MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Menghadapi Ujian Seleksi CASN 2023

Tips Menghadapi Ujian Seleksi CASN 2023
Add Comments
9 July 2023

Tahu nggak sih, kalau PNS menjadi salah satu karir yang banyak dikejar oleh para anak muda saat ini. Bukan hanya karena jaminan masa tua yang sudah jelas, tetapi juga masih banyak para orang tua terdoktrin bahwa PNS adalah pekerjaan nyaman seumur hidup. Bahkan nih ya, ada banyak calon mertua yang menginginkan menantunya adalah PNS. Padahal menghadapi ujian Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bukan lah hal mudah.

Tips menghadapi ujian seleksi CASN

Itu lah mengapa, untuk menghadapi ujian CPNS 2023 dibutuhkan tips jitu didalamnya. Apalagi tahun ini, masih menggunakan sistem seleksi CAT (Computer Assisted Test) alias ujian menggunakan komputer secara online. Infonya sih, proses seleksi CPNS tahun 2023 akan dibuka pada bulan September. So, butuh banget kan ya yang namanya persiapan, agar bisa lolos ujian nantinya.

Tips Menghadapi Ujian Seleksi CASN

Sebenarnya, tahapan ujian seleksi CASN itu dimulai dari seleksi administrasi baru kemudian dilakukan ujian CAT. Nah, berikut tips jitu menghadapi ujian seleksi CASN.

1. Persiapkan Dokumen Administrasi Sebelum Batas Waktu Submit

Mendaftar CPNS itu dibutuhkan berbagai jenis dokumen yang kemudian digunakan sebagai syarat seleksi administrasi. Sebenarnya sih, jenis dokumen yang dibutuhkan sudah ada pada akun SSCASN yang dibuat pada saat mendaftar CPNS. Mulai dari surat lamaran, riwayat hidup, ijazah dan transkrip terakhir, KTP hingga dokumen pendukung lainnya.

Pastikan semua dokumen tersebut sudah  dibuat format pdf atau jpg/jpeg agar mempermudah uploadnya. Selain itu, ada beberapa dokumen yang harus ditulis tangan terlebih dahulu baru kemudian di scan sebelum di upload. Hal-hal seperti ini penting sekali untuk diperhatikan, jangan sampai hal sepele bisa membuat gagal administrasi.

Oh iya, untuk upload dokumen administrasi jangan sampai mepet waktu akhir alias deadline karena khawatir website SSCASN akan down. Nggak pengen kan, apa yang dipersiapkan tapi gagal upload.

2. Pahami Jurusan dan Formasi yang Dibuka

Seleksi CASN bukan hanya tentang ujian saja tapi pandai membaca peluang. Umumnya setiap satu pelamar hanya bisa mendaftar pada satu instansi atau kementerian saja. Nah, ini penting. Agar peluang lolos lebih besar, sebaiknya pilihlah instansi atau kementerian dengan jumlah yang dibutuhkan banyak pada formasi tersebut.

Contohnya nih ya, jika melamar di Kemendikbud untuk formasi dosen kimia. Pada kampus A, formasi tersebut sesuai jurusan kita dibutuhkan 5 orang sedangkan pada kampus B, formasi yang sama hanya dibutuhkan 1 orang. Maka sebaiknya pilih yang formasi dibutuhkan 5 orang.

3. Cari Informasi Mendetail Terkait Jenis Soal Ujian Seleksi CASN

Secara umum, ujian CASN itu dibagi menjadi dua yaitu SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Pada tes SKD juga dibagi dalam tiga sub tema yaitu tes intelegensia umum (TIU), tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes karakteristik pribadi (TKP). masing-masing subtema ini memiliki passing grade sehingga para peserta CASN harus mulai memahami dan mengetahui detail jenis soal ujian SKD.

Setelah lulus ujian SKD, barulah dilakukan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Umumnya disesuaikan dengan formasi yang didaftar. Contohnya untuk SKB formasi dosen adalah wawancara dan microteaching.

4. Bergabung dengan Bimbel CASN

Jujur, bagi yang baru ingin mengadu masa depan di CASN 2023 sebaiknya mulai mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi jika ingin lulus SKD. Sekadar informasi, ujian SKD merupakan momk utama dan banyak menggugurkan para kandidat karena tidak lolos passing grade.

Itu lah mengapa, saya menyarankan untuk ikut bimbel CASN sebagai persiapan menghadapi ujian nantinya. Salah satu program terbaik yang bisa dipilih adalah Bimbel CASN by Skill Academy.

a) Mengenal lebih dekat Bimbel CASN by Skill Academy

Tahu nggak sih kalau Bimbel CASN itu merupakan program terbaru dari Skill Academy by Ruangguru untuk membantu masyarakat Indonesia yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Seperti yang diketahui bahwa Skill Academy by Ruangguru merupakan platform pelatihan online No. 1 di Indonesia. Skill Academy diluncurkan di tahun 2020 dan sudah dipercaya dan digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Kehadiran Bimbel CASN by Skill Academy ini pastinya akan diajar langsung oleh lulusan ASN dengan kurikulum yang didesain langsung oleh ahlinya sehingga mempermudah para pengguna Bimbel dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian CASN.

b) Jenis paket yang ditawarkan

Sebagai program baru dari Skill Academy, Bimbel CASN memberikan berbagai jenis paket pembelajaran yang terbagi atas beberapa kelas yaitu:

Bootcamp online & offline

Kelas Paket SKD: TIU, TWK, & TKP

20+ tryout & latihan soal

24+ sesi live mentoring

Dan masih banyak lagi

Berbagai jenis paket bimbel ini dibagi dalam beberapa tipe yaitu Live Intensive, Live Reguler dan Live Basic. Menariknya lagi saat ini ada program diskon 50% untuk kelas tersebut dengan pembelajaran yang akan di mulai pada tanggal 24 Juli 2023.

Bimbel CASN

Berikut gambaran alur pembelajaran jika memilih paket Live Basic pada Bimbel CASN by Skill Academy. Program ini terdiri atas 6 sesi pembahasan soal dan 1 kali tryout. Nah, jika ingin mendalami secara baik dan terus berlatih menuju bulan September, maka nggak ada salahnya loh untuk memilih program “intensive” yang pastinya memberikan pemahaman pembahasan soal dan tryout lebih banyak dibandingkan Live Basic.

Tes CPNS

Selain program bimbel Live, juga tersedia kelas paket lainnya dalam bentuk video pembelajaran online yang bisa diakses selamanya. Saat ini sudah tersedia dengan 4 kategori yaitu:

Paket Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Lengkap

Paket CPNS Guru

Paket PPPK Guru

Paket CASN Guru

Paket belajar mandiri

Nah, buat kalian yang ingin menghadapi seleksi CASN tahun 2023 maka sebaiknya segera daftar bimbel online & kelas paket mandiri yang info selengkapnyalangsung ke alamat berikut https://skillacademy.com/casn atau bisa juga join grup latihan dan diskusi soal gratis CPNS 2023. Selain itu, bisa juga kok follow media sosial Instagram Bimbel CASN.

Intinya sih, jangan sampai ketinggalan. Nggak pengen kan, cita-cita jadi ASN terhalangi karena gagal tes. Mumpung masih ada waktu, langsung saja bergabung dengan Bimbel CASN dari Skill Academy. Daripada menyesal, karena penyesalan selalu datang diakhir.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.