MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Masalah yang Sering Muncul Pada Truk dan Solusinya

Masalah yang Sering Muncul Pada Truk dan Solusinya
Add Comments
1 May 2025

Bagi pemilik truk, pastinya sudah mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli. Tetapi umumnya, truk digunakan untuk menunjang aktivitas bisnis. Biasanya nih, pemilik truk berawal dari kepemilikan kendaraan lainnya seperti MPV, SUV hingga open cup. Menariknya lagi meskipun banyak sekali informasi terkait as patah pada truk tetapi tidak menurunkan niat para customer untuk memiliki truk.

masalah pada truk

Fakta unik adalah banyak pemilik truk pemula yang tidak menyadari masalah yang timbul pasca pembelian. Bagi mereka yang penting bisa jalan, kerja maksimal dan menghasilkan keuntungan. Dari sinilah, awal masalah itu muncul. Sehingga seiring berjalannya waktu, truk juga bisa menguras banyak uang jika tidak diperhatikan.

Masalah yang Sering Muncul Pada Truk

Berikut masalah yang sering muncul pada truk dan solusinya agar truk tetap optimal tanpa menghalangi kinerja usaha nantinya. Apa saja itu?

1.      Pecah Ban

Pernah nggak sih lihat truk tiba-tiba berhenti di tengah jalan dan drivernya turun memperbaiki ban? Nah, ternyata sering banget loh kejadian pecah ban pada truk baik di jalan toll maupun jalan arteri. Kasus pecah ban ini, bisa membuat kecelakaan fatal loh terutama di jalan toll. Bayangin saja, saat pecah ban terjadi otomatis kecepatan dan arah pergerakan tidak bisa dikontrol. Hal ini lah yang bisa membuat kecelakaan beruntun, entah itu karena menghindar objek dan kendaraan lain atau karena menabrak kendaraan lainnya. Oleh karena itu, ban pada truk juga perlu dikontrol.

Berikut beberapa cara agar terhindar dari pecah ban pada truk:

a.      Lakukan pemeriksaan tekanan ban

Salah satu cara terhindar dari pecah ban adalah selalu memastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi kerja dari truk. Sekadar informasi saja nih kalau tekanan ban truk untuk bagian depan sekitar 80-120 psi (pound per square inch) sedangkan untuk bagian belakang sekitar 100-120 psi.

b.      Cek Tread Wear Indicator (TWI)

Banyak yang belum tahu bahwa untuk melihat kembangan ban atau alur ban masih normal atau tidak dengan mengecek selalu Tread Wear Indicator (TWI). Bentuknya simple, ditunjukkan dengan bentuk segitiga pada sisi luar ban, kemudian pada sisi dalam terdapat tonjolan. Nah, jika tonjolan ini sama rata dengan alur ban itu artinya ban harus segera diganti karena sudah aus dan memperbesar peluang pecah ban.

Pengecekan TWI
Pengecekan TWI

c.      Pastikan masa expired ban

Meskipun ban truk bukan makanan, tetapi tahu nggak sih ternyata ban juga memiliki masa expired alias kadaluarsa. Kadaluarsa ban berdasarkan karakteristik dari sifat karet yang dimiliki. Umumnya masa expired ban truk yaitu 5 tahun dari waktu produksi bukan dari waktu beli.

Untuk mengetahui tahun produksi ban, itu gampang sekali. Tinggal lihat cetakan produksinya yang ada pada ban. Empat digit angka pada ban menunjukkan minggu dan tahun diproduksi. Nah, tinggal pastikan deh ban yang dimiliki saat ini apakah sudah lebih dari 5 tahun atau tidak. Jika lebih, maka sebaiknya diganti untuk menghindari dampak fatal kedepannya.

2.      Rem Blong

Tahun 2024 yang lalu, banyak sekali berita kecelakaan truk yang diakibatkan karena rem blong. Kecelakaan ini bukan hanya menghilangkan asset kendaraan tetapi juga menyebabkan kehilangan nyawa. Makanya penting banget untuk memastikan rem dalam keadaan prima sebelum truk digunakan.

Pengecekan rem
Untuk menghindari rem blong, ada dua yang perlu diperhatikan yaitu:

a.      Sistem Pengereman

Sistem pengereman pada truk yang perlu dicek agar terhindar dari rem blong adalah cakram, kampas, selang dan minyak rem. Pastikan semua item ini dalam kondisi dan level normal. Jika ditemukan retak, aus atau bocor maka segera lakukan perbaikan bila perlu pergantian.

b.      Kinerja Rem

Bukan hanya pengecekan pada sistem pengereman truk tetapi juga harus melakukan pengecekan kinerja rem meliputi kinerja pedal, rem tangan dan rem mandiri. Pastikan sensitivitas dan respon dari masing-masing item tersebut dalam kondisi normal.

3.      Patah As

Salah satu hal yang paling mengerikan bagi pengguna truk adalah patah As. Kebayang nggak sih, jika tiba-tiba membawa muatan tetapi masalah patah as ini menghampiri. Agar terhindar dari As patah pada truk maka sebaiknya lakukan hal berikut:

a.      Pastikan Berat Muatan Sesuai

Penyebab utama dari as patah pada truk adalah kelebihan muatan. Hal ini yang paling sering dilanggar oleh para pemilik truk, alih-alih bertujuan untuk meningkatkan kinerja truk yang ada malah menambah masalah baru kedepannya. Oleh karena itu pastikan selalu tidak melebihi batas beban angkut maksimal dari truk.

Patah As

b.      Pilih Merk Truk Terbaik

Tahu nggak sih, salah satu produsen truk yang terkenal dengan kualitas truk adalah Isuzu. Semua truk yang diproduksi terbuat dari komponen berkualitas dan tidak mudah karatan. Hal ini pastinya akan membuat peluang patah AS pada truk berkurang.

c.      Lakukan perawatan rutin

Perawatan rutin alias service bertujuan untuk deteksi dini atas kerusakan besar yang berpeluang terjadi di masa akan datang. Nah, patah as pun demikian. Dengan dilakukan service rutin maka penyebab-penyebab patah as bisa segera ditanggulangi.

Nah, bagi pemilik truk masalah diatas memang berpeluang terjadi. Tetapi bukan berarti tidak bisa dicegah. Selalu terapkan konsep pengecekan, perawatan dan penggunaan sesuai batas kendaraan agar hal yang tidak diinginkan terjadi. Jangan lupa diterapkan ya. Yuk dimulai.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.