Resolusi Traveling 2019: Mengunjungi Destinasi Wisata Bernuansa Merah di Palembang Bersama RedDoorz


Traveling bagi setiap orang sudah menjadi kebutuhan setelah menjalani rutinitas kerja. Traveling juga bisa menjadi sarana untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali ke rutinitas semula. Terkadang traveling bukan hanya sekedar mengunjungi tempat baru tetapi juga bertujuan untuk memahami budaya lokal dan keanekaragaman yang tercipta disekitarnya. Seperti pada pencapain 2018 dengan berkunjung ke  Bea Muring, Nusa Tenggara Timur untuk menyaksikan langsung keindahan alam yang dititipkan sang pencipta dan mengenal lebih dekat budaya manggarai dalam seni tarian caci.


Resolusi Traveling 2019 bersama RedDoorz

 
Nah, berhubung 2019 sedang berjalan maka aku sendiri pun memiliki resolusi traveling yaitu mengunjungi destinasi bernuansa merah yang ada di Palembang. Bagiku, nuansa merah memberikan gambaran akan keindahan arsitektur, semangat dan kesegaran akan kontras warnya yang dihasilkan. Dan aku percaya, Palembang memiliki daya tarik tersendiri tentang nuansa merah tersebut mulai dari kelengkapan infrastrukutur , keindahan bangunan religi hingga kuliner yang menggoda selera. Tetapi, sebagai smart traveler sebelum berkunjung ke Palembang ada baiknya menyusun rencana perjalanan dan mempertimbangkan hal-hal berikut:

Resolusi Traveling 2019
Salah satu penari Caci di Bea Muring, Manggarai-Nusa Tenggara Timur

Waktu berkunjung

Sama seperti daerah di Indonesia lainnya, Palembang juga memiliki 2 musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Keindahan Palembang, akan sempurna tampak ketika musim kemarau tiba yaitu sekitar bulan April-September setiap tahunnya. Langit-langit akan berwarna biru sehingga kontras warna gedung dan destinasi wisatanya akan kelihatan dengan jelas. Hal ini sangat penting, tidak mau kan ketika jauh-jauh datang Palembang tidak bisa keluar penginapan karena hujan.


Pemesanan tiket pesawat

Ada banyak jalan menuju Palembang, bisa menggunakan bis dengan jalur darat menyusuri jalan Trans Sumatera atau menggunakan pesawat terbang. Bagiku, pesawat terbang merupakan alternatif paling effisien karena waktu tempuh yang cepat dan tidak perlu memakan banyak waktu. Tetapi untuk mendapatkan harga tiket terbaik, sebaiknya melakukan pembelian tiket 3-6 bulan sebelum berangkat. Hal ini bertujuan untuk menekan biaya tiket. Apalagi jika memanfaatkan keberadaan travel fair di kota tempat kita berada. Tujuannya hanya satu, lagi-lagi untuk menghemat biaya tiket pesawat. Karena biasanya, harga tiket pesawat sudah memangkas sekitar 40-50 % dari total budget liburan.

Pemilihan destinasi wisata dan penyusunan to do list

Keberadaan Palembang sebagai kota terbesar di Pulau Sumatera setelah Medan ternyata menyimpan berbagai destinasi wisata. Tetapi bagiku, resolusi mengunjungi destinasi bernuansa merah memiliki tantangan tersendiri yang wajib aku tuntaskan di tahun 2019 mulai dari penentuan tempat hingga to do listnya seperti berikut:

a)     Mengunjungi kemegahan Jembatan Ampera yang bernuansa merah

Jembatan Ampera sudah menjadi ikon bersejarah dari kota Palembang. Itu lah mengapa jembatan ini dijadikan sebagai destinasi utama ketika berkunjung ke Palembang. Warna merah meronanya menunjukkan kekuatan dan kekokohan struktur beton yang menghubungkan antara Palembang ulu dan ilir.
 
Resolusi Traveling 2019
Jembatan Ampera (sumber: blog.reddorz.com)

b)  Menyusuri sungai Musi untuk menuju Klenteng Merah-Hok Tjing Rio di Pulau Kemaro

Tepat di bawah jembatan Ampera terdapat perahu yang bisa digunakan untuk menyusuri sungai Musi menuju Klenteng Merah-Hok Tjing Rio yang dibangun pada tahun 1962 di Pulau Kemaro. Di Pulau ini nuansa etnis Tiongkok benar-benar terasa, mulai dari ornamennya hingga lukisan dan ukiran berwarna merah yang melambangkan keberanian dan semangat juang dibalik legenda tragis akan keberadaan Pulau Kemaro itu sendiri. Ini lah yang membuat saya tertarik untuk lebih memahami hubungan antara bangunan klenteng merah dan legendanya.
 
Klenteng Hok Tjing Rio (sumber: jejakpiknik.com)

c)    Berkelana ke Masjid Cheng Hoo Palembang dengan balutan ornamen merah

Keberadaan Laksamana Cheng Hoo yang merupakan kasim muslim tiongkok dari dinasti Ming (tahun 1403-1424) tidak terpisahkan dengan keberadaan Palembang. Sejak melakukan pelayaran keliling dunia, Cheng Hoo sempat 3 kali mengunjungi Palembang. Sehingga atas dasar tersebut, maka dibangunlah masjid Cheng Hoo dengan nama asli Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang. Ornamen merah yang sarat akan budaya tiongkok sangat kental menghiasi Masjid. Ini lah salah satu alasanku untuk segera mengunjungi Masjid Cheng Hoo di tahun 2019 dan menjadikannya rangkaian destinasi wisata merah Palembang.
 
Masjid Cheng Hoo (sumber: infokitanian)

d)   Menikmati makan siang di Pindang Umak dengan kuah asam merah yang menggoda selera

Puas berkeliling di kota Palembang, maka saatnya untuk mencicipi kuliner khas Palembang untuk makan siang, apalagi kalau bukan Pindang Umak dengan kuah asam merah yang benar-benar menggoda selera. Kuah asam merah dari pindang akan meninggalkan kesan segar ketika dinikmati. Nuansa merah pun juga bisa dinikmati dari makanan ini.


Pindang Umak (sumber:tribunnews.com)

e)  Memahami sejarah melayu dan budaya akan keberadaan rumah Limas dengan ornamen merahnya di Museum Balaputera Dewa

Destinasi berikutnya adalah Museum Balaputera Dewa untuk melihat sejarah budaya melayu sekaligus menyaksikan langsung bentuk rumah Limas dengan nuansa ukiran merahnya yang mengelilingi dinding rumah. Rumah Limas ini merupakan rumah adat Palembang berbentuk rumah panggung dan sempat muncul pada uang kertas pecahan Rp 10.000. Tempat ini akan menjadi penyempurna destinasi wisata bernuana merah dari segi budaya melayu Palembang.
 
Rumah limas di Museum Balaputera Dewa (sumber: travelingyuk.com)

f)    Segarnya menikmati es kacang merah dipadukan dengan cemilan asyik pempek kulit belah isi sambal cengek merah merona

To do list terakhir yang wajib dijalankan untuk menyempurnakan rangkaian destinasi wisata bernuansa merah adalah menikmati es kacang merah khas Palembang yang benar-benar menyegarkan suasana hati setelah seharian berkeliling. Apalagi jika dipadukan dengan cemilan asyik dan terkenal yaitu pempek kulit belah isi sambal cengek. Warna merah dari sambalnya benar-benar menggoyangkan lidah sangat cocok bagi pencinta pedas.

Es kacang merah (sumber: inibaru.id)

Semua destinasi dan to do list ini akan menjadi rangkaian bagaimana memahami keindahan, budaya hingga kuliner Palembang yang bernuansa merah. Nah, bagian terakhir yang tidak kalah penting setelah penentuan destinasi dalam penyusunan resolusi traveling 2019 adalah pemilihan akomodasi.


Pemilihan akomodasi yang sesuai budget

Berkunjung ke Palembang dengan menerapkan smart traveler salah satunya dengan pemilihan akomodasi selama liburan. Untungnya saat ini, sudah ada RedDoorz sebagai penginapan nyaman yang menawarkan harga terjangkau setara dengan hotel bintang 3. Apalagi RedDoorz memberikan 6 guarantee service demi meningkatkan kenyamanan saat tinggal. Apa saja itu?

Resolusi Traveling 2019 RedDoorz
6 guarantee service dari RedDoorz

1. Linen bersih

Hal paling utama ketika memilih suatu akomodasi adalah linen bersih. Nah, RedDoorz sendiri memberikan jaminan akan linen bersih setiap saat. Karena RedDoorz memahami bahwa, setiap kenyamanan berawal dari kebersihan kamar hingga detail linennya.

Resolusi Traveling 2019 RedDoorz
Linen bersih RedDoorz

2. Kamar mandi bersih

Memiliki pengalaman menginap ditempat lain dengan kamar mandi jorok seakan jarang dibersihkan akan mengurangi mood dalam berlibur. Untungnya, lagi-lagi RedDoorz memberikan jaminan akan keberadaan kamar mandi yang bersih setiap saat. Agar para pengunjung bisa nyaman dalam membersihkan badan setelah seharian mengunjungi destinasi wisata di Palembang.

3. Perlengkapan mandi

Jangan khawatir, jika liburan tidak membawa perlengkapan mandi karena RedDoorz memahami akan kebutuhan tersebut. Menginap di RedDoorz akan mendapatkan set perlengkapan mandi lengkap. Mulai dari handuk, sabun, sikat dan pasta gigi hingga pembungkus kepala. Jadi tidak akan panik lagi jika perlengkapan mandinya ketinggalan, malah akan betah untuk tinggal di RedDoorz.

Resolusi Traveling 2019 RedDoorz
Perlengkapan mandi

4. Keberadan televisi

Kamar tanpa televisi ibarat sayur tanpa garam. Kurang greget. Disini RedDoorz benar-benar memahami para tamunya dengan menyediakan televisi sebagai sarana hiburan dan informasi selama berada di kamar. Terkadang beberapa pengunjung butuh informasi agar tetap update selama liburan.

5. Ketersediaan air mineral

Selepas berkeliling dari tempat wisata dan tiba di kamar, terkadang rasa haus menghampiri. Dengan guarantee yang RedDoorz miliki, maka ketersedian air mineral pun selalu ada di kamar. Jadi masalah haus ketika pulang atau ketika bangun tidur, butuh minum pasti akan teratasi.

6. Wifi gratis

Dunia milenial dengan berbagai media sosial berbasis daring memang membutuhkan internet yang mumpuni. Jika menginap di RedDoorz tidak perlu khawatir untuk tidak update di media sosial karena RedDoorz menyediakan fasilitas gratis wifi sebagai layanan internet disetiap kamar hingga lobby.


Semoga resolusi 2019 ku, bisa tercapai bersama RedDoorz dan menerapkan smart traveling dalam setiap perjalanan. Karena bagiku, smart traveling adalah bagaimana bisa mengatur setiap rencana perjalanan se-effisien dan senyaman mungkin dengan budget tidak terlalu besar untuk menikmati keindahan dan aneka kuliner bernuansa merah di Palembang.


38 comments:

  1. Smoga resokusinya tercapai amib

    ReplyDelete
  2. Waaah Palembang, jadi pengen ke sana lagi.
    Rencana lebaran besok mau liburan ke sana lg sama keluarga. Dan mau coba2 cari penginapan pake reddoorz ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Destinasi merah bersama RedDoorz Palembang bisa dijadikan itinerary nih kalau kesana

      Delete
  3. Wah, destinasi dengan travelling merah ini seru banget ya kak. Aku terkesan banget sama kulinernya, terutama es kacang merah ini dipadu dengan pempek belah, mantaaaaaapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya. Memang Palembang juara juga dalam hal kuliner

      Delete
  4. Uwaaaahhh semuanya serba merah. Es kacang merah yang beneran paling menggoda, sama pemandangan jembatan Ampera. Serunya lagi kalau menginapnya di hotel Reddoorz yang bernuansa merah. Pas sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Itu lah mengapa, ini menjadi resolusi traveling 2019

      Delete
  5. Wuaaaaa itu resolusinya semua bikin mupeng. Aku juga belum kesampaian mengunjungi tempat2 cantik itu
    Jembatan Ampera doang yang udah, 12 tahun yang lalu. Belum secantik sekarang. Makanya kudu diulang ke Palembangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Apalagi infonya sudah ada LRT disana. Jadi ingin cepat2 melaksanakan Resolusi Traveling 2019 ini

      Delete
  6. Red Doorz ini banyak yang harganya terjangkau...mungkin lebih oke lagi, kalau juga sekalian sarapan. karena sedikit yang menyediakan sarapan sekalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya. RedDoorz sebagai hotel budget mungkin kedepan, sarapan sebagai service guarantee juga

      Delete
  7. Ah ya itu Pulau Kemaro. Sangat terkenal kalau ke Palembang ya. Apalagi traveling nya sudah pesan penginapan melalui reddors akan terasa lebih lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Memang Palembang luar biasa. Jadi ingin segera melaksanakan Resolusi Traveling 2019 ini

      Delete
  8. Asyik, noted.
    Kebetulan ada kenalan yang bisa saya kunjungi juga disana.
    Kalau ada rezekinya untuk pergi ke Palembang saya kunjungi beberapa list tempat di atas, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik. Jadi ada lokal guide. Pasti menyenangkan

      Delete
  9. huah warna kesukaan nih merah :) belum pernah euy ke Palembang semga bisa mampir sana :) btw red doorz emang mantul yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. RedDoorz memang mantul. Apalagi dengan 6 service guarantee nya.

      Delete
  10. Wi-fi ini nih yang membuat hati damai kalau menginap dan travelling, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Pastinya, agar tetap selalu update ya.

      Delete
  11. Saya kesemuanya sudah dikunjungi dan baru mudeng iya..ya, di Palembang banyak juga destinasi bernuansa merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Mohon doanya, semoga bisa terlaksana Resolusi Traveling 2019 ini

      Delete
  12. Destinasinya keren-keren banget. Menginap di RedDoorz juga recommended nih kelihatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya. RedDoorz memberikan 6 jaminan servis yang luar biasa untuk Resolusi Traveling 2019

      Delete
  13. Penginapannya bagus ya, bersih. Standart reddoorz memang gitu ya ...
    btw, jadi pingin ke Palembang saya mbak baca tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Standar RedDoorz memang sebagus itu dan harga terjangkau untuk menjalankan Resolusi Traveling 2019

      Delete
  14. RedDoorz bikin biaya akomodasi jadi lebih terjangkau ya. Jadi penasaran pengen nginap di jaringan hotel RedDoorz yang ada di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Benar2 terjangkau kok untuk setiap rencana perjalanan, apalagi untuk Resolusi Traveling 2019

      Delete
  15. Saya belum pernah ke Palembang , Mas..itu pindang umak dan es kacang merahnya sungguh menggoda ya..hmm mantap jiwa tuh.
    Oh ya RedDoorz memang pilihan ya...terjangkau dengan failitas wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Makanya Resolusi Traveling 2019 ingin ke Palembang bersama RedDoorz

      Delete
  16. Ku juga pengen banget ke Palembang. Semoga tahun ini bisa trip kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga Resolusi Traveling 2019 bisa ke Palembang juga mba

      Delete
  17. Kelentengnya indah sekali. Lucu juga travelling yang merah merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Benar. Makanya Palembang cocok untuk destinasi bernuansa merah sebagai Resolusi Traveling 2019 bersama RedDoorz

      Delete
  18. Wah banyak tempat2 eksotis yg harus dikunjungi nii. Postingan yang menginspirasi sekaligus rekomendasi bagi traveller amatir seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Siapa tahu bisa mengikuti to do list nuansa merah dari Resolusi Traveling 2019 ini

      Delete

Powered by Blogger.