MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Belajar Content Blog dari Teh Ani Berta

Belajar Content Blog dari Teh Ani Berta
Add Comments
15 February 2017


Bergabung dikomunitas, ternyata banyak informasi yang bisa diperoleh salah satunya adalah belajar content blog. Akhirnya, sebagai pemula yang benar-benar awam di dunia blogger, aku memutuskan untuk kembali belajar dengan mendaftarkan diri. Meskipun sudah memiliki blog 2 tahun lalu yang sudah mati suri.

Sudah seminggu lamanya, setelah registrasi belajar content blog aku daftar. Awalnya, aku berpikir bahwa dengan mengikuti workshop content blog, maka semangat menulis blog akan muncul. Apalagi kali ini, pematerinya adalah Teh Ani Berta. Founder dari ISB. Hingga hari H tiba dan hujan menyelimuti Jakarta.

Perjuangan Menuju Tempat Workshop

Awan kelabu belum meninggalkan Jakarta seutuhnya, saat diriku menuju Halte Busway Sarinah sebagai halte transit belajar content blog . Rintik-rintik hujan pun, masih turun membasahi trotoar yang kulewati. 

Tepat dipersimpangan Sarinah sambil menunggu lampu merah berganti hijau, aku coba mengamati situasi Halte Busway. Tidak banyak warga yang kelihatan, mungkin karena hari ini “Car Free Day” ditiadakan, maka sontak aktivitas warga disepanjang jalan ini tidak tampak. Belum lagi ditambah hujan yang dari dini hari turun dengan derasnya

Satu dua menit kemudian, setelah menyebrangi jalan dan melintasi jembatan penyeberangan, aku pun mengeluarkan kartu “Flash”. Sempat aku cek saldonya, sebelum akhirnya aku tapping pada pintu masuk, tanda silang merah pun berubah menjadi tanda panah hijau pada display LED di pintu masuk.




Hari ini (Sabtu, 11 Februari 2017), sudah ku niatkan seminggu sebelumnya untuk mengikuti “Kopdar Klub Buku dan Blogger” BPJ. Ada Teh Ani Berta yang akan menjadi narasumbernya. Beliau adalah blogger sekaligus Copywriter dengan tema yang sangat menarik, “Produksi Konten untuk Blog dan Sosial Media”. 

Bukan Cuma karena masalah tema yang menarik, tetapi jauh lebih besar dari itu, aku berharap dengan menghadiri acara ini, maka aku bisa mengaktifkan kembali kebiasaan menulis di blog yang sudah 2 tahun mati suri. Meghadiri acara ini, itu artinya membuka diri kembali untuk belajar content blog.

Selang beberapa menit di halte busway, bis Transjakarta dengan arah ke Blok M pun datang, tak berapa lama, hanya membiarkan orang yang turun terlebih dahulu, maka posisi pun berpindah, dari halte masuk kedalam bis. Kali ini situasi didalam bis cukup lenggang, karena masih ada sekitar 5-6 kursi kosong dijejeran paling belakang.

Aku pun memilih untuk duduk disalah satunya, searah dengan arah bis, dan kini bis pun melaju dikoridornya, dari satu halte ke halte berikutnya, hingga aku putuskan untuk turun di halte Masjid Agung.

Dari sini, aplikasi transportasi online aku buka, menuliskan “Perpustakaan Umum Daerah Jakarta”, sebagai tempat tujuan dan hasilnya tertulis tempat ini berada di sekitaran Kuningan yang seharusnya berada di Gandarai Tengah V. Aku berpikir sejenak, sambil melihat diskusi yang ada pada group khusus komunikasi yang dibuat untuk acara ini, dan disarankan untuk menggunakan alamat “Kantor Lurah Kramat Pela”, karena memang Perpustakaan ini berada tepat disamping kantor kelurahan Kramat Pela. 

"Mungkin suatu hari nanti, alamat Perpustakaan Umum Daerah Jakarta wajib ada dalam peta layanan transportasi online", gumam ku dalam hati.


belajar content blog
Perpustakaan umum daerah Jakarta


Perpustakaan Umum Daerah Jakarta

Setibanya di perpustakan daerah yang merupakan gedung berlantai 2 berwarna keabuan. Warna ini muncul akibat dari corak keramik dinding yang menyelimuti gedung. Aku bergegas masuk menuju meja registrasi yang berada disebelah kanan dari pintu masuk. Menuliskan nama sembari menanyakan persyaratan pembuatan kartu anggota perpustakaan. 

Pegawainya pun menjelaskan, cukup dengan fotocopy KTP daerah Jakarta dan pas foto, maka bisa langsung menjadi anggota perpustakaan. Ternyata sangat mudah.




Dilantai 1 perpustakaan umum daerah Jakarta, terdapat ruangan koleksi buku bacaan anak dengan desain tempat duduk, warna dinding dan rak buku bertemakan dunia anak, penuh  warna-warni. Tepat disamping ruang buku anak, terdapat ruangan cukup luas. Kapasitanya mampu menampung 50-70 orang sekaligus. Ruangan ini sering digunakan untuk acara resmi perpustakaan maupun komunitas, seperti yang berlangsung saat ini.

Suasana belajar content blog
Teh Ani lagi menjelaskan tentang Hard News dan Feature Stories

Belajar Content Blog dengan Teh Ani Berta

Disini semua peserta, berkumpul mendengarkan materi yang dibawakan oleh Teh Ani. Mulai dari belajar content blog yang terbagi dalam 2 kategori yaitu hard news dan feature stories, hingga pembuatan content plan pada media sosial. 

Acara pun berjalan interaktif, tak pelak, setiap satu sampai dua penjelasan, peserta langsung bertanya. Semua pertanyaan peserta seputar blog dan media sosial, berdasarkan permasalahan pribadi masing-masing.


peserta belajar content blog
Peserta antusias menyimak dan bertanya kepada Teh Ani


Pertanyaan tentang bagaimana mencari inspirasi tulisan dan menuliskannya dalam blog, merupakan pertanyaan yang cukup lama dibahas dan dipaparkan oleh Teh Ani. Beliau pun dengan senang, berbagi pengalaman pribadinya, dalam menjawab semua pertanyaan dari peserta, hingga beliau berpesan,

“Ketika inspirasi itu sulit untuk dituliskan dalam blog, maka tinggalkan blog tersebut untuk sementara waktu, lakukan hal lain yang bisa membuat kita nyaman dan rileks. Hingga nuansa hati datang kembali untuk menulis, melanjutkan inspirasi yang tertunda tersebut”.

Foto peserta belajar content blog
Foto bersama peserta Kopdar Kubbu

Semoga dengan hari ini, semangat untuk menulis blog kembali aktif dan tidak membiarkan blog ini kembali mati suri. Akhir acara ditutup dengan pengumuman pemenang di media sosial terkait dan dilanjutkan foto bersama. 

Acara ini memberikan inspirasi dan semangat baru buatku bahwa belajar content blog sebenarnya adalah hal mudah. Karena setiap contentnya berdasarkan pengalaman pribadi. Itu lah mengapa blog juga terkadang menjadi catatan harian online pemiliknya yang bisa dibaca oleh orang lain.
Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Kayaknya harus sering sering ikut workshop sama ngumpul sama anak anak blog kali ya biar semangat nulisnya jadi tercharge terus...

    ReplyDelete
  2. Iya ka, terima kasih masukannya. Makanya kemarin, cukup beruntung bisa ikut Kopdar. Insha Allah, semoga bisa konsisten kedepannya.

    ReplyDelete
  3. Semakin kitac sering ngumpul dengan sesama blogger/sesama penulis, semakin banyak ilmu yang kita miliki, pengetahuan yang berhasil diserap, pengalaman yg akan menjadi guru terbaik, dan teman tempat berbagi rasa dan ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali kak. Makanya ingin sering-sering ngumpul.

      Delete
  4. Kayaknya dulu saya juga dapat undangan. Hanya tak bisa hadir.

    ReplyDelete