Memilih BT Batik Trusmi sebagai Tempat Membeli Oleh-Oleh Khas Cirebon


“Hai bro, gue lagi penempatan di Cirebon nih. Ada waktu ga, minggu ini untuk maen ke Cirebon, sekalian kita eksplor kota ini?” tiba-tiba sebuah pesan dari teman lama ku muncul di layar smartphone ku.

Tanpa perlu berpikir panjang, aku pun meng”iya”kan tawaran itu. Mumpung jadwal akhir minggu ini masih kosong. Dengan bermodalkan browsing di internet, akhirnya aku putuskan untuk menggunakan kereta api dari Jakarta menuju Cirebon, langsung reservasi untuk pergi dan pulang karena khawatir akan kehabisan tiket pulang.



Empal Gentong H. Apud

Sebagai kota transit, Cirebon sebenarnya menyimpan banyak destinasi wisata, mulai dari wisata cagar alam, budaya, religi hingga kuliner. Dari Jakarta pun hanya butuh waktu tempuh sekitar 4 jam menuju Cirebon yang membuat kota ini cukup mudah untuk dijangkau dengan berbagai moda transportasi.



Hari pertama di Cirebon, kami memutuskan untuk menikmati empal gentong yang menjadi kuliner khas kota ini. Kawan ku pun merekomendasikan untuk mencoba salah satu kuliner berbahan daging ini di Warung H Apud. Meskipun banyak pelanggan yang datang, tetap saja pelayanan diperoleh sangat prima. Tidak butuh waktu lama, seporsi empal gentong dan nasi hangat tersaji di atas meja. Belum lagi mencoba, aromanya benar-benar mengundang selera. Sepotong daging dengan kuah bersantannya kini sudah benar-benar aku rasakan, “empuk dan gurih”. Begitulah kesan pertama ku pada suapan pertama. Makanan lezat ini pun akan sempurna jika ditutup dengan Es Sup Durian yang ditawarkan di pintu masuk warung H Apud.

Empal Gentong


Puas menikmati Empal Gentong, tidak lengkap rasanya jika tidak berburu batik di Kota ini sebagai oleh-oleh kota Cirebon. Apalagi buatku yang saat ini mulai menjadi kolektor batik pemula dari berbagai daerah dan di kota ini aku pun sudah cukup mengenal merek Batik yang akan ku jadikan oleh-oleh nantinya, apalagi kalau bukan “Batik Trusmi”.

Mengunjungi Batik Trusmi yang berada di Jalan Syekh Datul Kahfi Desa Weru Lor No. 148 Kabupaten Cirebon kita akan langsung terpesona dengan besar dan megahnya showroom penjualan batik ini. Hal ini bukan tanpa sebab, karena showroom BT Batik Trusmi pernah berhasil meraih rekor MURI sebagai toko batik terbesar di Indonesia. Sangat menakjubkan. Belum lagi koleksinya yang luar biasa lengkap. Hal ini lah yang membuat showroom BT Batik Trusmi menjadi pusat oleh-oleh paling lengkap di Cirebon, bukan hanya batik tetapi juga makanan khas Cirebon. Semuanya ditata dengan rapi dan epic, agar setiap pengunjung benar-benar betah.

Showroom BT Batik Trusmi

Di Showroom ini pula, nuansa nyaman dalam memilih oleh-oleh Cirebon sangat terjaga. Mulai dari tempat yang nyaman, pelayanan prima hingga kualitas barang yang ditawarkan dengan kualitas luar biasa bagus dan menyasar semua segmentasi umur. Maka tidak heran, setiap orang yang berkunjung ke Cirebon menjadikan BT Batik Trusmi menjadi salah satu tempat wajib dikunjungi. Begitupun juga dengan ku. Setelah memilih beberapa motif, akhirnya 2 lembar batik lengan panjang menjadi pilihanku, warna hitam keemasan dan biru dongker sebagai warna favoritku.

Kondisi Showroom BT Batik Trusmi yang nyaman


Puas memilih Batik, perjalanan berikutnya adalah mengunjungi pusat pembuatan Batik Trusmi. Di kawasan ini bisa dilihat proses produksi Batik mulai dari pembuatan dan pemilihan bahan hingga proses produksi yang akan menghasilkan baju batik. Hal inilah menjadi salah satu poin penting, mengapa Cirebon bisa menjadi destinasi pilihan untuk liburan akhir pekan. Jadi, jika berkunjung ke kota Cirebon, jangan lupa untuk mampir ke BT Batik Trusmi sebagai pusat oleh-oleh khas Cirebon.

1 comment:

  1. Batik Trusmi memang negtop bgt deh. Kalo ke Cirebon tinggal keluar Toll dikit aja udah sampe.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.