Begini Konsep Meriahnya Pembukaan Asian Games 2018

August 19, 2018


Sebagai olahraga terbesar di benua Asia, Asian Games menjadi cara tuan rumah memperkenalkan keanekaragaman negerinya disamping menjamu tamu negara. Penyediaan fasilitas penunjang, kompleks olahraga dan layanan informasi yang mumpuni menjadi poin penting dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik. Acara yang akan dikenang untuk pertama kali sekaligus membuka mata dunia kepada Indonesia adalah opening ceremony atau upacara pembukaan Asian Games 2018.

Jauh hari, sebelum pembukaan Asian Games 2018 ini dilaksanakan, sudah beredar kabar terkait konsep panggung yang digadang-gadang sebagai panggung terbesar sepanjang sejarah acara pembukaan pesta olahraga sejenis. Tim kreator, musisi dan semua yang terlibat benar-benar mempersiapkannya dengan baik, meskipun waktu yang dimiliki tidak lah banyak.
 
Daftar musisi yang akan mengisi Opening Ceremony di stadion utama Gelora Bung Karno
Upacara pembukaan Asian Games dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Berbagai informasi pun sudah diatur mulai dari proses penukaran e-ticket menjadi tiket masuk, jam pembukaan gate dan pengaturan lalu-lintas.

Kemegahan ukuran panggung utama pembukaan Asian Games 2018

Memasuki Kawasan GBK, pertama kali akan menjumpai ASIAN Fest. Disini bisa menikmati berbagai tenan sponsor, kuliner dan hiburan sebelum menikmati upacara pembukaan. Proses antri memasuki Kawasan GBK di semua zona dan pintu masuk stadion mulai dibuka sejak pukul 15.00 WIB dan ketika berhasil duduk di kursi sesuai dengan nomor yang tertera pada tiket maka pandangan akan teralihkan kepada sebuah panggung raksasa menyerupai gunung terpampang jelas di depan mata. Panggung setinggi 26 meter, panjang 135 meter dan lebar 30 meter ini sempurna mengundang decak kagum para penonton yang mulai memadatai dan mengisi kursi di GBK sesuai nomor yang tertera ditiket masuk. Belum lagi, ditengah-tengah gunung buatan ini ada air terjun yang mampu mengalirkan beban air 60 ton. Sebuah mahakarya luar biasa, sebagai panggung atraksi.


Kekayaan flora Indonesia menjadi penyempurna desain panggung berwarna hijau ini yang akan menampilkan 5 konsep sajian utama sepanjang acara pembukaan.

Desain Konsep panggung utama

Konsep Air

Konsep air diangkat untuk menunjukkan kekayaan alam Indonesia sebagai negara maritime yang terdiri dari ribuan pulau dan tersebar di seluruh nusantara. Pada konsep ini pula, menceritakan bagaimana sejarah Majapahit yang menunjukkan kebesaran Indonesia sebagai negara bahari. Karakter laut yang berombak dengan berbagai binatang laut lengkap dengan perahu pinisi menjadi sajian epik pembukaan pada konsep ini. Tak kurang dari 400 penari terlibat untuk membuat sajian berkonsep air.

Konsep Bumi

Merepresentatifkan kekayaan alam Indonesia, konsep bumi benar-benar menjadi konsep yang menunjukkan jati diri Indonesia. Konsep ini di isi dengan budaya, warna, eksperesi dan perspektif keindahan Indonesia melalui tarian dan dedikasi anak bangsa kepada bumi pertiwi. Ada 19 tarian nusantara yang dimunculkan pada konsep ini dengan melibatkan 467 penari.

Konsep Angin

Konsep yang merefleksikan kebebasan bangsa Indonesia untuk tetap bangga dan kuat sebagai warga negara yang kemudian tumbuh dan menyebarkan rasa nasionalis  dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Konsep Api

Konsep api menunjukkan semangat bersaing bangsa Indonesia yang tertanam didalam hati dan pikirin akan kecintaan terhadap Ibu pertiwi. Konsep ini merefleksikan gelora juang para atlet yang tidak pernah padam untuk mencapai puncak kejayaan di Asian Games ke-18. Konsep Api didominasi dengan tarian kecak asal Bali dan didukung kurang lebih 475 penari menggunakan api dan pakaian khusus bertemakan api.

Konsep Energi Asia

Dengan harapan dan kekuatan yang dimiliki, konsep ini menjadi motivasi yang terus dibangun oleh bangsa Indonesia sebagai pemimpin energi Asia untuk masa depan yang lebih baik melalui transformasi dan energi positif. Penyajian bangunan bertingkat dengan efek LED luar biasa bisa dinikmati pada konsep ini. Kekuatan dan keberagaman generasi muda sebagai spirit bagi energi Asia menjadi konsep penutup yang dibawakan oleh 467 penari pada upacara pembukaan Asian Games 2018.

Konsep Energi Asia


No comments:

Powered by Blogger.