MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Pentingnya Pemerataan Beasiswa

Pentingnya Pemerataan Beasiswa
Add Comments
27 April 2019
Bagi sebagian orang, mendapatkan beasiswa adalah hal yang luar biasa. Sesuai namanya, beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan untuk pendidikan. Entah itu dalam bentuk materi hingga dalam bentuk bantuan peralatan sekolah. Tetapi ternyata, beasiswa pendidikan yang ada terkadang distribusinya tidak merata bahkan banyak di pelosok negeri sana, anak-anak sekolah sama sekali tidak mendapatkan beasiswa. Jangankan beasiswa, bantuan buku mata pelajaran sekolah pun bisa dikatakan sangat minim. Inilah potret dari pemerataan beasiswa yang tidak terjadi dipelosok negeri.

Peran serta penyebaran informasi beasiswa beserta peralatan penunjang yang belum merata antara perkotaan dan desa juga turut andil dalam proses pemerataan beasiswa. Terkadang beberapa beasiswa memiliki tenggang waktu tertentu untuk memenuhi segala dokumen yang dipersyaratkan. 

Berada di perkotaan mungkin proses mengumpulkan persyaratan tersebut sangat gampang dan tidak sulit, tetapi sangat berbeda jika berada di pedesaan. Sebagai contoh, keberadaan mesin fotocopy untuk menduplikat dokumen yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan di perkotaan tetapi di pedesaan mungkin harus menuju kecamatan terlebih dahulu baru bisa menemukan mesin fotocopy. Padahal bisa jadi jarak ke kecamatan butuh waktu tempuh yang lama dan effort yang luar biasa besar.

Pentingnya pemerataan beasiswa
Pentingnya pemerataan beasiswa

Terlepas dari kendala itu semua,keberadaan beasiswa pastinya akan membantu kelancaran proses pendidikan sehingga mau tidak mau, proses penyebaran beasiswa secara merata ke seluruh pelosok negeri sangat penting. Ada beberapa alasan utama pentingnya penyebaran beasiswa, antara lain sebagai berikut:

Pemerataan beasiswa bisa menumbuhkan semangat belajar

Tidak bisa dipungkiri lagi, keberadaan beasiswa khususnya beasiswa pendidikan akan menumbuhkan semangat belajar para penerimanya. Hal ini dikarenakan adanya persyaratan nilai akademik bagi mereka yang ingin tetap mendapatkan beasiswa pada periode berikutnya. 

Persyaratan tersebut menjadi motivasi mengapa beasiswa penting untuk disama-ratakan pembagiannya dari ibukota negara hingga pelosok negeri demi menumbuhkan semangat belajar siswa. Ketika semangat belajar siswa meningkat maka angka putus sekolah pun bertahap akan berkurang.

Motivasi untuk tetap sekolah

Di beberapa pelosok negeri, pendidikan hanya sebatas tempat untuk belajar membaca dan menulis, sehingga ketika lulus sekolah dasar maka motivasi untuk lanjut sekolah sudah tidak ada lagi. Apalagi, jika didukung dengan kondisi ekonomi keluarga siswa yang tidak mampu, sehingga melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi sangat sulit. 


Baca juga: Belajar content blog


Disinilah letak pentingnya beasiswa. Jika beasiswa merata hingga pelosok negeri maka motivasi untuk tetap sekolah pasti akan muncul meskipun berasal dari keluarga ekonomi lemah. Dana bantuan yang diperoleh pastinya akan meringankan beban keluarga untuk proses pendaftaran hingga biaya hidup untuk melanjutkan sekolah.

Membantu mengurangi beban keluarga

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa “pada bulan Maret 2018, jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 25,95 juta orang dengan sebaran paling tinggi masih berada di daerah pedesaan”. 

Data tersebut menunjukkan bahwa seharusnya besaran beasiswa pendidikan lebih banyak diberikan kepada mereka yang berada di pedesaan. Sebagai dana bantuan, beasiswa pun secara langsung maupun tidak langsung akan turut membantu mengurangi beban keluarga untuk tidak lagi mengeluarkan biaya pendidikan buat anaknya.


Membantu investasi masa depan

Banyak yang tidak menyadari bahwa sekolah merupakan salah satu investasi masa depan. Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi memang membutuhkan proses dan waktu yang lama. Keberadaan beasiswa pendidikan akan sangat membantu sebagai bagian dari investasi masa depan tersebut. 

Sebagai investasi, hasilnya pun akan dinikmati kelak. Bisa jadi, setelah anak menyelesaikan pendidikan dengan beasiswa maka taraf hidup keluarga yang awalnya berada dibawah garis kemiskinan akan berubah ke arah yang lebih bermartabat.

Maka mulai dari sekarang, seharusnya pihak terkait sudah mulai membuat strategi pendidikan berbasis pemerataan beasiswa demi tercapainya pendidikan yang adil dan makmur, merata hingga seluruh nusantara. 

Nah, terkait pengadaan beasiswa dalam bentuk barang, pemerintah bisa menggunakan jasa layanan daring untuk membandingkan barang yang digunakan. Jasa layanan daring tersebut adalah iPrice. 

Penggunaan iPrice sangat sederhana, tinggal menentukan barang yang ingin dibeli pada kolom pencarian kemudian akan muncul item yang diinginkan diberbagai merchant atau marketplace. Tinggal memilih harga yang efektif, sehingga budget akan lebih mudah dikontrol dan disesuaikan berdasarkan jumlah yang ingin dibeli. Dengan begitu iPrice mendukung program pemerataan beasiswa ke pelosok negeri.


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Dan informasi mengenai beasiswa pun belum tersebar luas. Kasihan kalau adik-adik kita yang tinggal di pelosok, dari mana mereka bs medapat informasinya sedangkan utk akses internet aja masih belum terfasilitasi. Semoga ke depannya akses beasiswa semakin mudah ya,aamiin

    ReplyDelete
  2. Setuju! Beasiswa itu seperti harapan, ya, harapan untuk masa depan yang lebih baik lagi. Dengan beasiswa, seharusnya siswa harus lebih semangat lagi belajarnya

    ReplyDelete
  3. beasiswa membantu sekali untuk mereka yang berprestasi tapi tidak punya biaya untuk melanjutkan pendidikannya. semoga semakin banyak informasi peluang beasiswa di negara kita agar banyak tumbuh generasi yang berprestasi

    ReplyDelete
  4. Yes, saya termasuk pengguna beasiswa. semoga anak-anak negeri ini makin teredukasi

    ReplyDelete
  5. Beasiswa untuk semua. Yang di pelosok sering ga kebagian karena kurang info. Padahal bakat itu ada di seluruh Nusantara

    ReplyDelete
  6. semoga informasi mengenai beasiswa semakin tersebar merata, dulu saya juga anak beasiswa^_^

    ReplyDelete
  7. Nah ini yang diharapkan ya kalau beasiswa merata jadi pelosok juga dapet ga hanya dikota besar aja.

    ReplyDelete
  8. Padahal beasiswa penting bngt buat yang di pelosok ya. Semoga informasi tentang beasiswa tersebar ke seluruh anak negeri.

    ReplyDelete
  9. Beasiswa biasanya terkait dengan online, yg pelosok gimana apakah udh masuk jaringan internet?

    ReplyDelete
  10. Terkait beasiswa memang penting ya,, apalagi ubtuk saudara kita di pedalaman nih, biar pendidikan jg bs merata nih

    ReplyDelete
  11. Semoga artikel ini membantu ya agar beasiswa tiap negeri merata

    ReplyDelete
  12. Kalau saya, memang lebih baik kalau beasiswa itu dialokasikan ke daerah terbatas. Karena kalau di kota kan, akses serba ada dan dekat. Di daerah bahkan banyak sekolah tak layak.
    Semoga semakin banyak anak-anak yang mendapat beasiswa.

    ReplyDelete
  13. Setuju, akses beadiswa harus metata. Tiap anak berhak dot oeluang Pendidikan YG ok

    ReplyDelete
  14. Setuju banget bahwa beasiswa harus merata di seluruh Indonesia. Jangan membedakan daerah dan kota. Jika pendidikan merata, tidak ada bagian Indonesia yang tertinggal

    ReplyDelete
  15. Pendidikan memang harusnya jadi hak semua anak bangsa. Kalau sampai ada pemerataan beasiswa ya bagus banget. Banyak anak yang tinggal di daerah itu cerdas, tetapi kesempatannya yang kurang

    ReplyDelete
  16. Sinergi beberapa pihak demi beasiswa yang merata diharapkan bisa untuk dirasakan manfaatnya program pendidikan itu sendiri

    ReplyDelete
  17. Saya rasakan sendiri dulu, bagaimana beasiswa itu dapat menciptakan dukungan untuk dapat menyelesaikan sekolah. Pemerataan beasiswa itu penting, termasuk pengawalan dan pengawasannya agar sampai dan tepat sasaran

    ReplyDelete
  18. Setuju. Semoga beasiswa yang diberikan dapat merata terutama ke daerah pelosok pedalaman yang kurang diperhatikan.

    ReplyDelete
  19. informasi beasiswa sekarang lebih mudah diakses yaaa, semoga beasiswanya selalu tepat sasaran ya kaak

    ReplyDelete
  20. Dengan adanya pendidikan berbasis pemerataan beasiswa tentu akan tercapai pendidikan yang adil dan makmur, merata hingga seluruh nusantara. Dan pastinya ini membantu menyukseskan prgram mencerdaskan bangsa.

    ReplyDelete