5 Tips Hemat Liburan ke Kuala Lumpur

Liburan ke luar negeri sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian warga Indonesia, terlebih lagi mudahnya akses untuk mendapatkan informasi terkait negara tujuan. Salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi adalah Kuala Lumpur. Ibukota negara negeri jiran ini, menyajikan berbagai wisata yang serba lengkap dari wisata alam, belanja, kuliner hingga arsitektur, semua tersaji disana. Tetapi, jika tidak mengetahui tips hemat liburan ke Kuala Lumpur, maka pembengkakan biaya akan terjadi. Berikut 5 tips hemat jika ingin berlibur ke Kuala Lumpur.

Menara Kembar Petronas

Pesawat Menuju ke Kuala Lumpur.

Saat ini, sudah banyak maskapai yang menjadikan Kuala Lumpur sebagai Connecting Terminal, baik maskapai full service maupun berbiaya murah (Low Cost Carrier) dan dampaknya biaya tiket pesawat menuju Kuala Lumpur pun jadi lebih murah dibandingkan kota lainnya di Malaysia. Salah satu maskapai berbiaya murah yang sering dijadikan pilihan bagi para wisatawan Indonesia adalah Air Asia. Maskapai LCC satu ini, sangat sering mengadakan promo penerbangan menuju Kuala Lumpur dari beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Palembang, Medan dan kota lainnya. Sebagai maskapai berbiaya murah, tidak jarang tiket pergi-pulang ke Kuala Lumpur dari Indonesia dikisaran kurang dari 1 juta rupiah. Apalagi, jika sering memanfaatkan program Final Call dari Air Asia. Hanya dengan menukarkan poin Big Airasia dan membayar Airport Tax beserta biaya service nya, maka sudah bisa melakukan penerbangan ke Kuala Lumpur. 

KL Tower


Penginapan.

Ada banyak pilihan penginapan yang tersaji di Kuala Lumpur mulai dari kelas Bintang 5 hingga yang tidak memiliki Bintang (Hostel). Jika penginapan hanya ditujukan untuk kepentingan tidur malam saja, ada baiknya untuk mencoba penginapan di hostel yang menyediakan tipe kamar dormitory/bunk bed. Tipe kamar ini, akan menyediakan tempat tidur susun dimana dalam satu kamar bisa terdiri dari 6-16 tempat tidur. Kamar ini sangat cocok untuk rombongan yang ingin menikmati tidur dalam satu ruangan bersama, selain berguna untuk menghemat biaya penginapan. Tetapi, jika bepergian sendiri, terkadang di kamar ini bisa mendapatkan teman baru seperjalanan. Selain itu pula, saat ini ada beberapa pilihan hotel yang membedakan biaya menginap tanpa sarapan pagi. Nah, untuk penginapan tanpa sarapan pagi pun bisa menjadi pilihan hemat selama berkunjung ke Kuala Lumpur, sambil jalan-jalan disekitar penginapan untuk menikmati sarapan pagi yang murah meriah. Pemesanan penginapan, bisa dilakukan sendiri tanpa harus memesan di Travel Agent. Sudah banyak layanan penyedia pemesanan penginapan di internet, silahkan dipilih sesuai selera dan jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan masing-masing penyedia layanan. 

Banyak Penginapan disekitar Pasar Seni



Transportasi

Kuala Lumpur sudah dari dulu terkenal dengan lengkapnya sistem transportasi dalam dan luar kota. Khusus dalam kota sendiri, ada banyak pilihan kendaraan yang bisa menjadi pertimbangan untuk menikmati setiap sudut kota Kuala Lumpur, baik itu Taxi, rapid bus, MRT, LRT ataupun monorail semuanya terkoneksi di Sentral KL. Tetapi, jika ingin melakukan penghematan transportasi selama menikmati wisata di Kuala Lumpur maka bus “GO KL” adalah pilihannya. Bus ini akan menjadi pilihan liburan hemat untuk melintasi hampir semua destinasi wisata yang tersebar di semua titik di Kuala Lumpur, seperti Menara Kembar Petronas, Suriah KLCC, KL Tower, Bukit Bintang, Masjid Jameek, Masjid Negara, Pasar Seni, Petaling street dan destinasi lainnya. Selain menawarkan rute lengkap, bus “Go KL” pun bisa dinikmati secara gratis, asalkan naik dari Halte bus yang dilewati. Ciri-ciri halte tempat pemberhentian bus “Go KL” adalah disekitar Halte akan terpampang dengan jelas tulisan line dari “GO KL” beserta rute tujuannya.

Bus "Go KL" (sumber: www.boundfortwo.com)


Kuliner

Berkunjung ke Kuala Lumpur tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner setempat, apalagi negara ini terkenal dengan Nasi Lemak. Hampir disetiap kedai maupun restoran di Malaysia, nasi lemak menjadi menu favorit. Jika hanya untuk mencoba bagaimana rasa dari nasi lemak dengan biaya murah, maka belilah di kedai-kedai yang ada di emperan toko sepanjang area wisata sekitar China Town, Puduraya dan Bukit Bintang. Selain itu juga, surga kuliner malam Kuala Lumpur ada di Jalan Alor. Disini kita bisa menikmati makan malam dengan para wisatawan asing lainnya. Harga makanan yang ada di Jalan Alor pun cukup bersahabat dengan berbagai varian menu dan kedai yang menutupi sepanjang mata memandang hingga larut malam.

Kuliner Kuala Lumpur


Paket Internet 

Liburan tanpa internet, serasa sayur tanpa garam. Sekarang paket internet sudah menjadi kebutuhn premier para wisatawan, selain untuk memberi kabar keluarga dan kerabat yang ditinggalkan menggunakan layanan perpesanan berbasis internet seperti Whatsapp, LINE dan BBM, paket internet pun bertujuan untuk mengupdate dunia sosial media tanpa harus mengandakan Wifi yang hanya tersedia di penginapan. Di Kuala Lumpur, berbagai provider menyediakan beberapa paket data dan telepon yang ramah terhadap turis dengan biaya hemat, kurang dari 150 ribu selama 1 minggu tergantung besarnya paket data yang ditawarkan. Bandingkan jika menggunakan layanan international roaming yang bisa mencapai 150 ribu per hari. Syarat untuk membeli paket internet di Kuala Lumpur pun sangat gampang, cukup dengan menunjukkan paspor pada saat pembelian, maka proses registrasi dan aktivasi paket internet pun bisa langsung dilakukan, mudah dan hemat. Jadi tidak perlu khawatir lagi kesulitan mengupdate status, foto dan kegiatan selama liburan.

The Cube-Bukit Bintang


Jadi sekarang waktunya mempersiapkan cuti dan mengangkat koper untuk liburan ke Kuala Lumpur yang hemat dan meriah tanpa harus menguras kantong.

72 comments:

  1. makasih mas tamy infonya ..bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat banget nih infonya, Bang. Noted lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Terimakasih sudah mampir mas Achi

      Delete
  3. berguna banget tipsnya buat aku yg belum pernah ke luar negeri ahahaha. paspor aja blm punya *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal buat paspor, ambil no antriannya di Play store "Antrian Paspor". Langsung terapkan tips diatas.

      Delete
  4. langsung ngurus pssport aaaah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa untuk install "Antrian paspor" di Playstore untuk menjadwalkan pembuatan paspor khusus Jakarta

      Delete
  5. Trimakasih infonya Kak Taumy... Lengkap banget 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak. Terimakasih sudah mampir

      Delete
  6. Tipsnya berguna banget ini, thanks Mas.

    ReplyDelete
  7. Hhhmmm.. Di KL blm ada wifi on the go yg bisa diakses publik y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa spot sih yang memang "open for public"

      Delete
  8. Aku juga suka tuh naik pesawat yang LCC. Lumayan banget. Tapi beberapa kali ke KL, nginapnya cuma sebentar. Cuma transit paling lama satu malam trus lanjut ke kota/negara lain. Kapan2 mau ikutin tips ini, ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss kita, kak Nunik. LCC benar-benar membantu untuk Flashpacking negara tetangga.

      Delete
  9. Makin penasaran nih sama KL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak. Mumpung minggu ini ada free seat Airasia untuk penerbangan mulai dari bulan September 2018.

      Delete
  10. Kalau penginapan di KL pasti pilihannya di Bukit Bintang sama Pudu ya, Bang? Temenku bilang di situ murah-murah. Dan deket lokasi kuliner juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Benar sekali, karena tempat itu sudah menjadi pusat turis. Saya sih lebih senang nginap di Bukit Bintang

      Delete
  11. Mantap nih tipsnya Mas..makasiiih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak. Terimakasih sudah mampir.

      Delete
  12. Noted pisan ieu. Terimakasih informasinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak Tuty. Terimakasih ya sudah mampir

      Delete
  13. Aku blm pernah ke KL, noted nih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat bisa kesana ya kak. Aamiin

      Delete
  14. Kapan-kapan pingin nyobain tidur di hostel, mudah-mudahan aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah aman kak Ris. Malah bisa nambah teman baru, kalau berangkatnya sendiri

      Delete
  15. kalo saya nginep lebh murah ga di hotel.. tapi di tempat umum kayak terminal atau yg lainya hehehe nice info bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nginap di tempat umum di negara tetangga perlu mempertimbangkan nama baik negara juga, jangan sampai masuk berita "Liburan ke Luar Negeri, tetapi tidak mampu membayar penginapan". kalau memang budget rendah, bisa memanfaatkan Couchsurfing.

      Delete
  16. Baca ini jadi inget passport saya yg saya lupa taro selesai dr KL taun lalu. Belum ketemu euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh. Lumayan kak, kalau hilang. Buat baru lagi, bayar 355 ribu untuk paspor biasa

      Delete
  17. Air asia malah pernah yang gratis kursi 0 rupiah. Kalo ditotal-totalin dengan biaya yg lain-lain tetap murahhh.. Ngebantu banget buat yg mau ngetrip murah. Btw makasih infonya, Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kak, minggu ini lagi ada promo kursi gratis Airasia. Tapi AirportTax nya CGK sudah naik jadi 230ribu. Minimal bayar 230ribu jadinya.

      Delete
  18. Lengkap sekali infonya Mas. Yuk ah kubers ke KL rame2 kita. Aku kalau ke ML biasanya nginep di KL Central atau Masjid Jamek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak Yun. Nanti saya jadi CP deh 😀

      Delete
  19. informatif banget tipsnya hihihi

    ReplyDelete
  20. Duh duh, ini infonya bener² ngajak pembaca buat backpackeran ke sana. Bener-bener racun nih Mas wkwkwk, jadwalin lah dari sekarang buat ke sana hihihi🤣

    ReplyDelete
  21. Replies
    1. Pas sekali. Tips ini buat yang ingin ke KL 😁

      Delete
  22. Nice info, mas. Yang terpenting bisa update waktu liburan ke KL yak, paket internet jadi info sangat-sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Minimal fungsinya untuk kirim kabar ke keluarga

      Delete
  23. Mas Taumy foto dr bawah keliatan tinggi banget... *Salfok hehe
    Btw bermanfaat banget ini infonya mas.

    ReplyDelete
  24. Mantep nih mas infonya, tinggal berani ga ya aku jalan sendiri. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus baca bukunya Trinity sepertinya kak Elsa ini

      Delete
  25. Makasih bang taumy infonya.. bermanfaat nih buat yang blm pernah ke KL kayak saya. Ahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Malah bagus, sudah bisa dipersiapkan dari sekarang.

      Delete
  26. Replies
    1. Kalau cuma flashpacking, 1.5 juta sudah melimpah.

      Delete
  27. thx ceritanya... jadi semangat pengen nulis info2 selama jalan ke luar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Bang. Semakin banyak informasi cara ke luar negeri, semakin mempermudah rekan-rekan lain untuk berkunjung

      Delete
  28. Terima kasih atas tipsnya. Bermanfaat bgt bt saya yg belum ke Malaysia haahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak. Buat paspor dulu, jika belum punya

      Delete
  29. Paling suka baca artikel trip hemat. Bikin pingin jalan jalan terus

    ReplyDelete
  30. Wah baru tahu... Boleh juga nih. Tapi saya mas aku durung wani munggah pesawat wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mosok toh? Tinggal masuk pesawat, duduk, pasang sabuk, wes turu. Aman.

      Delete
  31. Belum kepikiran si buat jalan-jalan ke luar Indonesia, karena belum ada budgetnya hahaha....

    Tapi tipsnya akan aku ingat-ingat bagaimana nanti biar bisa ngirit

    ReplyDelete
  32. Bener banget tuh,mendarat langsung cari yg jualan kartu utk internetan. Ga ada internet mati gaya. hahah
    https://helloinez.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Malah sempat lihat, ada yang jual kartu AS International di KLIA 2

      Delete
  33. tipsnya dicatet.. cara saya menghemat ketika ke malaysia adalah dengan numpang ke temen yang asli malaysia,,, hehehe

    ReplyDelete
  34. Terimakasih infonya mas Taumy. Kebetulan Juli 2018 saya dapat tiket promo AA ke KL yang cuma bayar 270k pp , dan di lanjut KL-Aceh PP dengan biaya yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Madi. Semoga bermanfaat ya. Promo free seat AA memang selalu memberikan kesempatan buat orang2 yang jeli otak-atik peluang rute terbaik.

      Delete
  35. Gak dcanrumin di KL wisatanya apa aj? Yg bagus2 aplg yg free, hehehee

    ReplyDelete

Powered by Blogger.