MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula
Add Comments
6 November 2023

 Bro, ada nggak sih bisnis online tanpa modal, terus jalaninya cuma dari rumah doang? Kebetulan lagi pengen resign nih dari kerjaan corporate sekarang. Pengen mulai bisnis agar bisa dekat dengan orang tua

Bisnis Online

Pernah nggak dapat pertanyaan seperti itu dari teman main? Kalau pernah, berarti memang circle kalian sudah berada dalam circle matang. Alias bukan hanya mengandalkan teman main untuk nongkrong doang tetapi juga untuk memikirkan masa depan. Apalagi terkait bisnis online.

Sejak pandemi, kehadiran bisnis online ini memang jadi banyak pilihan yang bisa dilakukan. Mulai dari modalnya memang sedikit, hingga bisa dilakukan sefleksibel mungkin. Tetapi, jika salah perencanaan, bisa-bisa usahanya jalan di tempat.

Makanya penting banget nih memperhatikan tips bisnis online untuk pemula. Apa saja itu? Ayo, disimak baik-baik ya.

Tips Cara Memulai Bisnis Online

Memulai usaha secara daring itu pastinya sudah tahu plus dan minusnya kan. Nah, kalau sudah maka berikut tips memulai bisnis online untuk pemula.

1. Pelajari target pasar

Setiap barang yang dijual, pasti berdasarkan kebutuhan. Layaknya teori supply and demand. Begitupun jika ingin memulai bisnis online. Umumnya, masyarakat yang terbiasa belanja online adalah mereka yang melek akan teknologi seperti generasi sandwich dan generasi milenial.

Nah, jika sudah tahu target pasanya baru deh difokuskan lagi. Apakah targetnya hanya generasi sandwich atau generasi milenial saja? Atau malah dua-duanya. Jika sudah tahu target pasarnya baru deh kemudian dilakukan riset mendalam terkait barang-barang yang dibutuhkan oleh target pasar yang ingin kita kejar.

2. Mulai dari bisnis berdasarkan hobi

Setiap orang pastinya punya hobi. Ternyata dari hobi seperti ini, bisa menjadi ide bisnis online. Apalagi jika memulainya berdasarkan hobi. Artinya kita memulai bisnis berdasarkan apa yang disukai. Hal positif jika memulai bisnis online berdasarkan hobi itu adalah lebih nyaman dalam menjalani dan lebih menguasai barang yang dibutuhkan serta pastinya target pasarnya juga sudah jelas dan sudah tergambarkan dengan baik.

Contohnya jika punya hobi lari, maka tidak ada salahnya memulai bisnis terkait item-item lari mulai dari celana dan baju lari, sepatu, topi hingga minuman penunjang aktivitas lari.

Pastinya sih cara bisnis online berdasarkan hobi ini jauh lebih menarik dan sudah memiliki arah.

3. Memanfaatkan relasi

Relasi adalah kunci dalam menjalankan usaha termasuk didalamnya bisnis online tanpa modal. Dengan relasi yang dimiliki,  bisa banget memulai bisnisnya dengan sistem PO alias Pre Order. Jadi, kita akan menyediakan barang atau jasanya jika sudah ada PO. Nah dengan sistem seperti ini, modal yang dikeluarkan sangat minim bahkan tanpa modal karena sudah dibayarkan terlebih dahulu sebelum barang tersebut dibuat. Menarik kan.

Pentingnya relasi disini adalah untuk meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen atau calon pembeli. Semakin banyak relasi maka peluang untuk memulai usaha online dengan pre order juga semakin besar.

4. Bangun promosi dan ide via media sosial

Siapa sih zaman sekarang tidak punya media sosial? Pastinya pada punya kan ya. Nah, jika sebelum memulai bisnis, media sosial hanya diperuntukkan untuk kebutuhan lifestyle saja. Kini saatnya hal tersebut diubah. Jadikan media sosial sebagai media marketing barang yang kita jual.

Bisnis Online Untuk Pemula

Bahkan saat ini, banyak juga loh menerapkan cara memulai bisnis online hanya bermodalkan media sosial saja. Karena memang sih, media sosial menjangkau semua kalangan umur dan bisa ikut memanfaatkan hashtag yang lagi viral.

5. Gunakan marketplace

Cara bisnis online terbaik menurut saya adalah dengan menggunakan marketplace. Jujur, marketplace saat ini sangat pro pengusaha. Bayangin saja, setiap orang bisa loh buka toko online di marketplace. Bahkan ada juga marketplace yang menuntun cara memulai bisnis online hanya dengan satu produk saja. Seperti yang dilakukan oleh marketplace Lazada.

Oh iya, sekadar informasi nih mungkin ada yang belum tahu kalau Lazada itu merupakan platform belanja nomor 1 di Indonesia. Makanya barang yang dijual pun beragam sesuai dengan kebutuhan semua umur. Selain itu, pastinya Lazada menjangkau seluruh Indonesia, jadi peluang mendapatkan pembeli juga terbuka lebar.

Nah, bagi yang ingin memulai usaha online di Lazada itu bisa banget. Apalagi sekarang banyak banget keuntungan yang bisa dinikmati jika menjadi seller Lazada. Seperti komisi 0%, gratis ongkir maksimal, bakal dibantu oleh para ahli selama 90 hari, jaminan jangkaun jutaan pelanggan, ada program inkubasi penjual baru hingga proses jualan dari mana saja dan kapan saja. Menarik banget kan jadinya.

Bisnis online tanpa modal

Langkah-langkah Memulai Bisnis Online di Lazada

Dengan berbagai keuntungan menjadi seller baru di Lazada, makanya tidak heran jika banyak banget yang ingin jualan. Berikut langkah-langkah cara jualan di Lazada:

1. Buka Website atau Aplikasi Lazada

2. Pilih bagian Daftar Sebagai Seller Lazada

3. Daftar menggunakan No HP dan alamat email.

4. Upload dokumen atau NIB berbasis resiko jika mendaftar sebagai korporasi.

5. Jangan lupa untuk isi rekening bank

6. Lakukan proses unggah produk minimal 1 produk saja

7. Tinggal menunggu pesanan dari pembeli

Simpel banget bukan? Jadi dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, maka sudah bisa memulai bisnis online di Lazada.

Cara memulai bisnis online

Selain sebagai marketplace, Lazada juga punya situs tips loh. Namanya Yuk Jualan Online. Dari situs tips Yuk Jualan Online, kita bisa mencari ide bisnis online di dalamnya. Apalagi buat para pemula yang belum punya gambaran sama sekali tetapi ingin buka usaha, tinggal masuk saja ke dalam situsnya. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan membaca di situs Yuk Jualan Online:

1. Bisa mencari ide jualan berdasarkan tren saat ini.

2. Mendapatkan insight mulai dari tips jualan hingga tips live streaming.

3. Banyak inspirasi yang bisa dipelajari dari keberhasilan seller lain.

4. Bisa ikut bergabung dengan komunitas seller Lazada se-Indonesia

Bagaimana? Sudah ada gambaran kan cara memulai bisnis online tanpa modal. Mulai dari menjadi seller di Lazada dan membaca Yuk Jualan Online hingga menerapkan sistem pre-order pada saat jualan. Terus jangan lupa untuk memulai bisnis berdasarkan hobi dan selalu membangun relasi. Mulai saja dulu, apalagi semuanya bisa dilakukan dari rumah. Usaha jalan, dekat dengan keluarga.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Lazada ini belakangan kurang bergaung ya, semoga bisa kayak toko ijo dan toko oren yang aktif bikin pelatihan supaya seller bisa closing

    ReplyDelete
  2. Menentukan target market yang jelas ini kadang yang dilupakan oleh pebisnis online pemula. Sukanya bilang mulai saja dulu. Nanti mengikuti.

    AKhirnya susah mengembangkan.

    ReplyDelete
  3. Saya sih belum nemuin teman yang resign untuk jualan online. Tapi kalo jualan online sambil kerja, ya banyak, hehehe... Mungkin kalo sudah mandiri dan berpenghasilan besar, bisa memutushkan untuk jualan online.

    Semakin mudah aja ya jualan online di Lazada. Apalagi tips dan trik bisnis online juga bisa disimak di website yuk jualan online. Dengan bergabung di Lazada, seller semakin dimanjakan dan dimudahkan dengan fitur-fitur yang ada.

    ReplyDelete
  4. Menggunakan marketplace utk jualan ini emg udh cara paling mudah dan praktis ya kak. Udh syaratnya gampang, dpt bimbingan konsultasi, eh komisinya dikasih semua ke pemilik usaha. Enak bgt tuh. Hrs gercep nih jualan di Lazada. Sbkm penjual lain rame2 ke sana.

    ReplyDelete
  5. Pernah banget dapet pertanyaan bisnis online tanpa modal. Apalagi buat emak-emak nih. Apalagi semenjak pandemi banyak banget yang beralih profesi bikin usaha sendiri dan memasarkan secara online. Salah satunya berjualan di Lazada. Ternyata mudah banget yaa dan banyak banget keuntungannya.

    ReplyDelete
  6. langkah-langkahnya mudah banget ya jadi pengen coba usaha olshop

    ReplyDelete
  7. Zaman sekarang serba digital, bahkan jualan bisa secara online. Saya pun ingin belajar nih jualan online. Untung ada Lazada ada Yuk Jualan Online, bisa belajar dulu...

    ReplyDelete
  8. Jadi ada gambaran lebih nih kak untuk memulai usaha online. Terutama dalam hal memilih e-commerce yang memberikan banyak benefit

    ReplyDelete
  9. Kalau berbisnisnya dari rumah semangatnya memang beda ya kak, jadi kayak ada kekuatan dan ingin terus belajar jadinya. Apalagi ini bareng Lazada yang menjadi dukungan mantapnya

    ReplyDelete
  10. Menjadi seller di Lazada dan belajar di website yukjualanonline adalah cara sukses jadi pebisnis online ya kak

    ReplyDelete
  11. Jawabnya ada bro, pokok bener-bener mau. Jualan aja di Lazada. Caraa gabung jadi sellernya mudah kok. Btw keren nih Lazada udah jadi seller gampanh, masih ada blog khusus dengan berbagai tips untuk meningkatkan penjualan.

    ReplyDelete
  12. Selain dari caranya yang mudah jualan di Lazada, juga banyak fitur-fitur yang menguntungkan.

    Cocok banget buat pemula yang bari memulai bisnis nih.

    ReplyDelete
  13. temans aya banyak yang buka usaha online di lazada Mas katanya memang ngebantu banget jualannya dikenal dan banyak yang laku, jadi pengen ikutan juga nyobain jualan online di Lazada karena pendaftarannya mudah sekali ya

    ReplyDelete
  14. Makin ke sini seller makin dipermudah ya buat jualan online. Apalagi bisa belajar banyak bagi pemula lewat situs Yuk Jualan Online.

    ReplyDelete
  15. nah ini dia, bisnis online itu sepertinya menjanjikan yaa.. yang punya toko offline, buruan gih bikin toko onlinenya juga ^^

    ReplyDelete
  16. Bener banget nih! Marketplace emang jadi tempat yang oke buat ngejar peluang bisnis online. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, kayaknya gak ada alasan buat nggak mencoba jualan di Lazada. Semua serba praktis dan bisa nyampe ke banyak pelanggan. Kapan lagi punya peluang kayak gini, yuk coba jadi seller Lazada sekarang! πŸ’ΌπŸ“±πŸ’°πŸš€

    ReplyDelete
  17. Membuka usaha online ini keren banget sih ya..
    Berani melangkah dan memulai juga belajar bareng di yukjualanonline sehingga bisa sukses.

    Tapi aku pernah juga melihat jualan dengan cara nebeng hastag atau konten viral. Asal bisa membuatnya menjadi konten yang mengedukasi, tentu akan sangat baik sekali.

    ReplyDelete
  18. Skrng jaman makin dipermudah untuk jualan ya kak,
    Tanpa modal lapak bisa jualan lewat online, tapi klau jualan biasanya harus ada relasi dan target pasar yg tepat biar jualanya lancar jaya.

    ReplyDelete