Terbang Hemat Bersama Maskapai Berbiaya Hemat AirAsia

December 10, 2018


AirAsia sudah sejak lama menjadi raja penerbangan berbiaya hemat untuk Kawasan Asia. Maskapai yang didirikan oleh Tony Fernandes ini juga menjangkau rute penerbangan di Indonesia, baik domestik maupun luar negeri. Sebagai penerbangan berbiaya hemat, ternyata ada banyak cara yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati penerbangan bersama maskapai ini. Berikut akan diulas cara terbang hemat bersama maskapai AirAsia.



Promo Free Seat


Jauh sebelum Airport Tax termasuk dalam biaya tiket yang perlu dikeluarkan ketika melakukan pemesanan tiket pesawat, AirAsia sudah mengeluarkan promo Free Seat yang artinya kursi gratis. Kebayangkan murahnya beli tiket, seharga “Nol” rupiah dan kala itu Airport Tax dibayarkan di bandara ketika check in.



Perubahan aturan penerbangan di bulan Maret tahun 2015 menyebabkan setiap penumpang yang membeli tiket harus membayar Airport Tax diawal karena komponen Airport Tax sudah termasuk dalam harga tiket yang harus dikeluarkan langsung tanpa perlu lagi dibayarkan di bandara ketika check in. Menanggapi hal ini, AirAsia pun bertransformasi dengan kebijakan yang ada. Promo Free Seat pun setelah bulan maret 2015 mulai mengakomodir kebijakan dengan menyertakan Airport Tax ketika melakukan pembelian tiket. Promo Free Seat berubah menjadi promo dengan membayar Airport Tax saja ketika melakukan pemesanan tiket selama promo. Meskipun hal ini diberlakukan, lagi-lagi AirAsia tetap menunjukkan tajinya sebagai maskapai berbiaya hemat di Asia. Bayangkan saja untuk terbang dari Jakarta-Kuala Lumpur pergi pulang, cukup mengeluarkan uang sebesar 250-300 ribu rupiah. Maka dengan adanya promo Free Seat ini, impian ke Luar negeri khususnya negara di Asia bukanlah hal yang sulit untuk digapai selama masih ada AirAsia.

 
Hemat Terbang Bersama AirAsia
Pesawat AirAsia

Meskipun tiket yang dijual murah tetapi perlu diingat, biasanya waktu terbang paling cepat 6 bulan ke depan setelah waktu pembelian tiket. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal merah kalender 6 bulan berikutnya atau kalender tahun berikutnya agar bisa memaksimalkan waktu liburan menggunakan maskapa ini bagi mereka yang fakir cuti. Disamping itu pula, harga sehemat ini hanya diberikan jatah 7 kg bagasi kabin sehingga bagi yang sering membawa koper besar layaknya pindah rumah, sebaiknya membeli bagasi terpisah setelah masa promo karena harganya juga sama yang penting sudah booking tiket terlebih dahulu.



Loyalty Keanggotaan BIG Point


Menjadi maskapai berbiaya hemat terbaik di Asia, AirAsia juga sangat memperhatikan kepentingan penumpang setianya melalui program Loyalti Keanggotaan BIG Point. Program ini memberikan reward kepada para anggota setia AirAsia setiap kali terbang. BIG Point ini kemudian bisa digunakan untuk ditukarkan menjadi tiket terbang gratis berikutnya dan perlu diketahui Airport Tax tidak termasuk dalam cakupan BIG Point sehigga tetap perlu untuk dibayarkan. Proses untuk mendaftarakan keanggotaan BIG Point AirAsia pun sangat gampang, cukup masuk ke website AirAsia dan ikuti langkah-langkahnya. Ada 2 minimal keuntungan yang diperoleh, jika sudah terdaftar menjadi keanggotaan BIG Point:

1.       Akses 1 hari lebih awal ketika masa promo Free Seat


AirAsia memang sangat menghargai anggotanya dengan memberikan akses terlebih dahulu, satu hari lebih awal ketika masa promo Free Seat berlangsung. Mengapa hal ini sangat menguntungkan? Karena mendapatkan akses lebih awal terutama 24 jam sebelumnya, itu artinya diberikan kesempatan yang lebih luas untuk mendapatkan tiket hemat sesuai dengan tanggal yang diinginkan. Sering terjadi, harga hemat yang diperoleh tetapi tanggalnya tidak sesuai. Menurut pepatah, “Siapa Cepat Dia Dapat”. Nah, loyalty  keanggotaan big Point ini sangat memperhatikan hal tersebut, sehingga sangat diuntungkan untuk merencanakan liburan dengan harga hemat dan waktu yang sesuai dengan harapan.



2.       Program Final Call


Melalui program Final Call, para anggota BIG Point sangat dimanjakan dari segi poin yang ditukarkan untuk satu rute penerbangan. Contohnya, jika fixed point untuk rute Jakarta-Bali sebesar 10.000 poin maka pada program Final Call, cukup mengeluarkan 500 poin BIG saja. Program ini selalu muncul diminggu pertama setiap bulan berjalan dengan waktu penerbangan bulan pemesanan hingga bulan depan.


Mesin Self Check in


Nah, untuk mendapatkan point BIG sebanyak-banyaknya ada beberapa cara seperti melakukan penerbangan bersama AirAsia, menulis ulasan di TripAdvisor, mengisi survey di YouGov atau cukup dengan mengkonversi poin kartu debit/kredit yang dimiliki untuk Bank tertentu dengan BIG Point. Pastinya, mulai sekarang jika ingin terbang dengan biaya hemat tidak ada salahnya untuk mulai meng ”subscribe” laman AirAsia dan mendaftarkan diri menjadi anggota BIG point agar mendaptkan informasi teraktual. Sekarang tidak ada lagi alasan mahal untuk menjelajah luar negeri, karena AirAsia bisa mewujudkannya sesuai dengan slogannya “Now Everyone Can Fly”.


22 comments:

  1. Sudah pernah mendapatkan gurihnya promo Air Asia Tinggal nunggu berangkatnya saja ini blan depan hehe..

    Sampai jumpa Di Kuala Lumpu~

    ReplyDelete
  2. "Perubahan aturan penerbangan di bulan Maret tahun 2015 menyebabkan setiap penumpang yang membeli tiket, maka komponen Airport Tax sudah termasuk dalam harga tiket yang harus dikeluarkan langsung tanpa perlu lagi dibayarkan di bandara ketika check in."

    Perubahan aturan penerbangan di bulan Maret tahun 2015 menyebabkan setiap penumpang yang membeli tiket ... Perubahannya menyebabkan penumpang yang membeli tiket menhadi harus melakukan apa, Kak?

    ReplyDelete
  3. Oh ternyata begitu caranya supaya mendapat BIG Point oke mau nyoba ah,makasih tipsnya.

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata untuk dapat BIG Point ada banyak cara ya. Terima kasih Mas Taumy sudah berbagi tipsnya!

    ReplyDelete
  5. Duuh saya kebiasaan, besok berangkat trip sore sebelumnya baru hunting tiket.
    Mungkin next time, mo ikutan juga tips dari Bang Taumy, sepertinya asik juga.

    ReplyDelete
  6. Pengalamannya bang Taumy tentang trip irit menggunakan maskapai penerbangan cukup mumpuni. Saya malah gak begitu tahu ada program-program seperti itu.

    ReplyDelete
  7. ga pernah mearasakan indahnya dapet promo huhuhu.. ternyata menarik yaa bisa terbang dengan biaya hemat tadi

    ReplyDelete
  8. Saya tipe yang ga pernah dapet tiket promo , kalo belinya dari jauh-jauh hari kadang malah dapet harga yang kurang oke. Makanya sekarang kalo beli tiket seminggu sebelum keberangkatan 😂😂😂

    ReplyDelete
  9. Kalau saya, paling cepat planning trip itu 2 bulan sebelumnya. Kalau 6 bulan, rasanya gambling. Belum tahu nanti gimana. Tapi kayaknya sih perlu dicoba. Hehehe...

    ReplyDelete
  10. Aku punya BIG card, tapi bener-bener pasif ga pernah digunain...masih menclok sana sini maskapainya euy

    ReplyDelete
  11. Pertama kali ngebolang itu naik Air Asia ke Bali, PP cuma 300 ribu tahun 2010. Selanjutnya ketagihan ke SG, Malay PP ga sampai 500 ribu. Sekarang Air Asia banyak kompetitornya, meniru kebijakan dan gaya promo Air Asia

    ReplyDelete
  12. Keren sih emang yang pinter dapet tiket-tiket promo. Makasih sharing-nya ya Mas!

    ReplyDelete
  13. keren ya program air asia, ini adalah cara utk menjaga customer loyalty dgn diberikannya customer loyalty program spt big points.
    thanks for sharing ya

    ReplyDelete
  14. Mantab banget ini tipsnya.. mesti dicoba

    ReplyDelete
  15. wah jadi ingat zaman ngantri bayar airport tax setelah check in.. Biasanya gak ditanggung kantor. Sekarang malah lbh enak

    ReplyDelete
  16. Keren si ini promonya, tapi apalah saya yang jarang banget naik pesawat sekalinya naik pesawat itupun gratisan dari kantor hahahahaha.

    ReplyDelete
  17. Belum pernah naik Air Asia sayaa...Pengin coba ah tipsnya, gila banget promonya bisa hemat berapa tuh kalau saya pergi sekeluarga.
    Makasih sharingnya ya :)

    ReplyDelete
  18. Air asia memang andalan banget buat orang-orang seperti saya. Tapi klo seorang temen bilang, di negara tertentu, klo turun dari Air Asia itu dianggap TKI/TKW.

    ReplyDelete
  19. Air asia emang the best deh. Udah pernah ngerasaain promonya hehe

    ReplyDelete
  20. Wah kok menggiurkan ya. Thanks infonya. ��

    ReplyDelete
  21. Udah 2 kali nyobain airasia pas ke korea sama ke jepang.. masih penasaran pengen ke penang. Kemaren nemu cuma 300 ribu tapi tinggal 1 kursi.. padahal butuh 2 karena bareng temen.. makasih bang taumy info dan tipsnya

    ReplyDelete
  22. Airasia memang banyak mengelluarkan promo promo unggulan yang bisa di bilang mantab banget deh ehehhe. Makasih banyak ats informasi nya ya Airasia memang selalu di hati deh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.