktivitas dan jumlah penghuni di keluarga. Sejatinya mobil yang bakal dipilih harus bisa menampung keluarga serumah. Minimal buat kita, istri dan anak.

 

Nah, pemilihan mobil yang family friendly sudah pasti bakal lebih nyaman dan membantu untuk mobilisasi segala aktivitas di keluarga kita. Ada banyak pilihannya, tetapi tipe MVP bisa jadi pilihan tepat.

 

Test Drive
Sumber website Auto2000


4. Sudah menerapkan konsep eco friendly.

Apa yang kita miliki tentunya memberikan dampak buat lingkungan. Jangan sampai ego kita lebih tinggi dibandingkan hal lainnya. Termasuk dalam hal memilih mobil yang tepat. Jika dahulu, mobil didesain sedemikian rupa sehingga tidak memperdulikan dampaknya terhadap lingkungan.

 

Nah berbeda dengan zaman milenial saat ini. Para produsen mobil sudah mulai berlomba-lomba dalam membuat mobil yang eco friendly. Artinya lebih ramah lingkungan. Mulai dari pemilihan material mobil hingga sistem pembakaran yang bakal lebih efisien. Tujuannya jelas, agar setiap pemilik mobil juga memberikan sumbangsih dalam menjaga kelestarian lingkungan.

 

5. Selalu memanfaatkan Test Drive.

Mungkin banyak diantara kita, jika ingin membeli mobil hanya mengandalkan omongan dari teman, membaca dari beberapa referensi tanpa langsung melihat wujudnya. Nah, disinilah fungsi utama dari Test Drive.

 

Oh iya, dalam dunia otomotif Test Drive adalah proses merasakan langsung sensasi mengendarai mobil yang ingin dibeli agar lebih yakin, lebih kenal dan lebih memahami fitur yang dimiliki. Nah untuk urusan test drive ini, saya sendiri merekomendasikan di tempat test drive Toyota. Loh kok Test Drive di Toyota sih? Nah ini nih. Kalian harus tahu dulu alasannya.

 

Coba deh, diingat lagi apakah di kota kalian ada Auto 2000? Kalau ada berarti anda berada pada pilihan yang tepat. 

 

Dahulu, sebelum bernama Auto2000 maka fokus bisnisnya adalah jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan suku cadang Toyota. Nah, dengan dunia digital yang berkembang pesat, maka Auto 2000 saat ini hadir sebagai e-commerce website penjualan mobil, suku cadang dan aksesoris Toyota di Indonesia.

 

Karena berbasis aplikasi, maka semua layanannya bisa kita nikmati semudah menggerakkan jari tangan di layar HP. Salah satunya adalah layanan Test Drive Toyota ini. 

 

Kalau dulu kan, untuk urusan Test Drive kita langsung ke showroom yang kita tahu tetapi permasalahannya adalah bisa jadi showroom tersebut jauh dari tempat tinggal dan ketika tiba, type mobil yang diinginkan tidak ada. Makanya mengapa memilih Test Drive Toyota yang berbasis web dan aplikasi. Berikut kelebihannya:

  

1. Langsung bisa memilih type mobil

Ini penting banget. Type mobil pastinya menjadi daya tarik kita untuk melakukan test drive. Contohnya nih, kalau kita tertarik dengan type MVP maka bisa memilih test drive dengan Innova atau Avanza. Terus buat yang senang berpetualang menggunakan SUV, maka Raize, Rush, Fortuner dan C-HR bisa jadi pilihan.

 

Test Drive Toyota

Selain menampilkan type mobil untuk test drive, pada aplikasi juga sudah menampilkan harga dari unit mobil yang diinginkan. Jadi, bisa disesuaikan dengan penghasilan dan kebutuhan sebelum memutuskan untuk test drive mobilnya.

 

2. Bisa pilih lokasi yang terdekat dengan kita

Pemilihan lokasi pastinya bakal jadi point plus agar proses test drive berjalan dengan baik. Hal ini sudah disupport banget kok sama Auto2000 karena kita tinggal pilih lokasi test drive yang kita inginkan. Apakah ingin lokasinya yang dekat dengan tempat kerja saat ini atau dekat dengan tempat tinggal. Semuanya bisa disesuaikan.

 

3. Tanggal fleksibel

Pernah tidak merasakan kalau tanggal pelaksanaan test drive sudah ditentukan oleh penyelenggara. Parahnya lagi kalau kita tidak bisa ikut karena kesibukan kerja di tanggal tersebut. 

 

Nah di Auto 2000, hal itu bukan lagi masalah karena kita sendiri yang menentukan tanggalnya.

 

Gimana,  sudah paham dan tahu tipsnya kan. Kini saatnya mempersiapkan diri dan melihat tabungan dulu. Agar ketika melaksanakan test drive Toyota bisa langsung bawa pulang mobilnya.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.