MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

5 Tips Menulis Novel Cinta Untuk Pemula

5 Tips Menulis Novel Cinta Untuk Pemula
Add Comments
18 December 2023

Tahu nggak sih, kalau tema cinta menjadi tema yang paling banyak peminatnya. Bukan karena tanpa sebab, itu karena tema cinta dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari. Makanya tidak heran jika lirik lagu, “hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga”. Cinta itu memberikan warna dalam kehidupan. Termasuk dalam menulis novel cinta.

tips menulis novel cinta

Cuma terkadang, urusan menulis novel bisa menjadi ribet dan lebih lama jika tidak memiliki arahan jelas. Meskipun tema tulisannya adalah tentang cinta yang terlihat mudah tetapi perlu juga untuk menguasai terlebih dahulu teknik penyusunan hingga pemilihan sudut pandang. Apalagi jika baru terjun dalam dunia penulisan novel.

Tetapi tenang saja. Bagi pemula yang ingin menulis novel cinta. Itu bisa banget kok. Tinggal ikuti tips berikut.

Tips Menulis Novel Cinta Untuk Pemula

“Setiap tulisan akan menemui takdirnya sendiri”. Makanya jangan heran jika para penulis sudah memiliki timeline dalam menyelesaikan suatu novel. Terlepas nantinya siapa yang akan membaca, karena sejatinya memang setiap tulisan selalu saja ada penggemarnya.

Bagaimana dengan penulis pemula yang ingin terjun ke dunia penulisan novel? Tenang saja. Setiap orang memiliki fase perjalanan kepenulisan tersendiri termasuk pemula. Berikut tips menulis novel cinta untuk pemula:

1. Buatlah Tulisan Dengan Sudut Pandang yang Unik

Siapa bilang, penulis pemula novel tema cinta cuma ikut arus saja? Nggak kok. Malah harus memiliki sudut pandang unik dan menarik meskipun temanya tentang cinta. Pemilihan sudut pandang unik ini akan mempengaruhi tingkat keberhasilan novel ini kedepannya.

Contoh pemilihan sudut pandang unik dalam menulis novel bertemakan cinta adalah seorang anak perempuan dari keluarga pemulung yang mencintai pramusaji restoran cepat saji. Nah, contoh ini memberikan gambaran akan hubungan pekerjaan, karakter asal usul keluarga, harapan, keberterimaan hingga jarak yang sangat jomplang antara setiap tokoh.

Pemilihan sudut pandang unik seperti ini bisa memperkaya penulisan sekaligus meningkatkan imajinasi berdasarkan fakta sehari-hari yang dikembangkan sesuai tema cinta.

Novel cinta

2. Lakukan Penyusunan Outline

Setelah mendapatkan tema dan sudut pandang menarik, maka langkah berikutnya adalah menyusun outline. Pastinya outline akan membantu penulis novel pemula agar tetap dalam koridor penulisan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.

Outline novel merupakan kerangka novel yang disusun untuk mempermudah penulisan. Umumnya berisi judul/ tema novel, tokoh yang ada pada novel, settingan tempat dan waktu, sinopsis dan pastinya kerangka setiap bab pada novel cinta nantinya.

Kehadiran outline novel ini bisa digunakan sebagai dasar untuk menyusun novel ke depannya dan menjadi penentu juga dari keunikan dan konflik setiap bab yang akan ditulis. Gunakanlah waktu berlebih untuk menyusun outline novel sebaik mungkin. Curahkan ide dan kreatifitas dalam penulisannya agar mempermudah finalisasi penyusunan novel nantinya.

Baca juga: Menjadi Writerpreneur

3. Mulailah Menulis Sesuai Kemampuan

Nah ini. Menulis sesuai kemampuan. Setiap penulis novel harus menyadari terkait kemampuan menulis yang dimiliki. Termasuk dalam memanfaatkan jam biologis terbaik dalam menulis. Jika sudah terbiasa menulis, maka sebaiknya mulailah menulis dengan target satu bab satu hari. Tetapi jika benar-benar pemula, maka sebaiknya gunakan target berdasarkan jumlah kata per harinya.

Contohnya jika terbiasa menulis 1000 kata per hari, maka gunakanlah target ini untuk menulis novel setiap hari 1000 kata. Tetapi perlu diingat pula, 1000 kata yang ditulis harus berdasarkan outline yang sudah disusun sebelumnya. Menulis 1000 kata seperti ini sebaiknya dilakukan secara terus-menerus dengan memanfaatkan jam biologis menulis.

Jam biologis menulis itu adalah waktu dimana penulis lebih nyaman dalam menulis sehingga kemampuan menulis dan ide-ide kreatif bisa muncul sesegera mungkin tanpa adanya hambatan berarti. Contohnya nih, ada orang yang memiliki jam biologi tengah malam karena sudah terbiasa menulis ketika tengah malam dan tidak ada gangguan suara bising.

4. Tanamkan Semua Karakter Sesuai Tema

Novel yang baik adalah novel yang memberikan imajinasi kepada pembaca senyata mungkin dan sedekat mungkin dengan kehidupan sehari-hari serta melibatkan emosional pembaca itu sendiri. Disinilah tantangan dalam menulis novel cinta, bukan hanya menuliskan saja tetapi menulis semua karakter dan memanfaatkan emosional yang bisa dituangkan sesuai dengan tema.

Sudah kebayang kan ya, jika menulis novel dengan tema cinta pastinya karakter yang dipilih bisa dengan lemah lembut, pria tampan dan wanita cantik, lelaki biasa atau parlente, wanita egois atau cerewet dan lain-lain. Selain itu perlu juga memunculkan semua emosional yang ada sesuai dengan tema. Seperti rasa senang, jatuh cinta, cemburu, sedih, putus-nyambung, tertawa, bahagia, perhatian dan emosional pendukung lainnya.

5. Perkaya Cerita dengan Berbagai Sumber

Menulis bukan berarti tidak ada riset dan membaca. Itu kesalahan fatal. Malah dengan menjadi penulis apalagi penulis pemula maka penting sekali untuk melakukan riset ke narasumber dan melakukan banyak membaca novel cinta agar meningkatkan imajinasi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkaya cerita yang akan ditulis nantinya adalah dengan membaca novel cinta pada platform penyedia novel secara online seperti GoodDreamer.

GoodDreamer adalah platform novel digital dari berbagai penulis Indonesia yang bisa dibaca secara online dimana saja dan kapan saja.

Caranya simpel, mulailah dengan masuk ke GoodDreamer.id dan cari judul atau tema novel yang diinginkan. Ada banyak contoh novel yang tersedia dengan berbagai judul, karakter dan sudut pandang menarik didalamnya. Semua bisa dinikmati. Bahkan novel dengan tema romantis pun menjadi salah satu genre terfavorit di GoodDreamer ini.

GoodDreamer

Jadi, bagi penulis novel pemula yang ingin membuat novel bertema cinta. Tinggal jalankan saja 5 tips tersebut secara konsisten. Jangan lupa untuk menulis dengan tema unik dan jika masih butuh ide untuk memperkaya tulisan, tinggal mampir saja ke https://gooddreamer.id/novel_romantis untuk menikmati beragam novel pilihan. Mulailah menulis dan jadilah sumber inspiratif.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Genre romance ini nih yang daku kurang bisa. Entah mungkin karena tipe yang ndak romantis hehe. Namun perlu juga sih untuk belajar menulisnya sambil membaca genre ini di gooddreamer

    ReplyDelete
  2. Menurutku ya, jam terbang juga berpengaruh sih. Maksudku adalah kita harus sering berlatih menulis novel cinta. Seiring waktu berjalan, kita akan menemukan ritme yang pas untuk novel tentang cinta. Benar kan ya??

    ReplyDelete
  3. Tema cinta adalah tema universal sepanjang masa ya, Mas. Jadi bisa tetap ditulis dan disesuaikan dengan situasi dan kondisinya.
    Dan karena menulis novel ini ibaratnya kan berlari jarak jauh, maka perlu konsisten dan stamina yang kuat. Namun kalau enjoy menulisnya dan dengan senang hati, maka novel panjang pun akan bisa segera diselesaikan.

    ReplyDelete
  4. Aaa setujuu, menulis tanpa membaca itu kayak kosong, mandeg, tulisan kita ngga akan berkembang, itu2 aja yaa kak. Emang bener harus ada referensi, kalo nulis fiksi yaa paling ga jauh2 dari novel kek gini. beruntung ada gooddreamer yak, mana gratis lagi

    ReplyDelete
  5. Kalo aku sih minimal hrs udh prnh jatuh cinta bahkan disakitin utk bs menulis cerita romantis/novel cinta. Soalnya kita bakal lbh menyelami cerita utk menyusun pemain, karakter, latar belakang hingga alur.

    Kalo pasarnya org Indonesia, pilih tuh cerita2 sedih bahkan menyahat hati. Biasanya malah lbh bnyk yg suja meski ttp dibumbui ending bahagia. Atau dibikin sad ending mengharu biru biar viral. Hehe.

    ReplyDelete
  6. Ini tipsnya memang aplikatif dan saya juga ajarkan saat coaching dulu. Yang penting banyak membaca juga ya, Kak.

    ReplyDelete
  7. Dulu sempat punya keinginan untuk bikin novel, tapi sudah ketakutan nggak bisa. Tips-tips di atas sepertinya bisa diterapkan, nih.

    ReplyDelete
  8. Dari dulu pengen banget nulis soal novel cinta sayangnya belum kesampaian juga, semoga bisa kesampaian nanti bisa punya buku cerita sendiri, tipsnya sangat bermanfaat kak

    ReplyDelete
  9. Paling bagus juga kalau ceritanya tuh dialami sendiri
    Pasti ngalir banget
    Apalagi cinta kandas, byuuuhh tersentuh

    ReplyDelete
  10. Ya bener sih, nulis tanpa baca kekgimana gituu.. Jadi pengen nulis novel cita dong akutuh, karena selalunya masih nulis cerpen aja xixixi.. Lamgsung ke Gooddreamer ah buat cari referensi.

    ReplyDelete
  11. sebetulnya saya agak kurang suka novel genre romantis sih. kalaupun iya, biasanya dibalut dengan thriller atau action. jadi, setiap mencoba menulis cerita, pasti kalau gak tentang life ya tentang family. Tapi pangsa pasarnya lumayan ya genre romantis ini, worth to try kalau emang mau serius. tips diatas bisa di coba

    ReplyDelete
  12. Setuju sih mulai menulis sesuai kemampuan, kalau gak ditulis-tulis ya kapan kita tahu kemampuan kita ya, Kak. makasih tipsnya Kak. ini Goodreamer gratis ya kak? mantep nih

    ReplyDelete
  13. Udah lama nih aku ga nulis fiksiiii. Mau cobain tips nulis di atas aaaaah. Makasi tipsnya mas Talif

    ReplyDelete
  14. Aku kalo lagi pen nangis, suka banget baca novel cinta.
    Dan aku rasa salah satunya bisa ikutan baca serta gali ide di GoodDreamer. Menjadi penulis memang perjalanan yang gak singkat ya.. Jadi kudu terus diasah agar lebih baik lagi dari ide dan eksekusinya.

    ReplyDelete
  15. Aaaakk novel cintaa kwkwkw lama banget ngga nulis yang romantis romantis giniii >.< tp emang bener kalo pengen bukin novel cinta yaa harus banyak baca novel romance jugaa

    ReplyDelete