MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Aneka Jenis Mesin Bor dan Cara Penggunaannya

Aneka Jenis Mesin Bor dan Cara Penggunaannya
Add Comments
1 March 2024

Siapa yang disini pernah beli TV LED dan ingin memasang bracket-nya di dinding, tapi bingung gimana cara pasangnya? Bingungnya itu bukan karena tidak tahu cara pasangnya, tetapi lebih ke arah bagaimana cara menancapkan paku baja ke dinding beton. Pakai Palu, selalu mental. Mau nggak mau, pasti menggunakan mesin bor. Ya kan?

mesin bor

Jujur, saya juga merasakan hal yang sama pas ingin memasang bracket TV LED. Untungnya sih, pakde anak-anak ahli tukang bangunan dan peralatannya lumayan lengkap termasuk bor tembok. Jadi nggak ribet. Urusan pemasangan bracket bisa beres deh dan tidak membutuhkan tenaga ekstra menggunakan martil manual.

Oh iya. Berbicara terkait mesin bor, ternyata banyak banget loh jenisnya. Pastinya sih jenis ini disesuaikan dengan kebutuhan dan desain dari mesin bor. Tujuannya jelas, agar mempermudah pekerjaan tanpa ekstra effort.

Mengenal Jenis Mesin Bor dan Cara Penggunaannya

Dulu, sebelum mengenal mesin bor, tahunya cuma satu doang yaitu mesin bor Listrik. Tetapi ternyata, bor Listrik ini ada banyak jenisnya juga. Penyematan kata “Listrik” lebih ke arah media sumber tenaga penggerak dari electric drill itu sendiri.

Nah, berikut beberapa jenis  mesin bor dan cara penggunaannya yang mungkin sering ditemui tetapi nggak sadar dengan jenisnya.

1.       Electric Combination Drill

Bagi pekerja yang membutuhkan electric power drill dengan bentuk simple disertai handle untuk mempermudah pada saat penggunaan, jelas electric combination drill adalah jawabannya. Jenis mesin bor ini termasuk yang paling mudah dalam penggunaan untuk mendukung pekerjaan skala industri atau yang membutuhkan pengerjaan skala besar.

Salah satu jenis dari electric combination drill ini adalah Metabo Combination Hammer CPL KHEV5-40 60076550 yang memiliki berat bersih 8,3 kg. Power drill ini sangat mudah digunakan dengan system mode kontinyu Dimana kecepatan bor nya bisa disesuaikan kebutuhan.

Bor listrik
Electric combination drill

Baik gear maupun motor penggeraknya sudah terbuat dari material aluminum yang kokoh sehingga meningkatkan masa waktu penggunaan jadi lebih lama. Berikut beberapa spesifikasi dari metabo combination hammer CPL ini sebagai power drill terbaik:

Max. Single Blow Energy                    : Max 8.7 J (EPTA)

Max. Impact rate                                   : 2900 bpm

Input power                                            : 1150 W

Panjang kabel                                         : 6 m

Collar diameter                                      : 64.6 mm

No-load speed                                        : 350/500 rpm

2.       Electric Hammer Drill

Jika electric combination drill menggunakan kabel Listrik sebagai sambungan sumber energi penggeraknya, hal ini berbeda dengan electric hammer drill. Tipe bor tembok Listrik ini sangat mudah untuk digunakan karena memang peruntukannya untuk skala pekerjaan rumahan. Bentuknya ringan, compact dan pastinya mudah untuk dibawa kesana-kemari. Salah satu jenis mesin bor tipe ini adalah Metabo Powermaxx SB12 hammer drill dengan berat termasuk baterai yaitu 1.1 kg.

Mesin bor listrik
Electric hammer drill

Jenis electric hammer drill ini memiliki tenaga penggerak baterai Li-ion dengan voltase 12 volt. Baterai Li-ion ini pastinya bisa di charge kembali. Untuk melihat kapasitas daya baterai yang tersisa, mesin bor ini sudah dilengkapi dengan display untuk melihat kapasitasnya. Menarik banget kan.

Berikut spesifikasi dari Metabo Powermaxx SB12 hammer drill yang menggunakan sistem baterai bor.

Battery pack capacity                           : 2 x 2 Ah

Maximum torque                                  : soft 17 Nm dan hard 40 Nm

Drill Dia                                                : steel 10 mm dan soft wood 18 mm

Max. impact rate                                   : 21000 bpm

Chuck capacity                                      : 1.5 – 10 mm

3.       Electric Impact Drill

Sesuai namanya, electric impact drill merupakan salah satu jenis mesin bor bertenaga Listrik yang umumnya digunakan untuk bor tembok beton. Hal ini dikarenakan kemampuan hantaman dari electric impact drill yang cukup kuat dalam menembus tembok beton. Meskipun umumnya digunakan untuk bor tembok beton, impact drill ini juga bisa digunakan untuk melubangi kayu maupun besi.

Salah satu jenis electric impact drill yang sering digunakan adalah Metabo Impact drill 13 mm SBE650 W/masonry bit. Sesuai Namanya, electric impact drill ini dilengkapi dengan berbagai jenis ukuran mata bor yang bisa dipilih dan disesuaikan penggunaannya. Menariknya lagu, tipe mesin bor satu ini bisa berputar maju dan mundur alias reverse rotation meskipun beratnya hanya 1,8 kg saja.

Harga mesin drill
Electric impact drill

Sebagai, mesin bor, tipe ini digunakan dengan pilihan kecepatan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa spesifikasi Metabo Impact drill 13 mm SBE650 W/masonry bit adalah:

Input power                                : 650 W

Output power                              : 320 W

Max. torque                                 : 9 Nm

Drill-Dia                                : masonry 16 mm, concrete 14 mm, soft wood 30 mm dan steel 13 mm

No-load speed                             : 0 -2800 rpm

4.       Electric Magnetic drill

Sebagai salah satu jenis mesin bor, electric magnetic drill dilengkapi dengan sistem magnet yang berfungsi sebagai perekat pada besi atau material yang akan di bor. Umumnya penggunaan electric magnetic drill ini ditujukan untuk pengerjaan pada industri ringan dengan lokasi pengerjaan yang sulit dijangkau oleh mesin bor dengan system duduk biasa.

Salah satu jenis electric magnetic drill yang umum digunakan adalah merk Metabo Magnetic Drill CPL MAG50 600636500. Mesin bor magnet bertenaga listrik ini dilengkapi dengan sistem perlindungan motor agar tidak mengalami panas berlebih pada saat penggunaan.

Electric drill
Electric magnetic drill


Untuk spesifikasi dari Metabo Magnetic Drill CPL MAG50 600636500 ini antara lain:

Input power                                             : 1200 W

Output power :                                        : 620 W

Max. Drill-Dia with core                        : 50 mm

Max. Drill-Dia with spiral                      : 20 mm

Max. magnetic holding force                  : 12250 N

Weight                                                     : 12,7 kg

5.       Electric Rotary Drill

Sesuai namanya, Electric Rotary Drill ini merupakan salah satu jenis mesin bor yang ditujukan untuk membuat lobang lebih besar pada pengerjaan skala rumahan hingga industri ringan. Umumnya, mesin bor ini dilengkapi dengan silinder dan piston yang akan memberikan tekanan pada saat digunakan untuk bor.

Bor Tembok
Electric rotary drill

Penggunaan electric rotary drill memiliki performa lebih cepat dibandingkan hammer drill. Meskipun alat ini hanya digunakan sesekali saja pada pekerjaan tertentu seperti perbaikan kabel Listrik di dinding yang membutuhkan sistem bor tembok di dalamnya. Salah satu jenis electric rotary drill yang sering digunakan adalah type FUJI Air tapper 6 MM 1000RPM FT-6P-1.

Kesimpulan

Sebagai salah satu dari berbagai jenis power tools yang digunakan, mesin bor menjadi pilihan tepat terutama untuk pembuatan lubang pada tembok, besi, kayu dan lain-lain. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan. Untuk harga mesin drill sendiri, bisa banget kok untuk cek langsung di website kawanlama.com. Jangan lupa untuk pilih jenis mesin bor sesuai kebutuhan ya.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. ternyataaa BOR ini beda nama beda fungsi yaa. Dahulu aku tahunya cuma BOR wqwq. Jadi ada cerita pas beli mata bor, ditanya yang jual buat apa, aku malah bebas aja. Eh malah di kasih tahu beda beda wkwk. alahasil aku balik lagi kerumah tanya tukang untuk memastikan mata bor yang diperlukanyya

    ReplyDelete
  2. yang aku tau bor itu cuma yang kuncinya panjang dan bisa gonta ganti, ini biasanya buat masang mur di tembok sama bor yang bulet buat motong kayu wkwk
    ternyata bor jenisnya ada banyak banget yah..

    ReplyDelete
  3. Bahas mesin bor aku jadi ingat almarhum bapakku yang dulu seorang tukang dan sehari-hari berhubungan dengan alat bor manual.
    Andai beliau masih ada pasti pekerjaan lebih ringan dengan adanya mesin bor listrik seperti di atas

    ReplyDelete
  4. Kayaknya agak familiar dengan bor nomor 2, karena pamanku punya, hehe. Artikel ini bakal kubagi ke suami biar dia paham jenis bor dan penerapannya seperti apa. Kan sebel kalau pamanku punya alat banyak tapi kalau butuh apa-apa suami malah angkat tangan.

    ReplyDelete
  5. Baru tau ada bor pakai baterai, dayanya kuat berapa lama ya kak ? Lebih efisian bor dengan baterai atau listrik ya ?

    ReplyDelete
  6. baru tahu ternyata ada banyak jenis bor yaa..tahunya ya udah bor listrik gitu aja heheh..kira2 yang dirumah itu model bor apa ya..kecil sie tp ya lumayan berat juga :)

    ReplyDelete
  7. Dari kecil yang pegang alat bor bapak, udah nikah peralatan bor dirumah yang paham suami... Aku jadi kuliah ini baca in artikel bor ini 😁

    ReplyDelete
  8. Ya ampuuunn, selama ini gak tau soal alat-alat beginian, ternyata banyak juga ya macamnya. Taunya bor ya cuma satu, gak nyangka ternyata sebanyak ini

    ReplyDelete
  9. Wahaha pernah banget mau masang paku, malah pakunya yg bengkok. Ga berbakat jadi tukang nih, meski bapakku tukang bangunan. Artikelnya bakal ku share ke bapakku nih mas, biar dapet insight soal per-mesin bor-an ini.

    ReplyDelete
  10. Mesin bor itu wajib banget sih ada di rumah. Apalagi paksu ngerjain apa-apa sendiri, pasang pipa, pasang kabel, dll. Perlu pake yg oke dan awet.

    ReplyDelete
  11. Kebetulan bgt baca ini, suami lg nyari alat pertukangan, kmrn smpet nyobain kaget soalnya nlom prnah pegang wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Asli baru tau kalo jenis bor sebanyak itu. Makasih banyak infonya. Makin nambah deh ilmuku soal dunia alat-alat khususnya bor

    ReplyDelete
  13. Kebetulan banget aku lagi cari bor buat di rumah mas. Biar enak kalau ngerakit atau mau masang sesuatu di tembok bata ringan

    ReplyDelete
  14. ternyata bor juga banyak nama dan fungsinya ya mas talif
    saya mengenal bor gara-gara mainan handy manny yang dibeli anak saya hihi dan tahunya electric rotary drill hehe

    ReplyDelete
  15. Ternyata ada banyak jenis bor ya, aku punya di rumah yang biasa banget buat ngerakit perabotan ikea gitu..

    ReplyDelete