Mengenal Lebih Dekat MRT Jakarta dalam Forum Jurnalis

Warga Jakarta cukup berbangga, akhirnya setelah penantian panjang, Mass Rapid Transit (MRT) akhirnya beroperasi pada tanggal 25 Maret 2019. Berbagai programpun turut memeriahkan peluncuran perdana MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI, salah satunya adalah naik MRT gratis. Banyak cerita, liputan dan kebanggaan setelah peresmian MRT ini oleh Presiden Joko Widodo. Keberadaan MRT bukan hanya sekedar alat transportasi belaka tetapi juga menjadi simbol kemajuan peradaban Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam melakukan mobilisasi.

Setelah satu bulan lebih beroperasi, MRT Jakarta menyelenggarakan Forum Jurnalis PT MRT Jakarta Bulan Mei, pada Rabu 29 Mei 2019 bertempat di Pikul Coffe, Cipete Raya. Forum ini menyajikan berbagai analisa terhadap perkembangan jumlah penumpang, hingga memaparkan beberapa program MRT kedepan baik dalam menyambut Lebaran maupun dalam upaya meningkatkan jangkauan pelayanan dari MRT itu sendiri.

 
Forum Jurnalis MRT Jakarta Mei 2019
Forum Jurnalis MRT Jakarta Mei 2019

Analisis perkembangan jumlah penumpang terhadap penerapan tarif 50 %

Setelah tarif MRT digratiskan pada masa uji coba, maka pada bulan Mei tepatnya dari tanggal 1 hingga 12 Mei diberlakukan tarif 50%. Pada masa ini, rata-rata jumlah penumpang harian adalah 82.643 penumpang. Setelah masa ini, yaitu pada tanggal 13 Mei 2019 diberlakukan tarif resmi. Awalnya, akan muncul kekhawatiran akan menurunnya jumlah penumpag tetapi ternyata berdasarkan hasil analisis dan perhitungan data penumpang untuk 13 hingga 17 Mei, rata-rata penumpang harian adalah 81.338 penumpang. Hal ini menunjukkan bahwa, tidak adanya penurunan signifikan jumlah penumpang meskipun tarif normal diberlakukan. Penurunan jumlah penumpang hanya terjadi disetiap weekend.
 
Forum Jurnalis MRT Jakarta Mei 2019
Jumlah Penumpang Mei 2019

Jelajahi Jakarta Edisi Lebaran

Meskipun lebaran identik dengan mudik ke kampung halaman masing-masing dan menyisakan segelintir orang di Jakarta, MRT pun turut andil dalam melayani warga yang masih ada di Jakarta selama liburan lebaran melalui program yang diberi nama Jelajahi Jakarta Edisi Lebaran. Sesuai dengan namanya, Jelajah Jakarta maka selama liburan lebaran para pengguna MRT akan diberikan kemudahan dan informasi terkait MRT dan Jakarta seperti:
  1. Pembelian tiket rombongan; mengelilingi Jakarta bersama MRT memang paling seru jika dilakukan bersama rombongan keluarga ataupun sahabat sehingga MRT Jakarta pun mengakomodir kebutuhan ini melalui penjualan tiket rombongan mulai dari tanggal 4 hingga 9 Juni 2019.
  2. Penyediaan tour guide; pada setiap jadwal keberangkatan dari Bundaran HI-Lebak Bulus ataupun sebaliknya akan disediakan tour guide yang akan mendampingi penumpang rombongan dan akan menjelaskan tentang MRT, manners ketika berada di dalam stasiun dan ratanga dari MRT Jakarta. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Volunteer dengan Divisi Customer Engagement,
  3. Pembagian peta lokalitas MRT Jakarta dan integrasi dengan moda transportasi lainnya disamping promo voucher beberapa outlet seperti Outback Steakhouse.


Jadi, bagi yang masih berada di Jakarta ketika libur lebaran tiba, maka sebaiknya menikmati program Jelajah Jakarta dari MRT Jakarta.
 
Forum Jurnalis MRT Jakarta Mei 2019
Jelajahi Jakarta Edisi Lebaran 2019

Perkembangan Fasilitas MRT Jakarta

Operator seluler

Sebagai moda transportasi terbaru di Jakarta, salah satu hal yang penumpang inginkan adalah ketersediaan sinyal seluler ketika menggunakan MRT. Hingga akhir Mei 2019 sudah terdapat 3 operator seluler yang bisa digunakan disetiap area MRT yaitu Telkomsel, Smartfren dan Tri. Untuk provider lainnya masih dalam proses kerjasama.

Integrasi moda transportasi lainnya

Perkembangan MRT Jakarta juga dilakukan dengan mengintegrasikan moda transportasi yang sudah ada sebelumnya seperti Transjakarta dan Commuter Line. Untuk saat ini, sudah ada beberapa titik integrasi yang sudah berjalan seperti di jalur integrasi Dukuh Atas dan Fatmawati.
 
Forum Jurnalis MRT Jakarta Mei 2019
Integrasi Transjakarta di Dukuh Atas dan Fatmawati

Ketersediaan park and ride

Untuk rute MRT Fase I, terdapat 6 area Park and Ride yaitu:
1. Park and Ride Ex Polri.
2. Park and Ride South Quarter
3. Park and Ride Jaktour
4. Park and Ride Tripatra
5. Park and Ride Mulia Graha
6. Park and Ride JIS.

Dari 6 park and ride tersebut, saat ini yang beroperasi barulah park and ride Ex polri dan Jaktour. Sisanya baru dalam proses koordinasi dan pembangunan konstruksi.

Forum Jurnalis MRT Jakarta Mei 2019
Perkembangan Park and Ride South Quarter


Selain itu untuk progress pembangunan MRT Fase 2 baru dalam proses bidding dengan paket pekerjaan adalah underground section civil 1. Jadi kini saatnya, kita menjadi bagian dalam melihat perkembang MRT Jakarta dari hari ke hari menuju moda transportas terbaik Ibukota.

No comments:

Powered by Blogger.