5 Destinasi Wisata di Sekitar Kota Palu yang Masih Ada Paska Gempa dan Tsunami

Paska gempa dan tsunami Palu-Donggala berbagai bangunan porak-poranda hingga membuat aktivitas ekonomi lumpuh. Tidak mau berdiam diri merenungi nasib, lambat laun Kota Palu berusaha bangkit begitupun dengan sektor pariwisatanya. Di sekitar Kota Palu sendiri terdapat beberapa destinasi wisata, baik yang baru muncul paska gempa dan tsunami maupun yang tetap bertahan dan tidak mengalami kerusakan fatal. Meskipun memang, ikon Kota Palu, Jembatan Ponulele sudah runtuh. Tetapi, jangan khawatir, bagi para traveler Palu tetap layak untuk dikunjungi. Berikut daftar destinasi wisata di sekitar Kota Palu yang menjadi ikon nan instagramable.

Destinasi wisata di sekitar Kota Palu yang Instagramable

 1. Monumen Nosarara Nosabatutu

Nosara Nosabatutu dalam bahasa Kaili yang artinya ‘bersama kita satu’, merupakan monumen yang dibangun sebagai lambang semangat perdamaian dalam kesatuan NKRI. Monumen ini terbuka untuk umum dan telah dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata kota Palu. Berada dikawasan bukit Tondo, monumen ini tampil dengan bentuk unik berlantai 4. Menuju monumen bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Tetapi sangat sulit menemukan kendaraan umum yang melintas di sekitar kawasan.


Destinasi wisata di sekitar Kota Palu yang Instagramable
Monumen Nosarara Nosabatutu Kota Palu

Ada banyak yang bisa dinikmati jika sudah sampai dikawasan monumen, seperti gong perdamaian, wisata swafoto yang instagramable, resto hingga melihat Kota palu dengan teluk indahnya dari ketinggian. Selain itu pula dikawasan ini tersedia flying fox sebagai wahana untuk uji adrenalin.


2. Hutan Kota Palu

Berada di Talise, Palu Timur, Hutan Kota Palu muncul sebagai alternatif wisata yang murah meriah bagi para pengunjungnya. Sebagai hutan kota, sudah dipastikan bahwa suasana asri dengan pohon-pohon akan ditemukan ditempat ini. Tetapi khusus hutan kota Palu, keberadaan taman kaktus menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan tidak jarang orang yang datang rela antri untuk mengabadikan taman kaktus nan ikonik. Bagi sebagian orang, kaktus mungkin tidak begitu menarik tetapi di taman kaktus bisa dijumpai sekumpulan kaktus dengan ketinggian mencapai 4 meter. Hal ini yang menyebabkan hutan kota Palu sebagai salah satu destinasi wisata kota Palu yang instagramable dan tidak pernah sepi pengunjung.

Destinasi wisata di sekitar Kota Palu yang Instagramable
Taman kaktus di hutan Kota Palu (Sumber: IG @taumy.alif)

Di sekitar kawasan juga sudah dilengkapi fasilitas pendukung seperti toilet, area parkir, amphitheater, lapangan basket hingga tempat foto menggunakan kostum ala-ala Korea. Kata beberapa pengunjung, hutan Kota Palu mirip dengan salah satu kawasan di Pulau Nami-Korea Selatan.

3. Sate Mobil

Bagi sebagian orang, sate identik dengan makanan berbahan dasar daging baik ayam, kambing maupun sapi. Tetapi di Kota Palu terdapat salah satu destinasi wisata unik yaitu Sate Mobil yang terletak di kawasan Padanjese, Donggala Kodi-Palu Barat. Berkunjung kesini, maka bisa menyaksikan tumpukan mobil hingga 7 unit dan sangat instagramable bagi para pencinta media sosial.
 
Destinasi wisata di sekitar Kota Palu yang Instagramable
Sate mobil (sumber IG. Wisata Palu)
Selain Sate Mobil, dikawasan ini pula terdapat beberapa fasilitas umum untuk pengunjung seperti musholla, toilet, area parkir hingga cafe dan resto dengan menu yang enak dan harga terjangkau. Bahkan ketika malam hari tiba, kawasan yang terkenal ini karena posisinya berada diatas bukit tampak begitu menarik untuk melihat panorama Kota Palu dan teluknya dari ketinggian.


4. Masjid Apung

Terletak di pesisir Pantai Talise, Masjid Apung yang bernama lengkap Masjid Arkam Babu Rahman menjadi salah satu saksi kehebatan Tsunami yang menerjang Kota Palu tanggal 28 September 2018 yang lalu. Sesuai namanya sebagai Masjid Apung karena tampak terapung jika air pasang tiba meskipun ditopang oleh tiang-tiang beton.

Destinasi wisata di sekitar Kota Palu yang Instagramable
Masjid apung kota Palu

Paska Tsunami Palu, Masjid Apung ini benar-benar tampak terapung. Tiang penopangnya runtuh hingga semua bagian lantai menyentuh dasar pantai. Baik kondisi pasang maupun surut, masjid ini benar-benar tampak terapung meskipun sekarang sudah tidak difungsikan lagi sebagai tempat ibadah. Tetapi keberadaan Masjid Apung ini tumbuh dan tenar sebagai ikon baru Kota Palu sekaligus landmark baru. Lokasi foto pre wedding, swafoto hingga menjadi latar foto bersama rekan adalah hal yang wajar jika berkunjung ke Masjid Apung. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Apung sebagai salah satu destinasi ‘baru’ di Kota Palu.


5. Pusat Laut Donggala

Mendengar kalimat ‘Pusat Laut’ maka terbayang satu titik yang ada di tengah laut. Tetapi hal ini benar-benar berbeda. Pusat Laut Donggala atau warga lokal menyebutnya 'Pusentasi' merupakan cekungan di daratan dekat dengan pantai yang terisi dengan air. Cekungan ini membentuk sumur dengan lebar 10 meter.
 
Destinasi wisata di sekitar Kota Palu yang Instagramable
Pusentasi-Pusat Laut Donggala
Salah satu hal yang menakjubkan dikawasan ini karena Pusat Laut benar-benar terpisah dari laut tetapi memiliki kondisi air tenang dan jernih. Tidak jarang pengunjung yang datang hanya beraktivitas terjun bebas ke dalam pusat laut. Jika sudah berada di dalamnya, jangan khawatir karena terdapat tangga untuk kembali naik ke daratan. Menuju Pusentasi dapat ditempuh dari Kota Palu selama kurang lebih 1 jam dengan menyusuri jalan Trans Sulawesi arah Donggala.


Nah, itu semua daftar destinasi wisata kota Palu yang masih ada paska gempa dan tsunami. Jangan khawatir untuk datang ke Palu karena pesonanya tidak memudar. Salam #PaluBangkit

47 comments:

  1. Walaupun pernah mengalami tsunami, Palu masih Indah ya. Dan sate mobil, masjid apung, dan pusat laut donggala bikin aku penasaran pengen ke sana. Next datang ke Palu.

    ReplyDelete
  2. Saya pernah ke Palu dan berfoto dengan latar belakang jembatan kuning tang terkenal itu.
    Sate mobilnya unik juga ya...

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah ke Palu tapi mendengar cerita temen2 yg sdh pernah kesana memang sangat bagus.
    Btw yang pusentasi pernah baca juga di blog mas taumy ini ya. Alhamdulillah msh aman ya.
    Semoga palu segera bangkit!

    ReplyDelete
  4. Semoga Palu lekas kembali beroperasi dan semakin jaya ya, Mas. Tsunami yang melanda hanya akan memperkuat kota ini.

    ReplyDelete
  5. waahhh, ternyata Palu banyak juga spot instagramable nya dan bahkan jauh lebih menarik ya.
    Takjub banget sama kekokohan masjid terapung tersebut, beneran jadi landmark baru ya, semoga nantinya bisa lebih dipugar dan dibuat lebih menarik lagi, agar bisa dinikmati dengan mudah dan lebih indah oleh semua orang, sebagai pengingat akan besarnya kuasa Allah :)

    ReplyDelete
  6. Pusat laut itu airnya asin gak ya? Kenapa sebutannya pusat laut ya hmm

    ReplyDelete
  7. Nice info bang.
    O ya, sate mobil itu apakah dibuat pemda/ pemprov buat monumen supaya orang hati2 berkendara?

    Kalo di sumatera utara, di jalan lintas ada monumen mobil Rusak.
    Sengaja dibuat karena tinggi nya angka laka lantas di sana.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, walaupun di Palu pernah tsunami tetapi masih ada tempat-tempat yang indah dan unik.

    ReplyDelete
  9. Ternyata aman ya Palu untuk didatangi. Sempat was2 juga saat ada ajakan ke sana. Tapi blm smpat main ke beberapa tmpt yang diceritakan di sini. Next pasti mampir deh. Tfs :)

    ReplyDelete
  10. pusat lautnya keren sekali. pengen ke situ

    ReplyDelete
  11. Pengen ke pusat lauuttt.

    Yang sate mobil kirain org jual sate di mobil macem foodtruck gitu. Taunyaa...
    Maavqan kesotoyanquw hahaa

    ReplyDelete
  12. wow palu emang asik banget yak.Warganya kreatif bisa memanfaatkan semua potensi yang dimiliki untuk dijadikan objek wisata

    ReplyDelete
  13. Sate mobil mobi banget.. lucu. Aku terkagum-kagum dengan masjid apungnya juga. Palu ternyata keren

    ReplyDelete
  14. Wah keren.. ada yang mirip di kotea juga... Dan alhamdulilah.. ternyata masih banyak tempat bagus pasca tsunami...

    ReplyDelete
  15. Senangnya melihat tempat-tempat wisata tersebut masih tetap memukau setelah tsunami. Optimis Palu bangkit semakin cepat di berbagai sektor. Kapan-kapan pengen ke Palu juga.

    ReplyDelete
  16. Dengan terharu, saya membaca tulisan optimis Bang Taumy. Setidaknya masih ada 5 destinasi menarik di Palu dan sekitarnya yang recommended paska gempa dan tsunami. Semoga Palu terus bangkit bebenah membuka lembar baru ya Bang. Insyaallah saya berkunjung lagi ke Palu ...

    ReplyDelete
  17. Palu tetep cantik walau pernah diterjang tsunami. Semoga masyarakat dan pemerintah setempat bisa saling bahu membahu membenahi kota Palu

    ReplyDelete
  18. Keren bgt la tulisan kqkak yg satu ini.
    Palu ini salah satu destinasi wisata yg ingin kukunjungi kak

    ReplyDelete
  19. Mas, baca artikel ini jadi pengen ke Palu! Penuh sejarah nih... Kalo ke Palu, tour guide-in ya Mas hehe

    ReplyDelete
  20. Saya suka penutupnya, memberi semangat untuk kota Palu (dan penduduknya) untuk bangkit. Senang melihat semua tempat wisata mulai berbenah, semoga pariwisata Palu segera pulih dan geliat ekonomi masyarakat Palu bisa seperti dulu bahkan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  21. Kangen palu,, seminggu sebelum gempa sempat kesini.. Lalu setelah gempa seminggu balik lagi kesini

    ReplyDelete
  22. Wah menarik syekali yaa. Kantongin ah buat ke palu.

    ReplyDelete
  23. Sepupu saya juga kena dampaknya Mas. Jadi usaha warung makan mereka di sebuah pantai juga hancur. Semoga wisata Palu segera bangkit lagi, karena potensinya sangat bagus ya, Mas.

    ReplyDelete
  24. Saya belum pernah berkunjung ke Palu. Ternyata banyak ya tempat wisata yang menarik disana. Terlebih masjid apung nya.
    Mudah mudahan suatu hari saya bisa berkunjung kesana.

    ReplyDelete
  25. semoga cepet pulih kondisi dipalu karna objek2 wisata sangat indah

    ReplyDelete
  26. Wahh syukurlah Gong Perdamaian masih berdiri tegak. Saya belum ke sana soalnya hehe

    Demi melengkapi kunjungan ke tiga Gong Perdamaian yang ada di Indonesia hehehe

    Nice info, makasih Mas

    ReplyDelete
  27. Kapan ya bisa ke Palu...bagus2 banget itu tempatnya. Tertarik sama masjid apungnya. Trus itu di monumen kok ada flying fox segala..asik banget.

    ReplyDelete
  28. Sate Mobilnya lucuuu banget kak, gagal fokus jadinya.
    Kalau main ke Palu saya penasaran sekali sama Masjid Apung dan Pusat Laut Donggala.
    Terima kasih sharingnya ka

    ReplyDelete
  29. Wah.. seru juga ya destinasi wisata kota palu.. semoga musibah yang pernah terjadi tetap membuat warga palu semangat..
    Safe to mesjid apung nya,moga bisa menjadi tempat ibadah seperti sediakala,Aamiin..

    ReplyDelete
  30. Lihat mesjid apung kok nyesek ya?
    Kebayang semua yg terjadi di sana...

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah bencana tidak menghabiskan seluruh tempat wisata Palu. Masih bisa dikunjungi wisatawan, semoga ini semakin menambah perbaikan ekonomi masyarakat Palu pasca tsunami.

    ReplyDelete
  32. Yang paling keren itu nomor 5 dan dan bikin ngiler, nomor 4 unik banget si hehe.

    ReplyDelete
  33. Kok aku tertarik sama sate mobil ya, unik banget tempatnya

    ReplyDelete
  34. Liat pusat laut auto pengen ke palu..dari dulu penasaran sama pusat laut gara2 liat foto teman..
    Btw sate mobilnya lucu banget.. bersyukur palu bisa segera bangkit setelah bencana..

    ReplyDelete
  35. Keren warga Palu bisa langsung bangkit setelah musibah gempa. Semoga Palu semakin maju dan masyarakatnya banyak terbantu dari wisata unit tersebut. Keren ih, jadi pengen ke sana juga

    ReplyDelete
  36. Saya belum pernah ke Palu, semoga ada kesempatan berkunjung kesana dan mengunjungi 5 tempt wisata tersebut. Terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
  37. Huaah... pengen banget ke palu...semoga nanti ada kesempatan kesana juga... mupeng banget pen ke pusatlaut donggala..
    -fanti-

    ReplyDelete
  38. Wah ternyata Palu banyak tempat wisatanya ya. Aku baru tahu, makasih loh artikelnya membantu untuk berpikir, maen ke sana kapan ya. Belum pernah ke daerah sana maennya.

    ReplyDelete
  39. Mobil sate sm pusat laut donggala jadi objek yang bikin aku ngiler ke Palu.

    Cantik juga ya Palu tuhh..semoga segera diberi kesempatan ke sana

    ReplyDelete
  40. Awalnya saya pikir sate mobil itu semacam wisata kuliner juaalan sate di mobil.
    Ternyata salah besar. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  41. Jadi ada tujuan nih kalau nanti ke Palu, tempatnya yang paska tsunami jadi lebih indah

    ReplyDelete
  42. MasyaAllah, sepertinya tsunami kemarin ujian bagi Palu untuk naik kelas. alhamdulillah sekarang udah mulai membaik dan bisa dikunjungi untuk wisata.

    ReplyDelete
  43. Saya pikir sate mobil itu satenya dijual di dalam mobil, eh ternyata tumpukan mobil.

    Senang sekali kalo geliat pariwisata palu masih ada walau kemarin mengalami bencana.

    Semoga lekas pulih dan kembali berkembang.

    ReplyDelete
  44. Pusat laut?
    Unik bangets ya..
    Dan itu sate mobil, ada maksudnyakah dibuat. Mungkin sebagai pengingat di kawasan itu sering terjadi kecelakaan..
    Semoga destinasi wisata lainnya di Palu Donggala segera pulih lagi

    ReplyDelete
  45. Masjid apung dan laut donggala nya bagus amat kak, kapan ya saya bisa kesana

    ReplyDelete
  46. Meskipun sudah kena gempa masih tetap bagus ya tempat wisatanya ya.
    Pengen deh kesana mas. Ajakin aku ya...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.