MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Memilih Asuransi Mobil Murah yang Terpercaya

Tips Memilih Asuransi Mobil Murah yang Terpercaya
Add Comments
5 November 2022

Bisa dibilang, mobil merupakan salah satu aset yang memiliki nilai cukup tinggi. Dalam hal ini, nilai yang dimaksud tidak sebatas pada nominalnya saja, tapi juga nilai fungsinya. Inilah kenapa, kendaraan roda empat membutuhkan asuransi mobil murah nan terpercaya. Sayangnya, mendapatkan premi dengan kriteria seperti itu cukup sulit untuk dilakukan, lantas bagaimana solusinya?

asuransi mobil murah

Tips Memilih Asuransi Terjangkau dan Terpercaya

Faktanya, ada begitu banyak perusahaan asuransi yang menjanjikan produk proteksi dengan beragam manfaat. Namun, tidak semua asuransi tersebut cocok untuk beberapa kondisi kendaraan. Agar tidak salah pilih, berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat hendak memilih perlindungan untuk mobil:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pastikan jenis asuransi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu bagaimana kondisi kendaraan Anda, mulai dari kondisi bodi, mesin, hingga usianya.

Asuransi mobil
Sumber: cnbc.com
Secara garis besar, terdapat 2 jenis asuransi kendaraan yang dapat dipilih, yakni asuransi total loss only (TLO) dan all risk. Yang mana asuransi TLO sendiri merupakan jenis proteksi yang hanya memberikan ganti rugi apabila nilai kerusakan suatu kendaraan melebihi 75%, atau kerugian atas kehilangan.

Sementara itu, asuransi all risk ialah jenis proteksi yang akan menanggung segala jenis risiko kerugian, baik dalam skala besar maupun kecil, termasuk diantaranya kerugian karena kehilangan.

2. Mempelajari Manfaat Asuransi dengan Seksama

Perhatikan pula apa saja manfaat yang ditawarkan dari produk asuransi terkait. Hal ini dibutuhkan untuk mencegah risiko kerugian atau ketidaksesuaian antara manfaat berikut kebutuhan Anda. Mengingat, setiap jenis asuransi memiliki cakupan manfaatnya masing-masing. Terkait dengan jumlah premi yang harus dibayarkan per bulannya pun berbeda-beda.

3. Membuat Perbandingan

Sekarang ini, cukup banyak penyedia asuransi yang menawarkan berbagai produk terbaiknya. Tentunya, tiap-tiap perusahaan tersebut mempunyai keunggulan berikut kekurangannya sendiri. Untuk itu, sebelum memutuskan membeli salah satunya, sebaiknya buat perbandingan lebih dulu.

cara melindungi mobil
Sumber: cnbc.com
Upaya ini bertujuan agar pengguna dapat memahami dengan pasti apa saja keunggulan maupun kekurangan dari produk-produk tersebut. Untuk kemudian dapat memilih satu yang terbaik diantaranya.

4. Memilih Produk Proteksi yang Sesuai Kemampuan

Sebagaimana disinggung sebelumnya, Anda harus memperhatikan kemampuan finansial sebelum membeli sebuah produk asuransi. Sebab, saat membeli asuransi, artinya seseorang akan mempunyai kewajiban membayar premi sesuai ketentuan yang berlaku.

Jika jenis asuransi yang dipilih punya premi lebih dari kemampuan finansial Anda, kemungkinan hal ini akan memberatkan Anda dalam pembayarannya. Bahkan dalam beberapa kasus, hal ini bisa berakhir pada gagal bayar hingga sulitnya proses klaim asuransi nantinya.

5. Memperhatikan Rekomendasi Dealer

Memilih asuransi mobil
sumber: news24.com
Penjual kendaraan atau yang juga akrab disebut dealer pasti sudah mengetahui kebutuhan dari kendaraan yang hendak dijualnya. Umumnya, pihak dealer bakal memberi rekomendasi asuransi yang paling sesuai untuk kendaraan tersebut. Pada tahap ini, saran yang diberikan oleh dealer dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan produk asuransi yang paling sesuai.

6. Memilih Produk Asuransi dari Perusahaan Terpercaya

Asuransi mobil yang terpercaya harus diterbitkan oleh perusahaan kredibel. Periksa lebih dulu apakah penerbit premi sudah mengantongi izin resmi atau belum. Serta, cari tahu bagaimana penilaian dari para nasabah lain atas kinerja perusahaan asuransi itu.

7. Perhatikan Kinerja Bengkel Rekanan

Tak kalah penting, bengkel yang menjadi rekanan penyedia asuransi harus merupakan bengkel resmi yang mempunyai kinerja baik. Dengan begitu, mobil Anda akan mendapat perawatan terbaik dan unggul.

Itulah beberapa tips dalam memilih asuransi mobil murah dan terpercaya yang bisa Anda coba. Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik, pastikan Anda mengunjungi Cekpremi.com. Tersedia banyak sekali pilihan asuransi mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Dengan perlindungan yang tepat, mobil pun bisa lebih aman dari resiko kejadian tidak terduga di masa mendatang. 

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.