Belajar Content Blog dari Teh Ani Berta



Awan kelabu belum meninggalkan Jakarta seutuhnya, saat diriku menuju Halte Busway Sarinah . Rintik-rintik hujan pun, masih turun membasahi trotoar yang kulewati. Tepat dipersimpangan Sarinah sambil menunggu lampu merah berganti hijau, aku coba mengamati situasi Halte Busway. Tidak banyak warga yang kelihatan, mungkin karena hari ini “Car Free Day” ditiadakan, maka sontak aktivitas warga disepanjang jalan ini tidak tampak. Belum lagi ditambah hujan yang dari dini hari turun dengan derasnya

Satu dua menit kemudian, setelah menyebrangi jalan dan melintasi jembatan penyebrangan, aku pun mengeluarkan kartu “Flash”. Sempat aku cek saldonya, sebelum akhirnya aku tapping pada pintu masuk, tanda silang merah pun berubah menjadi tanda panah hijau pada display LED di pintu masuk.

Hari ini (Sabtu, 11 Februari 2017), sudah ku niatkan seminggu sebelumnya untuk mengikuti “Kopdar Klub Buku dan Blogger” BPJ. Ada Teh Ani Berta yang akan menjadi Narasumbernya. Beliau adalah blogger sekaligus Copywriter dengan tema yang sangat menarik, “Produksi Konten untuk Blog dan Sosial Media”. Bukan Cuma karena masalah tema yang menarik, tetapi jauh lebih besar dari itu, aku berharap dengan menghadiri acara ini, maka aku bisa mengaktifkan kembali kebiasaan menulis di blog yang sudah 2 tahun mati suri.

Selang beberapa menit di halte busway, bis Transjakarta dengan arah ke Blok M pun datang, tak berapa lama, hanya membiarkan orang yang turun terlebih dahulu, maka posisi pun berpindah, dari halte masuk kedalam bis. Kali ini bis nya cukup lenggang, karena masih ada sekitar 5-6 kursi kosong dijejeran paling belakang. Aku pun memilih untuk duduk disalah satunya, searah dengan arah bis, dan kini bis pun melaju dikoridornya, dari satu halte ke halte berikutnya, hingga aku putuskan untuk turun di halte Masjid Agung.

Dari sini, aplikasi transportasi online pun aku buka, menuliskan “Perpustakaan Umum Daerah Jakarta”, sebagai tempat tujuan dan hasilnya tertulis tempat ini berada di sekitaran Kuningan yang seharusnya berada di Gandarai Tengah V. Aku berpikir sejenak, sambil melihat diskusi yang ada pada group khusus komunikasi yang dibuat untuk acara ini, dan disarankan untuk menggunakan alamat “Kantor Lurah Kramat Pela”, karena memang Perpustakaan ini berada tepat disamping kantor kelurahan. 

"Mungkin suatu hari nanti, alamat Perpustakaan Umum Daerah Jakarta wajib ada dalam peta layanan transportasi online", gumam ku dalam hati.

Perpustakaan umum daerah Jakarta
Setibanya diperpustakan daerah yang merupakan gedung berlantai 2 berwarna keabuan, dari corak keramik dinding yang menyelimuti gedung, aku bergegas masuk menuju meja registrasi yang berada disebelah kanan dari pintu masuk. Menuliskan nama sembari menanyakan persyaratan pembuatan kartu anggota perpustakaan. Pegawainya pun menjelaskan, cukup dengan fotocopy KTP daerah Jakarta dan pas foto, maka bisa langsung menjadi anggota perpustakaan.


 Dilantai 1, terdapat ruangan koleksi buku bacaan anak dengan desain tempat duduk, warna dinding dan rak buku bertemakan dunia anak. Tepat disamping ruang buku anak, terdapat ruangan yang mampu memuat 50-70 orang sekaligus untuk suatu acara, dan ditempat inilah, acara kopdar berlangsung.
Teh Ani lagi menjelaskan tentang Hard News dan Feature Stories

Disini semua peserta, berkumpul mendengarkan materi yang dibawakan oleh Teh Ani. Mulai dari blog content yang terbagi dalam 2 kategori yaitu hard news dan feature stories, hingga pembuatan content plan pada media sosial. Acara pun berjalan interaktif, tak pelak, setiap satu sampai dua penjelasan, peserta pun banyak yang bertanya. Semua pertanyaan peserta seputar blog dan media sosial, berdasarkan permasalahan pribadi masing-masing.
Peserta antusias menyimak dan bertanya kepada Teh Ani


Pertanyaan tentang mencari inspirasi dan menuliskan nya dalam blog, merupakan pertanyaan yang cukup lama dibahas dan dipaparkan oleh Teh Ani. Beliapun dengan senang, berbagi pengalaman pribadinya, dalam menjawab semua pertanyaan dari peserta, hingga beliaupun berpesan,

“Ketika inspirasi itu sulit untuk dituliskan dalam blog, maka tinggalkan sementara, lakukan hal lain yang bisa membuat kita nyaman dan rileks. Hingga nuansa hati datang kembali untuk menulis, melanjutkan inspirasi yang tertunda tersebut”.

Foto bersama peserta Kopdar Kubbu
Semoga dengan hari ini, semangat untuk menulis blog kembali aktif dan tidak membiarkan blog ini kembali mati suri. Akhir acara pun ditutup dengan pengumuman pemenang di media sosial terkait acara dan dilanjutkan foto bersama. 

2 comments:

  1. Kayaknya harus sering sering ikut workshop sama ngumpul sama anak anak blog kali ya biar semangat nulisnya jadi tercharge terus...

    ReplyDelete
  2. Iya ka, terima kasih masukannya. Makanya kemarin, cukup beruntung bisa ikut Kopdar. Insha Allah, semoga bisa konsisten kedepannya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.