MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Panduan Lengkap Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Panduan Lengkap Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online
Add Comments
21 February 2022

Sudah pada tahu kan ya. Kalau sekarang semuanya jadi lebih mudah. Apalagi di era digital seperti saat ini. Pastinya semua aktivitas bakal jadi lebih mudah dan cepat. Termasuk di dalamnya untuk urusan perpajakan dan dunia otomotif.

Cara cek plat nomor kendaraan secara online
Apalagi nih ya, sekarang kita bisa melakukan pengecekan terhadap plat nomor kendaraan secara online loh. Asal sudah tahu terlebih dahulu terkait syarat dan bagaimana langkah cek nomor plat online dengan mudah. Kalau sudah tahu hal tersebut, yakin deh siapapun bisa melakukannya.

Kemudahan aktivitas pengecekan plat nomor kendaraan yang bisa dilakukan secara online pastinya dong memberikan banyak keuntungan. Mulai dari mempersingkat waktu pengecekan hingga tidak perlu ribet untuk mengetahui informasi seputar kendaraan yang kita miliki dengan cara datang ke kantor Samsat. Semuanya sudah online.

Caranya simpel ya, cukup dengan menggunakan koneksi internet dan juga smartphone yang kita miliki saja. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah mengecek setiap plat nomor kendaraan yang kita miliki. Simpel banget kan.

Secara plat nomor kendaraan sekarang ini sudah kayak identitas gitu loh. Kalau kita kan punya KTP. Nah kalau kendaraan itu ya, plat nomor sebagai identitasnya entah itu kendaraan roda dua atau mobil.


Panduan Lengkap Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Walaupun sekarang ini proses pengecekan plat nomor kendaraan bisa dilakukan dengan mudah secara online.

Namun masih ada saja beberapa orang yang tidak tahu bagaimana sih langkah-langkah cara melakukan pengecekan plat nomor kendaraan secara online tersebut.

Nah untuk yang bingung bagaimana caranya. Tenang saja berikut informasi lengkap dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk proses cek plat nomor kendaraan secara online.


Cek Plat Nomor Kendaraan Online Lewat Aplikasi

Pertama, anda bisa mengecek plat nomor kendaraan dengan mudah secara online dengan cara menggunakan aplikasi cek plat nomor kendaraan yang bisa diinstall dengan mudah pada smartphone kita. Apalagi saat ini, beberapa provinsi dan daerah di Indonesia sudah memiliki masing-masing aplikasi untuk mengecek plat nomor kendaraan. Jadi simpelnya tinggal disesuaikan dengan provinsi atau daerah kita berada.

Kendaraan New Ertiga


Jadi tugas kita hanya menginstall dan juga menggunakan beberapa aplikasi cek plat nomor kendaraan sesuai dengan daerah tempat tinggal dan juga domisili dari plat nomor kendaraan yang digunakan.

Misalnya nih ya, kalau saat ini punya kendaraan bermotor dengan plat Jakarta, tinggal install deh aplikasi cek ranmor dan pajak DKI Jakarta. Begitu juga untuk beberapa daerah lainnya di Indonesia. Intinya sih, install aplikasinya sesuai dengan daerah tempat kita tinggal alias domisili.

 

Cek Plat Nomor Kendaraan Dengan E-Samsat

Selain menggunakan aplikasi, untuk mengecek plat nomor kendaraan juga bisa kok dengan menggunakan bantuan aplikasi E-Samsat.

Sama seperti saat menggunakan aplikasi di android atau smartphone lainnya. Website E-Samsat ini juga harus disesuaikan dengan daerah domisili tempat tinggal saat ini.

Namun sayangnya tidak semua provinsi memiliki fitur cek plat nomor kendaraan dan juga E-Samsat tersebut.

Beberapa daerah yang sudah memiliki fitur E-Samsat antara lain adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bali dan sebagainya.

 

Mobil Suzuki Xl7

Cek Plat Nomor Kendaraan Dengan Menggunakan SMS

Selain menggunakan aplikasi cek plat nomor kendaraan dan Website E-Samsat, ternyata bisa juga loh menggunakan bantuan SMS. Untuk prosesnya juga simpel.

Oh iya, untuk fitur cek plat nomor menggunakan sms ini menjadi pilihan buat mereka yang tidak memiliki smartphone. Dan satu lagi, cara ini bisa dinikmati oleh sebagian masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.

Karena caranya yang tergolong sederhana dan juga mudah dilakukan inilah membuat cara cek plat nomor kendaraan lewat SMS begitu diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Nah kira-kira itulah bagaimana cara cek plat nomor kendaraan dengan mudah menggunakan aplikasi, website E-Samsat, dan juga lewat SMS.

Silahkan digunakan sesuai kebiasaan. Tinggal dipilih dan dikira-kira mana sih metode cara cek plat nomor kendaraan paling efektif.

Semoga informasi yang saya tuliskan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk yang penasaran dan bingung tentang bagaimana cara cek plat nomor kendaraan secara online tanpa perlu datang ke kantor Samsat.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.