5 June 2021

Pengalaman Genose di Bandara Palu: Simpel dan Terjangkau

 

Sudah hampir setahun, WFH di Kota Palu membuat naluri jalan-jalan apalagi terbang mulai menghilang. Hingga tiba saatnya, ketika ada hal urgent yang benar-benar membutuhkan untuk segera terbang.


Awalnya sih, tidak tahu kalau di Bandara kota Palu sudah tersedia layanan Genose C19, tetapi iseng-iseng tanya ke rekan yang kerja di sekitar Bandara Mutiara Sis Aljufrie. Ternyata, saat ini sudah ada tes Genose di bandara Palu sebagai pelengkap metode tes lainnya yang sudah ada sebelumnya seperti rapid Antibody dan Antigen.

Karena jarak antara bandara dengan rumah cukup dekat, jadi survey dulu ke bandara terkait kebenaran informasi yang diperoleh. Untungnya sih informasi tersebut benar adanya. Jadi sekarang tinggal issued tiket penerbangan ke kota tujuan.

 

Sebelum memutuskan untuk melakukan Genose di bandara Palu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

biaya-tes-genose-di-bandara-palu


1.  Persyaratan di kota tujuan

Meskipun saat ini sudah banyak bandara yang memiliki alat tes Genose C19 tetapi sangat penting diketahui bahwa tidak semua kota bisa menerima hasil tes Genose C19 sebagai persyaratan masuk. Ada beberapa kota yang jika dikunjungi, harus minimal menggunakan tes Antigen. Bahkan ada juga kota yang mengharuskan SWAB PCR.

 

Jadi, jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu persyaratan di kota tujuan sebelum melakukan tes. Biasanya ketika membeli tiket penerbangan, persyaratan tes yang diterima sudah ada di notifikasi khusus.


2.  Letak Tempat Tes Genose di bandara Palu

Bandara Palu itu tidak luas kok, apalagi area pemberangkatan dan kedatangan. Hanya terdapat satu Gedung utama. Untuk lokasi tes genose di bandara Palu itu terletak di antara area keberangkatan dan kedatangan, tinggal jalan sedikit saja dari tempat parkir.

 

Saat ini sudah ada dua provider yang menyediakan layanan tes genose di bandara Palu, ada RS Samaritan dan Klinik Maxima. Letak tempat tesnya pun, juga berdekatan. Jadi, tinggal dilihat saja yang mana lebih sreg dari segi harga dan jumlah antrian.

 

3.  Biaya Tes Genose C19 di bandara Mutiara Sis Aljufrie

Saat ini memang sudah ada dua provider yang menyediakan layanan tes Genose C19 dengan harga yang berbeda.

v  RS Samaritan mematok harga sebesar Rp 90.000 setiap orang untuk satu kali tes.

v  Klinik Maxima lebih murah di harga Rp 85.000 untuk satu kali tes.

Dengan posisi lokasi yang berdekatan dan selisih harga hanya 5ribu, pilihan sebenarnya tergantung jumlah antrian sih. Kalau saya sendiri sih, memilih RS Samaritan karena sedikit antrian. Tetapi, kembali lagi ke preferensi masing-masing orang.

Prediksi saya sih, ke depan kemungkinan besar biaya tes Genose RS Samaritan bakal turun mengikuti harga Klinik Maxima.

 

4.  Waktu operasional

Waktu operasional tes genose di bandara Palu yaitu mulai pukul 05.00 – 17.00 baik RS Samaritan maupun klinik Maxima. Terus kenapa tidak 24 jam? Hal ini dikarenakan jam operasional bandara dan jadwal penerbangan yang ada hanya mulai pukul 06.00 pagi dan penerbangan terakhir yang melakukan pemberangkatn sekitar pukul 17.58 WITA.

 

Jadi, wajar saja kalua jama opersional tes genose di bandara Palu, cuma segitu doang. Nah, yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan penerbangan dan memilih tes genose C19 di bandara Palu, ada baiknya memilih penerbangan diatas pukul 07.00 WITA agar tidak terburu-buru untuk menjalani semua proses di bandara, mulai dari tes genose, check in dan boarding.

 

5.  Masa berlaku hasil tes genose C19

Sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh kementerian perhubungan bahwa penggunaan hasil tes Genose bisa dijadikan syarat terbang dengan masa berlaku 1 x 24 jam di hari yang sama.

 

Jadi, ada dua point penting dari masa berlakunya yaitu maksimal 1 x 24 jam dan tes nya dilakukan di hari yang sama. Contohnya begini: Jika jadwal penerbangan adalah pukul 06.00 esok hari dan ingin melakukan genose tes di malam hari sebelumnya, maka hasil tes ini tidak berlaku meskipun masih dalam kurun waktu 1 x 24 jam. Harus melakukan tes di hari yang sama dengan hari keberangkatan.

 

6.  Prosedur Tes Genose

Untuk melakukan tes Genose C19 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum waktu pelaksanaan tes:

v  Puasa sekitar 30 menit sebelum waktu tes.

v  Hindari makan dan minum yang bisa menimbulkan aroma kuat dan menyengat seperti durian, petai dan jengkol.

v  Jaga kebugaran tubuh agar tetap fit.

 

Sedangkan prosedur tesnya sendiri ketika datang pertama kali, petugas yang ada akan melakukan pendataan sesuai data diri dan jumlah orang yang ingin menggunakan tes genose. Setelah didata, baru deh dilakukan pembayaran. Saat ini, pembayaran hanya menerima pembayaran tunai, jadi pastikan membawa uang tunai.

 

genose-di-bandara-palu
Prosedur tes Genose C19

Ketika sudah selesai proses pendaftaran dan pembayaran tinggal menunggu jadwal untuk dipanggil ke area tes. Karena ini adalah Genose C19 yang merupakan metode tes berdasarkan udara yang dikeluarkan dari mulut maka prosedurnya seperti berikut:

  • Pastikan katup T-valve pada posisi terbuka sebelum napas dihembuskan. Biasanya petugasnya akan menjelaskan buka dan tutup T-valve ini.
  • Lakukan proses pernapasan melalui hidung dan dihembuskan lewat mulut sebanyak 3 kali (masih menggunakan masker)
  • Pada saat pengambilan napas ke-3, hembuskan langsung ke kantong napas hingga penuh dan jangan lupa untuk menutup katup T-valve agar udara tidak keluar.
  • Setelah itu tinggal serahkan kantung udaranya ke petugas sambil menunggu hasil analisisnya.

 

Sebagai syarat penerbangan, bagiku Genose C19 ini jauh lebih simpel dan tidak menimbulkan efek tidak nyaman ketika tes karena prosesnya hanya menggunakan hembusan udara dari mulut. Seperti niup balon. Dibandingkan dengan tes Antibody yang harus ditusuk jarinya untuk mendapatkan sampel darah atau tes Antigen dan SWAB PCR yang dicolok hidungnya menggunakan alat tertentu dan menimbulkan efek tidak nyaman, serasa ingin bersin dan muntah tetapi tidak bisa. Apalagi, biaya Genose di bandara Palu ini lebih terjangkau dan cepat.

 

Semoga pengalaman ini bermanfaat dan menjadi referensi buat penumpang yang ingin melakukan tes Genose di bandara Palu.

33 comments:

  1. Setelah stasiun, genose mulai digunakan di beberapa bandara. Aku belum pernah menggunakan genose untuk alat test.
    Dengan harga yang lebih terjangkau, genose memang sering dimanfaatkan orang-orang ketika akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum.

    Makasih untuk infonya mas talif.

    ReplyDelete
  2. Hasil tes-nya lama ga harus nunggunya ?

    Btw, thanks infonya mantapp bgt, terutama pas poin 5 yang berlaku 24 jam tapi harus di hari yang sama dengan keberangkatan..
    kalo di sini missed, bisa kacau semua jadwal perjalanan :D

    ReplyDelete
  3. Wahh semoga semua bandara di Indonesia bisa ada genose semua....jd bsa di terima dimana2...tp utk harga kenapa beda ya di stasiun 30K di bandara sampe 85K...tp mungkin tergantung tempat ya...nice info kak...sehat selalu

    ReplyDelete
  4. point-pointnya semua jelas kak, baru tahu sekarang di bandara bisa pakai genose. Walaupun sepertinya belum semuanya.
    Thank you kak infonya

    ReplyDelete
  5. Genose di Bandara Palu lumayan mahal ya mas jika dibandingkan sama di stasiun di Jakarta.

    Informasinya bermanfaat banget mas terutama harus puasa dan dilarang makan makanan yang berbau tajam. Ini tuh bakal mempengaruhi hasilnya ya kalau makan makanan berbau tajam?

    ReplyDelete
  6. Wahh Pengalaman menarik nih Mas Taumy, kapan ya kira kira Bandara di Jakarta bisa seperti ini, jadi ngak terlalu pusing kalau mau pulang kampung, tapi memang harganya terlalu mahal kalau dibandingkan dengan di Jakarta, hampir lima kali lipat malah

    ReplyDelete
  7. Ooh kirain gratis :)
    Tapi keren sih ini, produk Indonesia kan

    ReplyDelete
  8. Aku baru coba genose itu di stasiun, aku ndak tau kalo di bandara itu ada. Kan lumayan hemat.

    ReplyDelete
  9. Cobain genose, memang lebih nyaman daripada antigen atw Swab PCR. Cukup tiup dan tunggu hasil. Hehe

    ReplyDelete
  10. Dengan adanya genose jadi lebih simpel ya, hidung nggak perlu ditusuk-tusuk lagi. Dan bener sih, jadi nggak nyaman. Gara-gara hal ini aku juga malas pergi keluar kota yang mengharuskan antigen.

    Genose ini menurutku sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  11. Bener banget kalau test genose ini lebih memudahkan para calon penumpang. Selain cara pengambilan tesnya yg simple, harganya juga ramah dikantong. Para pelancong, siap-siap checklist satu persatu bucket list kalian nieh. 😆🤭

    ReplyDelete
  12. Lengkap banget informasinya! Jadi tau cara kerja Genose, selama ini cuma baca selewat-selewat aja. Hehe. Harganya juga cukup terjangkau ya, cuma masa berlakunya singkat banget.

    ReplyDelete
  13. wahhh kalau di bandara palu boleh juga pake tes genose ya mas? aku kira klo penerbangan wajib tes antigen/PCR gitu, dan genose khusus KA hoho

    ReplyDelete
  14. Belum kesampean Genose di bandara, pengen deh biar lebih irit. Eh tapi itu kok mahal ya. Hahaha. Sedih.

    ReplyDelete
  15. Saya pertama kali coba GeNose di bandara Radin Inten II di Lampung, hasilnya cepet banget gak sampe 5 menit malah haha. Selain cepet harganya jauh lebih murah dari Antigen.

    ReplyDelete
  16. Thank you mas sharingnya, belom pernah nih nyobain Tes Genose ini. Tapi bener sih menarik nih, buat ngurangin siksaan ke hidung yang harus sering dicolok plus tangan yang ditusuk muluk. Eh, tapi tes genose di stasiun kayanya lebih murah yah.

    ReplyDelete
  17. Informatif, Mas...jadi tahu tentang tes Genose saya
    ternyata tiap kota notifikasi beda ya, mesti hasil SWAB, Antigen atau Genose. Asli belum kemana-mana selama pandemi. Murah ya kalau harga 85-90 ribu dibanding tes lainnya

    ReplyDelete
  18. Waaaahh informasinya lengkap sekali 😍 thankyou Mas info lengkapnya. Jadi pengen nyobain Genose

    ReplyDelete
  19. Enaknya genose selain murah juga nggak perlu di 'tusuk2' kayak pas lagi swab. Soalnya tiap swab kalo aku mayan pedih juga. Cuma harus lebih teliti lihat daerah mana yang sudah memperbolehkan pakai hasil genose

    ReplyDelete
  20. semenjak pandemi belum pernah lagi bepergian menggunakan pesawat atau kereta, yang mengharuskann tes tes seperti itu

    cuma denger ceritanya aja, dijemberengin begini jadi kebayang banget harus gimana gimanya kalo kebetulan harus traveling yang mewajibkan tes covid dulu

    setuju, sepertinya lebih enak pake genose ini ya, tinggal tiup aja, ngga perlu sakit di urek urek idung atau di tusuk

    ReplyDelete
  21. Tapi baru bandara tertentu dan tujuan tertentu yah yang bisa pakai Genose, bermanfaat banget infonya Mas.

    ReplyDelete
  22. Aku belum pernah tes genose, jadi tau baca tulisan ini. Btw andai semua daerah bisa genosean aja yaaa

    ReplyDelete
  23. Wahh harganya lumayan ya ternyata kalau Genose di Palu, sama Kaya harga Antigen di Jakarta hehe

    Nice info mas, aku justru baru tau kalau kita kudu puasa 30 menit sebelum tes Genose hehe

    ReplyDelete
  24. Walaupun ini mengenai genose di bandara palu, namun informasi tentang genose itu sendiri berguna banget. Beneran simple dan cukup nyaman dibandingkan test lain. Dengan catatan, seperti yang mas Taumy bilang, check dulu bandara tujuan menerima hasil genose ndak. Padahal Hasilnya akurat ya... Secara pribadi saya pengen coba.

    ReplyDelete
  25. Aku pernah dapat pelatihan tentang Genose ini, sebagai info tambahan aja, Genose itu sebenernya alat pendeteksi dengan udara, nah jenisnya sbnernya banyak. ada yg untuk pendeteksi makanan, sampai ke farmasi dan medis. Khusus Genose pendeteksi Covid-19 ini dirancang khusus dengan Genose lainnya. jadi seharusnya masyarakat bisa menyebutnya dgn Genose-C19 dengan lengkap hehe. krn itu yg membedakan mesin Genose C19 dgn lainnya.

    Ditambah teknik melepas napasnya yg jarang org tau juga sebenernya harus dari perut, ibaratnya kaya narik napas pas kita mau renang. karena kalau dari kerongkongan, bisa jadi napas yang keluar hanya dari sebagian dari kerongkongan saja. tapi kalau dari perut secara bersamaan, udara yg keluar bisa dari perut-tenggorokan-paru paru- hingga kerongkongan. karena ternyata virus covid-c19 ini ternyata bisa aja gak menyerang ke paru-paru. tapi menginfeksi sel-sel yang ada di sistem gastrointestinal. jadi hasilnya lebih akurat.

    Gimanapun juga kita harus bangga buatan Indonesia ini :) semoga di segala aspek Indonesia punya banyak teknologi berbasis AI buatan sendiri

    ReplyDelete
  26. Saya baru tahu ada metode yang lebih aman daripada tes swab bernama genose, rangkaian tes nya pun lebih ringkas ya kak.. Tapi gak semua wilayah sudah menerapkan tes genose ini ya, apakah swab jauh lebih akurat dibanding genose?

    ReplyDelete
  27. Baru tahu ternyata gak semua bandara menyediakan tes genose ya. Setuju sama saran mas Taumy kalo mau tes, cari tahu dulu apakah di kota tujuan berlaku tes genose atau gak.

    Terus ternyata harganya gak telalu mahal yaaa.

    ReplyDelete
  28. Aku pertama kali tau tes Genose itu dari teman, tapi kayak sanksi. Tapi pas baca artikel ini ternyata benar ya hehe
    Lebih simple dari tes yg dua itu. Apalagi semenjak ada cased oknum nakal yang 'mainin'

    ReplyDelete
  29. Saya kira genose cuma ada distasiun kereta aj, ternyata sekarang di bandara palu juga ada ya, bener sih lebih simple dan gak sakit dicolok idung ya hehe

    ReplyDelete
  30. temenku dites positif pake genose abis makan tahu isi. temennya yg makan tahu isi jg positif. akhirnya pcr dan negatif. Kayanya si genose kurang gt valid ya.

    ReplyDelete
  31. Wah, bermanfaat sekali informasinya mas...�� dipaparkan dengan jelas dan lengkap. Sepertinya tes Genose terdengar sebagai tes yang memang paling nyaman dan menyenangkan ya����

    ReplyDelete
  32. Aku sebagai orang yg tiap bulan di colok hidungnya buat swab antigen, ngeliat cara test genose koook ingin menangiiissss.

    Kenapa kantorku gak pake genose ajaa yaaa 😬

    ReplyDelete
  33. Sayang gak ada lagi ya.aku juga baru smpet nyoba sekali di bandara..dan sangat gampang plus terjangkau huhu

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search